Kamis, 26 Mar 2020 18:38 WIB

Review Produk

Galaxy S20 Ultra, Ponsel Gahar yang Serba Besar

Fino Yurio Kristo - detikInet
Galaxy S20 Ultra Samsung Galaxy S20 Ultra. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Bagi yang ingin meminang ponsel paling gahar dan paling mahal dari Samsung, di luar ponsel layar lipat, maka Galaxy S20 Ultra adalah jawabannya. Di Indonesia, handset ini dijual sekitar Rp 18 juta, lebih tinggi dari S20 maupun S20 Plus.

Tak heran jika berbagai teknologi canggih dibenamkan di S20 Ultra. Semuanya bisa dibilang serba besar, dari ukuran maupun fitur-fitur dan teknologinya. Sebut saja kamera 108 megapixel, rekam video sampai 8K ataupun RAM yang mencapai 12 GB.

Nah, seperti apa pengalaman memakai Galaxy S20 Ultra berikut kelebihan dan kekurangannya? Simak review detikINET berikut.

Desain

Sekilas, tidak ada perubahan desain yang signifikan dari S20 Ultra dibanding S10 ataupun Note 10. Material dan build quality solid dengan bagian sisi-sisinya melengkung, layar penuh dan luber sampai ke pinggir dengan rasio 89,9%, serta ada kamera depan punch hole di bagian atas tengah.

Namun demikian, smartphone ini sungguh besar. Ukuran layar 6,9 inch berarti lebih luas dibandingkan Note 10 Plus dengan 6,8 inch. Bukan saja besar, S20 Ultra beratnya 222 gram, lebih berbobot cukup signifikan dibandingkan S20 Plus (188 gram).

Galaxy S20 Ultra, Ponsel Gahar yang Serba BesarFoto: Adi Fida Rahman/detikINET

Alhasil ponsel ini terasa penuh di tangan dan itu tadi, cukup berat. Mengoperasikannya hanya dengan satu tangan memang bisa, tapi lama kelamaan mungkin terasa agak tidak nyaman, apalagi jika tangan pengguna kecil.

Mengingat besarnya layar, menjangkau aplikasi di sisi jauh pun tidak memungkinkan. Maka, pengguna kemungkinan akan banyak menggunakan dua tangan saat mengoperasikan ini itu.

Pendek kata, handset ini bukan untuk yang menginginkan ponsel kompak. Galaxy S20 dan S20 Plus lebih cocok bagi yang berminat dengan ponsel semacam itu.

Galaxy S20 Ultra, Ponsel Gahar yang Serba BesarFoto: Adi Fida Rahman/detikINET

Bagian belakangnya terlihat berbeda dengan kehadiran kamera masif dan menonjol yang mengambil bagian besar di sudut kiri atas. Bentuknya persegi panjang bertuliskan Space Zoom. Memang, ponsel ini mengunggulkan kehebatan kamera resolusi 108 megapixel sehingga modulnya pun tidak biasa.

Galaxy S20 Ultra, Ponsel Gahar yang Serba BesarFoto: Adi Fida Rahman/detikINET

Sisi kiri Galaxy S20 Ultra ada tombol power yang juga dapat digunakan untuk akses perintah suara Bixby, bagian bawah ada speaker tunggal dan colokan USB Type C. Sementara bagian atas ada slot untuk memasukkan SIM Card. Oh ya, tidak ada colokan headphone standar 3,5 mm di handset ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5