Review Oppo Enco W51, Kualitas Suara dan Peredam Bisingnya Bagus - Halaman 2

Review Oppo Enco W51, Kualitas Suara dan Peredam Bisingnya Bagus

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 12 Nov 2020 19:40 WIB
OPPO Enco W51
Oppo Enco W51. Foto: dok. OPPO Indonesia

Kualitas Suara

Dibekali driver 7mm, Oppo Enco W51 mampu menyuguhkan suara yang mantab di telinga. Kami menjajal memutar beberapa genre musik semuanya tetap enak didengarkan.

Treble cukup renyah tanpa berlebihan. Suara bass terdengar dinamis. Saat memutar album baru Sasha Sloan, vokal penyanyi asal AS ini terdengar jelas.

Saat digunakan untuk menonton film juga sama memuaskan. Makin terasa maksimal lagi saat perangkat yang terkoneksi punya fitur Dolby Atmos.

detikINET sempat menggunakan TWS ini untuk memainkan Call of Duty Mobile. Terasa ada delay sedikit, namun tidak begitu signifikan mengganggu.

Oppo Enco W51Oppo Enco W51 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Nah terkait kemampuan ANC, tidak disangka kemampuan TWS ini cukup baik dalam meredam suara bising di sekitar yang punya frekuensi rendang dan konstan. Tapi untuk frekuensi tinggi seperti teriakan orang dan suara klakson masih terdengar.

Tapi mengingat harganya yang hanya Rp 1,3 juta ya cukup dimaklumi. Karena jika ingin yang lebih maksimal harus mau membayar lebih.

Soal kualitas mikrofon pada Oppo Enco W51 standar saja. Meskipun tidak ada distorsi yang berlebihan selama panggilan, mikrofon masih menangkap suara latar belakang yang cukup banyak.

Baterai

Daya baterai Oppo Enco W51 ini tidak istimewa. Saat terisi penuh bisa untuk digunakan 4-5 jam non-stop saat ANC dinonaktifkan. Sementara saat ANC diaktifkan menjadi sekitar 3,5 jam saja.

Case Oppo W51 sendiri bisa menyulai daya untuk penggunaan 24 jam. Oppo membekali pengisian kabel 10W melalui port USB-Type C yang membutuhkan waktu satu jam untuk mencapai nol hingga seratus persen. Ini juga mendukung pengisian nirkabel yang memberikan keunggulan dibandingkan perangkat lain di kelasnya.

Oppo Enco W51Oppo Enco W51 bisa dicharging secara wireless. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Kesimpulan

Oppo memberikan pengalaman yang menyenangkan dan berbeda. Enco W51 nyaman digunakan dalam durasi yang panjang, menawarkan kualitas audio yang layak dan kemampuan peredaman bising yang baik di kelasnya.

Semoga saja Oppo membuat aplikasi khusus untuk TWS-nya. Sehingga memudahkan pengaturan di perangkat selain ponsel Oppo.

Satu lagi memberikan dukungan kontrol sentuhan yang dibuat lebih fleksibel dan ditambah lagi opsinya, salah satunya pengaturan volume.

Selebihnya dengan harga Rp 1,3 juta, Oppo Enco W51 patut dipertimbangkan bila mencari TWS terjangkau dengan fitur peredam bising yang oke.

(afr/fay)