Review Realme X50 Pro 5G: HP Kece Penantang Ponsel Flagship

Review Realme X50 Pro 5G: HP Kece Penantang Ponsel Flagship

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 02 Nov 2020 06:35 WIB
Realme X50 Pro 5G
Realme X50 Pro 5G Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Realme cukup serius merilis ponsel yang didukung dengan teknologi 5G, dibuktikan dengan kehadiran Realme X50 Pro 5G, melengkapi HP 5G ponsel mereka. Dan, Realme X50 Pro itu sudah diboyong ke pasar Indonesia.

Di awal kedatangannya dua tahun lalu, Realme hadir dengan fokus menjual ponsel yang terjangkau. Akan tetapi, saat ini mereka mulai memasarkan harga belasan juta rupiah. Sebagai ponsel flagship, Realme X50 Pro 5G menawarkan spek yang gahar.

Apakah perangkat ini memanjakan pengguna dengan spek mewahnya itu dalam kegiatan sehari-hari? Ini hasil ulasan Realme X50 Pro 5G yang sudah dijajal detikINET.


Desain

Pertama kali memandang Realme X50 Pro 5G, kesan mempesona muncul karena bezel tipis, dual camera di depan, quad camera di belakang, yang dibalut dengan corak Rush Red yang menawan.

Ketika menggenggam HP ini, terasa perangkat ini terasa solid tapi bodinya tebal. Realme X50 Pro 5G memiliki dimensi bodi 159 x 74,2 x 8,9 mm dengan bobot 205 gram. Meski terkesan agak tebal, detikINET menilai ponsel ini masih nyaman digenggam di tangan.

Di tampilan depan, Realme X50 Pro 5G punya layar cakep dengan Super AMOLED 6,44 inch yang menawarkan aspek rasio 20:9 dan rasio screen to body hingga 92%. Pada bagian atas terdapat dual camera yang siap membantu selfie pengguna.

Beralih ke bagian bodi belakangnya. Corak Rush Red yang mengusung 3D AG Glass, membuat terkesima mata dengan warnanya halusnya. Apalagi dengan adanya quad camera ditempatkan secara vertikal, yakni lensa telephoto 12 MP yang punya kemampuan zoom hingga 20x, lensa utama 64 MP, lensa ultrawide 8 MP dan lensa B&W.

Realme X50 Pro 5GRealme X50 Pro 5G Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Permukaan kaca dof pada punggung ponsel ini. mampu menghilangkan bekas sidik jari yang sering jadi pekerjaan rumah pada kebanyakan ponsel. Meski tidak terlalu licin, Realme memberikan casing berbahan silicon di penjualan ponsel ini.

Bicara soal bagian seluruh sisi ponsel ini, pada bagian atas tampak polos, hanya ada mic saja. Bagian bawah terlihat ramai, dengan adanya mic, slot SIM Card, port USB Type C dan speaker.

Lalu, di samping kanan juga sederhana, tersedia tombol power saja. Biasanya di bagian ini terdapat tombol volume, namun Realme menempatkannya di bagian kiri. Berdasarkan pengalaman, posisi tersebut memudahkan pengguna, misalnya untuk screenshoot.


Layar

Realme X50 Pro 5G mengusung layar yang terbilang tidak cukup besar, tidak juga kecil, yakni 6,4 inch. Perangkat ini memiliki tampilan refresh rate 90Hz dengan dukungan HDR10+, dan gamut warna 100% DCI-P3.

Ponsel flagship terbaru Realme ini hadir dengan sunlight display yang mampu mencerahkan maksimum 1000 nits dan rasio kontras 2000000:1. Saat menggunakan di bawah sinar matahari, layar masih bisa terlihat dengan jelas.

Dalam penggunaan sehari-hari, HP ini terbilang memanjakan mata pengguna ditambah dengan bezel tipisnya membuat rasio layar jadi 92% jadi nilai plus, misalnya untuk kebutuhan bermain media sosial, streaming, video conference, maupun aktivitas work from home.

Realme X50 Pro 5GRealme X50 Pro 5G Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Agar lebih ramah mata, Realme X50 Pro 5G dibekali dengan fitur Efek Visual OSIE, di mana teknologi ini mampu membantu aplikasi ketiga dalam meningkatkan kualitas gambar dan efek visual, dari saturasi, kontras, sampai mengurangi noise.

Selain itu fitur kenyamanan mata juga bisa jadi pilihan empunya dalam berakselerasi menggunakan HP ini.

Punya refresh rate 90 Hz yang memberikan pengalaman lebih halus kala menggunakan ponsel ini, serta samping rate 180Hz jadi gerakan jari pun akan ditangkap lebih cepat dan akurat.

Sensor sidik jari yang tertanam di layar Realme X50 Pro 5G pun bisa dibilang cepat, bisa membuka layar 0,27 detik.