Review Dynabook Satellite Pro L40-G: Pilihan Laptop Profesional Muda

Review Dynabook Satellite Pro L40-G: Pilihan Laptop Profesional Muda

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Selasa, 08 Des 2020 13:04 WIB
Laptop Dynabook Satellite Pro L40-G
Dynabook Satellite Pro L40-G (Foto: Fitraya Ramadhanny/detikINET)
Jakarta -

Kaum profesional muda tentu butuh laptop yang pas untuk kerja dengan wujud keren untuk tampil di hadapan klien. Dynabook Satellite Pro L40-G menjawab kebutuhan itu.

Dynabook bukan nama asing untuk penggemar laptop buatan Jepang. Sejak diambil Sharp dari Toshiba, Dynabook terus meluncurkan banyak lini laptop anyar, salah satunya Dynabook Satellite Pro L40-G.

Laptop ini sudah beredar di Indonesia sejak kuartal 3 tahun 2020. Tertarik dengan laptop ini? Yuk simak dulu review detikINET berikut ini:

Desain

Laptop Dynabook Satellite Pro L40-GLaptop Dynabook Satellite Pro L40-G Foto: (Fitraya Ramadhanny/detikINET)

Dynabook Satellite Pro L40-G tampil dengan desain mulus licin berwarna silver yang kekinian berbahan alumunium. Beratnya cuma 1,49 kg, bersaing dengan laptop kelas sejenis. Versi lainnya adalah warna abu-abu.

Ukurannya 322,8 mm x 221,9 mm x 18,9 mm. Panjang kali lebarnya pas dan cukup tipis, meski bukan yang paling tipis.

Ketika laptop dibuka, tampaklah layar 14 inch HD anti-glare alias anti mantul, yang tampak lega karena bezelnya tipis. Layarnya maksimal bisa dibuka sampai 135 derajat, tidak bisa rebah sampai 180 derajat.

Di atas layar ada built in HD web camera dengan slider penutup untuk keamanan dan 2 microphone. Keyboardnya nyaman digunakan dengan key travel yang pas untuk jari-jari menjangkau saat pengetikan cepat. Di bagian bawah ada cooling vent supaya laptop tetap adem.

Laptop Dynabook Satellite Pro L40-GLaptop Dynabook Satellite Pro L40-G Foto: (Fitraya Ramadhanny/detikINET)

Performa

Dynabook Satellite Pro L40-G hadir dalam 3 varian prosesor, Intel Core i3, i5 dan i7. Unit yang dicoba detikINET punya dapur pacu Intel Core i5 yang memiliki 4 core dengan kecepatan sampai 2,1 GHz. Untuk grafisnya memakai Intel UHD Graphic 620 dan NVIDIA GeForce MX250 2GB GDDR5. Resolusinya full HD 1.920 x 1.080 pixel dengan refresh rate 60 Hz.

Laptop ini memakai OS Windows 10, RAM 4GB/8GB. Ruang penyimpanan HDD 1 TB dan untuk penyimpanan SSD ada 256 GB dan 512 GB.

Untuk membuktikan performanya, detikINET menguji Dynabook Satellite Pro L40-G dengan aplikasi Cinebench. Aplikasi ini mampu mengoptimalkan pengujian untuk tiap core yang dimiliki prosesor pada laptop termasuk uji kemampuan grafis yang ditangani oleh prosesor baik secara singe core maupun multi core.

Dari hasil pengujian, untuk CPU multi core mendapat 2.156 poin, di bawah Intel Core i7 dan AMD Ryzen 7. Sedangkan untuk CPU single core mendapat 536 poin, di bawah Intel Core i7 dan AMD Ryzen 7, tapi di atas Intel Xeon. Dari perbandingan single dan multi core, MP Ratio yang didapatkan adalah 4,02 X.

Laptop Dynabook Satellite Pro L40-GPerhitungan Cinebench Foto: (Screenshoot)

Meski hasilnya di bawah beberapa prosesor lain, laptop ini tetap handal untuk digunakan multitasking, tipikal kerjaan orang kantoran. detikINET mencoba membuka beberapa aplikasi antara lain, browser, Word, Excell, photo editor, YouTube, tetap enak dipakai.

Untuk kualitas grafisnya dicoba dengan beberapa klip video 4K. Hasilnya gambarnya sangat tajam untuk video 4K dengan adegan yang iddle, tapi ketajaman gambarnya berkurang sedikit pada adegan yang bergerak cepat. Namun secara keseluruhan tidak mengganggu sama sekali.

Laptop Dynabook Satellite Pro L40-GScreenshoot film laga 4K (Foto: (Screenshoot)

Laptop Dynabook Satellite Pro L40-GScreenshoot film dokumenter (Foto: Screenshoot)

Halaman selanjutnya: baterai, konektivitas, fitur khas dan kesimpulan...