Review Poco X3 NFC, Beneran Pembunuh Ponsel Menengah?

Review Poco X3 NFC, Beneran Pembunuh Ponsel Menengah?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 24 Okt 2020 15:39 WIB
Unboxing Poco X3 NFC
Poco X3 NFC. Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Xiaomi, tepatnya Poco, menyebut Poco X3 NFC sebagai 'The Real Mid-Range Killer', alias pembunuh ponsel kelas menengah. Pasalnya, mereka menawarkan spesifikasi yang mewah untuk ponsel kelas menengah dengan harga yang lebih murah dibanding ponsel menengah lain.

Namun, apakah dalam penggunaan sehari-hari performanya tetap mewah? Yuk simak ulasan detikINET di bawah ini.

Desain
Poco X3 NFC mengusung desain yang cukup unik dan mudah dikenali. Dimulai dari modul kamera belakang yang berbentuk hampir persegi panjang dengan bulatan di bagian luarnya, yang jarang dipakai pabrikan ponsel lain. Kamera belakangnya ada empat, dirangkai secara simetris dengan satu flash LED.

Unboxing Poco X3 NFCPoco X3 NFC Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Lalu bodi belakangnya mengkilap dengan dua tekstur berbeda antara bagian pinggir dan tengah, lengkap dengan tulisan Poco pada bagian tengahnya. Oh ya, ada dua pilihan warna yang ditawarkan, yaitu Cobalt Blue dan Shadow Gray.

Poco X3 NFC punya sertifikasi IP53 yang membuatnya tahan cipratan air, dan dalam paket penjualannya juga disertakan soft case yang diklaim sebagai anti bacterial.

Unboxing Poco X3 NFCPoco X3 NFC Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Bodinya pun terbilang tebal, dengan tonjolan kamera yang cukup besar. Namun mengingat baterainya yang memang besar, wajar jika bodi ponsel ini setebal itu.

Layar
Pada bagian ini, kesan mewah Poco X3 NFC sudah mulai terasa. Layar IPS yang dipakai punya refresh rate 120Hz dengan touch sampling rate 240. Dua fitur ini lazimnya ada di ponsel flagship, atau bahkan ponsel gaming flagship.

Layarnya berukuran 6,67 inch dengan resolusi Full HD+, dilapisi Gorilla Glass 5, mendukung HDR10, dan punya punch-hole untuk kamera depan, tepatnya di bagian tengah atas.

Unboxing Poco X3 NFCPoco X3 NFC Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Refresh ratenya ini tak melulu harus dijalankan di 120Hz, pengguna bisa menggantinya ke 60Hz untuk menghemat baterai. Atau bisa juga menyalakan Dynamic Switch agar layarnya bisa otomatis menyesuaikan refresh rate sesuai dengan penggunaan ponsel.

Tingkat kecerahan maksimalnya menurut kami cukup mumpuni meski Poco X3 NFC dipakai di bawah terik matahari. Namun yang jelas, juaranya tetap refresh rate 120Hz, yang membuat scrolling di browser, atau di game yang mendukung refresh rate tinggi, sangat halus dan enak dipandang.

Kamera dan fitur ada di halaman selanjutnya