Oppo ColorOS 11, Elegan dan Kustomisasinya Juara

Review

Oppo ColorOS 11, Elegan dan Kustomisasinya Juara

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 18 Nov 2020 12:05 WIB
ColorOS 11
HP Oppo dengan ColorOS 11. Foto: fyk
Jakarta -

Beberapa waktu lalu, Oppo resmi merilis ColorOS 11 yang membawa banyak fitur anyar. Paling menonjol dari user interface ini adalah begitu mudahnya pengguna melakukan modifikasi sesuai kemauan. Seperti apa?

Mengambil tema Make Life Flow, ColorOS 11 yang merupakan penerus ColorOS 7 memang diharapkan bikin tampilan ponsel dapat menggambarkan selera sang penggunanya. Karenanya banyak kemampuan kustomisasi yang diberikan.

Menu Kustomisasi Melimpah

Saking fokusnya pada kustomisasi, ColorOS 11 punya menu khusus Personalizations yang dapat diakses di setting. Di sini, banyak hal bisa diubah. Dari tema, wallpaper, fitur always on, icon style, layout App, sidik jari, warna, ukuran font, drawer notifikasi, edge lightning, sampai Ringtone maker.

ColorOS 11Menu Personalisasi di ColorOS 11. Foto: fyk

Cukup tekan masing-masing menu, maka tampilan ponsel bisa diganti sesuai keinginan. Atau kalau tidak mau repot mengakses menu kustomisasi di setting, pengguna bisa langsung mengetuk homescreen dengan dua jari untuk mengatur beberapa perubahan mendasar.

Setelahnya, pengaturan personalisasi akan muncul secara otomatis dan pengguna dapat mengaturnya, dari menyesuaikan tata letak home screen, widget, transisi, wallpaper, dan gaya ikon. Ikon dapat diubah bentuknya, misalnya dari kotak ke lingkaran.

Pendek kata, menu-menu yang biasanya tidak bisa diubah atau hanya sekadarnya, banyak yang bisa dimodifikasi leluasa di ColorOS 11.

Oppo ColorOS 11Kustomisasi homescreen dan Always On Display di Oppo ColorOS 11. Foto: istimewa

Ambil contoh fitur Always On Display atau AOD. Pengguna dapat mengubah dengan banyak pilihan, dari polanya, apakah akan menampikan teks saja atau sekaligus teks dengan gambar. Pengguna bahkan bisa membuat gambar Always On sendiri dengan mengakses tanda plus (+) di 'Custom patterns'. Di sini, dapat dipilih gaya, warna, dan pola garis sesuai kesukaan.

Fitur Dark Mode pun tersedia di setting dan lagi-lagi, bisa diubah dalam beberapa opsi. Pengguna dapat memilih gaya Dark Mode dengan pilihan enhanced, gentle atau medium. Wallpaper dan ikon pun dapat disesuaikan dengan Dark Mode.

Oppo ColorOS 11Pengaturan Dark Mode di Oppo ColorOS 11. Foto: istimewa

Setiap opsi Dark Mode juga diselaraskan ke aplikasi pihak ketiga. Selain itu, penggunanya dapat mengatur waktu mulai dan mati secara otomatis, termasuk menyesuaikan dengan waktu matahari terbit dan terbenam.

Beralih ke wallpaper yang ternyata juga dapat sentuhan kustomisasi unik di ColorOS 11. Algoritma khusus membantu menghasilkan wallpaper kreatif. Pengguna dapat mengambil foto dan dari galeri, dan secara otomatis sistem akan mengekstrak palet utama gambar, menghasilkan wallpaper dengan gaya beda sesuai referensi pengguna.

Halaman selanjutnya: Fitur-fitur menarik lainnya...