Menjajal Galaxy M31, 4 Kamera dan Baterai 6.000 mAh

Hands On

Menjajal Galaxy M31, 4 Kamera dan Baterai 6.000 mAh

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 10 Apr 2020 08:01 WIB
Galaxy M31
Samsung Galaxy M31. Foto: Fino Yurio Kristo
Jakarta -

Samsung baru saja meluncurkan amunisi baru di pasar smartphone kelas menengah, yaitu Galaxy M31. Seperti pendahulunya Galaxy M30 dan M30s, kekuatan baterai besar menjadi salah satu keunggulannya, yaitu 6.000 mAh.

Dari sisi desain, Galaxy M31 tidak neko-neko walaupun tidak juga buruk, khas smartphone kelas menengah yang ada saat ini. Bezelnya cukup tipis dengan sisi-sisi melengkung, mantap dalam genggaman. Walaupun baterai besar, wujud smartphone ini dapat dipertahankan lumayan tipis.

Bahan pembuatannya dari plastik tapi tidak terkesan murahan. Bagian belakangnya terdiri dari 4 kamera yang disusun manis dalam panel persegi panjang kecil di bagian sisi kiri atas. Di bagian atas layarnya, terdapat notch mungil untuk memajang kamera depan.

Galaxy M31Galaxy M31 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Layar Galaxy M31 seluas 6,4 inch resolusi 1.080 x 2340 pixel, terlihat lapang dan jernih khas Super Amoled. Ada lapisan Gorilla Glass 3 untuk melindunginya dari goresan ringan.

Di sisi software, handset ini memakai user interface One UI 2 berbasis sistem operasi Android 10. Mudah digunakan, ikon-ikonnya tampak besar dan modern serta sudah dilengkapi aplikasi bawaan yang dipandang berguna bagi user semacam Facebook, Netflix sampai aplikasi Microsoft.

Di sisi jeroan, ia diperlengkapi prosesor Exynos 9611 dan RAM 6 GB serta memori internal 128 GB, cukup kompetitif di kelas menengah. Percobaan sekilas, performanya tidak ada kendala.

Kameranya lengkap dengan kamera utama 64 MP, kamera ultrawide 8 MP kamera macro 5 MP serta kamera depth 5 MP. Hasilnya tampak menjanjikan meskipun tentu perlu pengujian lebih lanjut. Oh ya, kamera depannya 32 megapixel.

Galaxy M31Contoh foto Galaxy M31 Foto: Fino Yurio Kristo

Baterai sebesar 6.000 mAh menjanjikan daya tahan yang lama dan jika M30 jadi patokan, bisa bertahan lebih dari 24 jam. Cocok bagi yang tidak ingin sering isi ulang. Chargernya 15 W dengan waktu pengisian sampai penuh sekitar 2,5 jam.

Kelengkapan lainnya di handset ini termasuk pemindai sidik jari di bagian belakang, USB Type C, serta ada slot microSD untuk menambah kapasitas memori.

Secara keseluruhan, Galaxy M31 agaknya menjadi pilihan yang menarik di kelas menengah. Kameranya lengkap dan beresolusi 64 MP, layarnya lapang, kemudian baterainya jumbo yang menjanjikan dapat dioperasikan dalam waktu lama. Handset ini telah beredar di Indonesia dengan banderol sekitar Rp 3,6 juta.

Galaxy M31Galaxy M31 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET


Simak Video "Unboxing Samsung Galaxy M31 yang Ditenagai 6.000 mAh"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/rns)
Debat Capres AS