Asus ROG Zephyrus Duo 15, Sempurna dengan Dua Layar

Review Produk

Asus ROG Zephyrus Duo 15, Sempurna dengan Dua Layar

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 02 Agu 2020 20:04 WIB
Asus ROG Zephyrus Duo 15
Asus ROG Zephyrus Duo 15 Foto: Anggoro Suryo Jati/detikINET
Jakarta -

Asus punya produk baru di lini Zephyrus, yaitu Asus ROG Zephyrus Duo 15, sebuah laptop gaming yang terinspirasi dari ZenBook Duo dan Pro Duo.

Disebut terinspirasi karena dua laptop tersebut mempunyai dua layar dan mendapat sambutan baik dari para kreator konten. Layar kedua di ZenBook Duo dan Pro Duo disebut bisa meningkatkan produktivitas penggunanya.

Karena itulah Zephyrus Duo 15 juga dilengkapi dengan dua layar, yang diberi nama ROG ScreenPad Plus. Seperti apa pengalaman penggunaannya? Yuk simak ulasan berikut.

Dua Layar Lebih Baik
Sesuai dengan namanya, ROG Zephyrus Duo 15 merupakan laptop gaming dan bagian dari keluarga Zephyrus, lini laptop gaming super ringkas dan premium dari ASUS ROG.

Sementara kata "Duo" di laptop ini menandakan bahwa ia mengadopsi layar ganda. Meski demikian, cara kerja ROG ScreenPad Plus di ROG Zephyrus Duo 15 sangat berbeda dengan yang digunakan di ZenBook Duo atau ZenBook Pro Duo.

ROG ScreenPad Plus menggunakan mekanisme unik, yaitu saat ROG Zephyrus Duo 15 digunakan dan layarnya dibuka, layar kedua ROG ScreenPad Plus akan terangkat dari posisi tidurnya dan membentuk sudut 13 derajat.

Asus ROG Zephyrus Duo 15Asus ROG Zephyrus Duo 15 Foto: Istimewa

Mekanisme ini sangat berbeda dengan yang digunakan di ZenBook Duo dan ZenBook Pro Duo dimana keduanya bergantung pada mekanisme ErgoLift Hinge untuk mengangkat layar dan bodi utama laptopnya secara keseluruhan.

Mekanisme unik di ROG Zephyrus Duo 15 diciptakan bukan tanpa alasan. Karena layar keduanya terangkat dan membentuk sudut 13 derajat terhadap bodi utama laptop ini, layar kedua tersebut menjadi lebih nyaman saat digunakan. Selain itu, ROG ScreenPad plus juga membantu mengoptimalkan sistem pendingin yang digunakan di Asus ROG Zephyrus Duo 15 secara keseluruhan.

Asus ROG Zephyrus Duo 15Asus ROG Zephyrus Duo 15 Foto: Istimewa

Bekerjasama dengan developer game AAA, ASUS menghadirkan fitur integrasi game dengan ROG ScreenPad Plus. Game seperti Dying Light 2 yang dikembangkan oleh Techland kini dapat menampilkan chat, inventory, dan tampilan side quest di ROG ScreenPad Plus. Dengan integrasi tersebut, gamer akan tetap fokus pada gameplay di layar utama sambil melihat chat dan status inventory di layar kedua.

Selain bekerjasama dengan developer game, ASUS juga bekerjasama dengan pengembang aplikasi Overwolf sehingga aplikasi tersebut dapat diintegrasikan dengan ROG ScreenPad Plus.

Overwolf merupakan aplikasi yang menghadirkan informasi tambahan ketika bermain game seperti informasi status dan rekomendasi item yang harus digunakan. Overwolf telah terintegrasi dengan berbagai game esport ternama seperti League of Legends, CS:GO, dan Fortnite. Selain game, aplikasi pendukung untuk laptop ROG seperti GPUTweak II dan Armoury Crate juga dapat diintegrasikan ke ROG ScreenPad Plus yang ada di Asus ROG Zephyrus Duo ini.