ThinkPad E14 Gen 2, Tangguh Bertenaga Ryzen 5 4500U - Halaman 2

Review Produk

ThinkPad E14 Gen 2, Tangguh Bertenaga Ryzen 5 4500U

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 27 Nov 2020 21:41 WIB
Lenovo Thinkpad E14 Gen 2
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Konektivitas dan fitur
Untuk konektivitas, ThinkPad E14 Gen 2 ini tampak dibuat seefisien mungkin. Dalam artian, Lenovo menyiapkan semua konektivitas yang dibutuhkan namun dengan secukupnya.

Laptop ini memiliki port USB 2.0, USB 3.0, bahkan juga USB Type-C. Namun jumlahnya hanya ada satu port untuk masing-masing slot. Malah untuk port USB Type-C digunakan bersamaan untuk charger. Artinya port USB Type-C ini tak bisa digunaan saat laptop di-charge.

Lenovo Thinkpad E14 Gen 2Lenovo Thinkpad E14 Gen 2 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Selain itu juga ada port HDMI 1.4, jack audio, dan RJ45 bagi yang butuh menghubungkan laptop ke jaringan menggunakan kabel. Sayangnya laptop ini tak menyediakan slot card reader, sehingga akan dibutuhkan card reader eksternal bagi yang memerlukan.

Untuk fitur lainnya, keamanan akses laptop ini dijamin oleh fitur fingerprint yang cerdiknya ditanamkan bersamaan dengan tombol power. Webcam yang dimilikinya juga spesial karena dipadukan dengan infrared untuk Windows Hello. Tak lupa juga ada ThinkShutter atau penutup webcam yang akan bermanfaat untuk melindungi dari akses yang tak diinginkan.

Kesimpulan
Terkenal dengan ketangguhan ThinkPad, tak butuh waktu lama untuk mempertimbangkan laptop yang punya bodi solid ini. Apalagi desain laptop ini juga terbilang seksi lantaran bentuknya yang cenderung tipis.

Urusan performa juga patut diacungi jempol. Bermodal prosesor AMD Ryzen 5 4500U, kinerjanya dipastikan siap memanjakan pengguna dengan penggunaan yang smooth dan lancar jaya. Apalagi Lenovo memadukannya dengan RAM DDR4 sebesar 8 GB dan SSD M.2 berkapasitas 512 GB yang pastinya punya performa kencang.

Dengan kelebihan tersebut, tak heran kalau produktivitas bakal menyenangkan dengan perangkat ini. Terutama bagi pengguna yang sehari-hari berhadapan dengan banyak aplikasi. Bobotnya yang masih terbilang ringan juga memudahkan penggunanya ketika ingin mengajak ThinkPad E14 Gen 2 untuk bekerja di luar rumah atau kantor.

(asj/fay)