Rabu, 30 Okt 2019 19:00 WIB

Review Produk

Review WD Black SN750 1TB: Kencang!

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta - Sejak mengakuisisi SanDisk, Western Digital (WD) memang gencar merilis produk solid state drive (SSD). Salah satu produknya yang terbilang baru di ranah SSD adalah WD Black SSD SN750 NVMe.

WD seri Black ini diposisikan salah satunya untuk gamer, karena memang mempunyai kecepatan yang tinggi. Bagaimana performa SSD NVMe ini? Yuk simak pengujian kami.

Paket penjualan SSD ini terbilang minimalis. Hanya kotak penjualan, SSD, serta petunjuk garansi. Di pasaran, SSD ini hadir dalam beberapa pilihan kapasitas, 250GB, 500GB, 1TB, dan 2TB. Unit review yang diterima oleh detikINET adalah yang berkapasitas 1TB.

Oh ya, WD juga menyertakan software WD Black SSD Dashboard dan Acronis True Image WD Edition yang bisa diunduh di situs WD. Dashboard ini mempunyai opsi untuk menjalankan SSD dalam mode gaming untuk meningkatkan performanya. Jika tidak, pengguna juga bisa memilih mode rendah daya.

Review WD Black SN750 1TB: Kencang!Foto: istimewa

Form factor SSD ini menggunakan M.2 2280, sementara antarmukanya adalah PCIe 3 x4 NVMe 1.3. Kontroler yang dipakai buatan WD, serta chip NAND Flash SanDisk 64 layer 3D TLC.

WD mengklaim kecepatan baca sekuensional SSD ini bisa mencapai 3470 MBps dan kecepatan tulis sekuensional sebesar 2600 MBps. Dan dalam pengujian yang kami lakukan dengan memasangnya di laptop Asus ROG Strix G, klaim ini terbukti benar. Padahal, dalam Dashboard yang disertakan oleh WD, kami hanya menggunakan mode rendah daya, bukan gaming.

Review WD Black SN750 1TB: Kencang!Foto: Screenshot


Kesimpulan

WD Black SN750 menurut kami cocok untuk menemani laptop (atau PC) yang masih menggunakan hardisk sebagai media penyimpanannya. Terutama untuk perangkat yang memang ditujukan untuk bermain game, karena SSD ini bisa mempercepat loading game dengan sangat cepat.

Performanya menurut kami terbilang memuaskan, dengan harga yang relatif terjangkau. Meski paket penjualannya terbilang minim, namun WD menyediakan software tambahan yang bisa diunduh di situs resmi mereka.

Simak Video "Huawei Mate 30 Pro Hadir dengan 4 Kamera Belakang"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fyk)