Realme Band, Teman Sehat saat WFH

Review

Realme Band, Teman Sehat saat WFH

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 26 Mei 2020 10:05 WIB
Unboxing Realme Band
Realme Band, Teman Sehat Asyik Saat WFH Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET
Jakarta -

Hanya dua tahun sejak meluncurkan ponsel pertamanya, Realme ikut terjun ke dunia wearable. Menyasar pasar gelang pintar dengan harga terjangkau, Realme meluncurkan Realme Band di Indonesia pada bulan lalu.

Gelang pintar ini mengusung banyak fitur yang bisa membantu meningkatkan gaya hidup sehat sehari-hari, terutama saat periode work from home (WFH) saat ini.

detikINET pun berkesempatan menjajal Realme Band selama kurang lebih sebulan. Ingin tahu bagaimana performanya? Yuk simak terus review lengkapnya.

Desain

Realme Band mengusung desain yang sleek dan minimalis, walaupun agak sedikit generik. Bodi jamnya terbuat dari plastik dengan desain yang melengkung sehingga bisa mengikuti kontur pergelangan tangan dan terasa nyaman saat digunakan.

Talinya terbuat dari material TPU yang bisa dilepas-pasang dengan lebar 16mm. Saat digunakan seharian, talinya tetap terasa nyaman dan tidak membuat tangan terasa gatal seperti kebanyakan tali berbahan plastik lainnya.

Dengan bobot jam yang hanya 20 gram, Realme Band termasuk gelang pintar yang sangat ringan saat digunakan. Saking ringannya kadang saya malah lupa kalau sedang mengenakan gelang pintar ini.

Realme BandRealme Band Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Jika tali bagian atasnya dilepas akan memperlihatkan konektor USB-A yang terhubung dengan bodi jam. Jam tangannya sendiri hanya tersedia dalam satu warna yaitu hitam, tapi ada tiga pilihan warna tali yaitu hijau, hitam dan kuning.

Di bagian belakang jam terdapat sensor detak jantung PPG yang akan mengeluarkan lampu berwarna hijau ketika bekerja. Di bagian bawah layar terdapat tombol sentuh yang digunakan untuk navigasi layar.

Display

Realme Band dilengkapi layar berwarna berukuran 0,96 inch dengan resolusi 160x80. Display ini dilengkapi dengan watch face yang bisa diganti-ganti sesuai pilihan.

Saat ini hanya ada lima watch face yang bisa dipilih lewat aplikasi Realme Link, tapi Realme mengatakan akan terus mengupdate koleksi watch face yang ada.

Kelima watch face yang ada menampilkan beragam informasi seperti jam, tanggal, jumlah langkah dan ikon Bluetooth. Tapi hanya watch face default yang menampilkan indikator baterai, itupun bukan dalam bentuk persentase jadi jika ingin tahu berapa banyak daya yang tersisa harus dicek lewat aplikasi Realme Link.

Selain watch face, display Realme Band juga menampilkan menu seperti jumlah langkah, monitor detak jantung, tiga dari sembilan mode olahraga yang bisa dipilih, alarm, informasi cuaca dan informasi detail seputar Realme Band.

Pilihan watch face di Realme LinkPilihan watch face di Realme Link Foto: Screenshot Realme Link

Realme Band tidak menggunakan layar sentuh jadi untuk navigasi bisa menggunakan tombol sentuh yang ada di bawah layar. Tap tombol sekali untuk menjelajahi semua menu, dan tap serta tahan dua detik untuk menjalankan fungsi seperti menghitung detak jantung secara manual, mengecek jumlah langkah dan mengaktifkan salah satu mode olahraga.

Display Realme Band terbilang baik saat digunakan di dalam ruangan. Sayangnya saat digunakan di luar ruangan agak redup dan sedikit sulit untuk melihat informasi yang ada di layar.

Realme Band juga dilengkapi dengan fitur Raise to Wakeup yang memanfaatkan akselerometer 3-poros. Jadi cukup dengan mengangkat lengan kalian bisa langsung mengaktifkan layar dan melihat informasi yang diinginkan.

Realme juga menyelipkan fitur Night Brightness yang bisa meredupkan layar jam secara otomatis mengikuti waktu yang telah diatur. Fitur ini tentu berguna jika kalian mengenakan Realme Band saat tidur dan tidak ingin terganggu dengan layarnya yang menyilaukan di malam hari.

Ambyar