Selasa, 15 Okt 2019 09:06 WIB

Review

Vivo V17 Pro, Ponsel Mantap Buat Mobilitas TInggi

Josina - detikInet
Vivo V17 Pro. Foto: detikINET/Rifkianto Nugroho Vivo V17 Pro. Foto: detikINET/Rifkianto Nugroho
Jakarta - Menggoda pengguna yang dianggap memiliki mobilitas tinggi, Vivo menggebrak pasar Indonesia menghadirkan smarpthone flagship anyarnya yakni Vivo V17 Pro dengan tema 'Wider Selfie, Clearer Night' tersebut.

Dibanderol Rp 5,699 juta Vivo V17 Pro memiliki beragam fitur seperti kamera depan ganda gaya 32MP Dual Pop-Up Selfie dengan Super Night Selfie serta 48MP AI Quad Camera pada kamera belakang yang dibekali fitur AI dan Super Night Mode!

Lantas bagaimana dengan performa Vivo V17 Pro sendiri? Simak ulasannya dari detikINET berikut ini setelah beberapa waktu menjajal ponsel ini.

Desain Elegan & Layar Lapang

Elegan dan lapang, kesan pertama detikINET saat memandangi desain Vivo V17 Pro. Desain V17 Pro dengan tampilan sudut membulat pada layar depannya terlihat polos meski ada lubang earpice yang sekilas tidak begitu terlihat, hal ini karena di bagian sisi atasnya ditempatkan kamera selfie pop-up sehingga tak adanya lubang sensor kamera di bagian depannya serta layar tanpa poni.

V17 Pro memiliki bentang layar 6,44 inch dan rasio layar ke bodi ponsel sebesar 91.65% sehingga membuat pandangan mata terasa luas Vivo menyebutnya ini sebagai Ultimate All Screen.

Meski ponsel memiliki dimensi 159 x 74.7 x 9.8 mm namun menggenggam ponsel ini masih terasa nyaman dan solid walau dengan satu tangan untuk mengoperasikannya pun bisa dengan ibu jari saja karena seluruh area layarnya dapat dijangkau.

review v17 proreview v17 pro Foto: detikINET/Rifkianto Nugroho


Namun dengan bobotn 202 gram dan ketebalan 9,8 mm, ponsel ini terasa cukup berat apalagi jika ditambahkan hardcase yang sudah diberikan Vivo dalam paket penjualannya. Layar V17 Pro sendiri sudah diberikan anti gores sehingga aman dari goresan-goresan jikalau disimpan di tas atau kantung celana.

Vivo V17 Pro memberikan pilihan dua warna, detikINET mencoba yang berwarna Silk White dengan gradasi warna putih dan biru muda sehingga memberikan kesan mewah dan elegan. Panel belakang Vivo V17 Pro dibalut casing kaca yang dilapisi polycarbonatea. Vivo juga memberikan anti gores pada bagian belakang itu, yang biasanya cuma diberikan pada layar depan saja.

Di bagian belakangnya, akan ditemui empat kamera utama disusun secara vertikal lengkap dengan lampu flash yang berada di tengah-tengah lensa kamera dan tulisan AI Quad Camera di bagian atas dan tulisan Vivo di bawahnya.

Namun kadang dengan penempatan kamera yang disusun secara vertikal membuat lensa kamera khususnya pada bagian paling bawah jadi cepat kotor karena terkena jari kala menggenggam ponsel ini.

Menjelajah bagian sisi kanan ponsel terdapat tombol fisik seperti tombol power dan tombol volume (-/+) , lalu di sisi kiri akan ditemui adanya tombol khusus untuk akses Google Assistant dengan sekali tekan lalu dua kali tekan mengaktifkan Jovi Image Recognizer. Sementara di sisi atas selain ada kamera pop-up di bagian kanannya terdapat lubang jack audio 3.5 mm. Beralih ke sisi bawah terdapat slot kartu SIM, port USB-C, dan lubang speaker utama.

Antarmuka Layar & FItur

Vivo V17 Pro menggunakan Funtouch 9.1 yang berjalan di atas Android 9 Pie, menawarkan resolusi layar 1080 x 2400 piksel yang mengusung teknologi Super AMOLED ketika dibawa main game seperti PUBG,Homescape, Mobile Legend V17 Pro dapat menyuguhkan grafis yang baik dan ketika menonton video Netflix ataupun YouTube dengan resolusi tinggi bisa manjakan mata dengan suguhan warna yang tajam, tingkat kecerahan bagus dan enak dipandang.

Untuk warna tone pada layar ponsel pengguna bisa memilih pengaturan tingkat kecerahan sendiri atau bisa setting secara otomatis yang menyesuaikan dengan cahaya ruangan. Ada juga menu pilihan seperti Eye Protection, Dark Mode, Auto lock, Rotation lock, Font Style, Font Size, Screen colors, hingga Low Brightness anti-flicker.

Respon layar sentuh V17 Pro sangat baik dan sangat smooth saat browsing internet ataupun media sosial. Fitur sidik jari yang dibenamkan dalam layar juga bekerja baik dan sangat cepat yang diklaim vivo dapat mengenali dalam waktu 0,39 detik.

V17 Pro memberikan deretan fitur anyar dan memudahkan pengguna dari Jovi Image Recognizer, Smart motion, Smart mirroring, Smart split, mode One-handed, S-capture, Smart Click sayangnya minum fitur NFC. Untuk fitur keamanan V17 Pro hanya memberikan sidik jari dalam layar dan kata sandi, tak ada fitur pengenalanan wajah.

Tak ketinggalan, bagi penyuka gaming V17 pro memberikan fitur Game Cube seperti picture in picture di mana saat pengguna bermain ketika ada pesan masuk, bisa membalasnya tanpa harus keluar dari game tersebut.

Performa

Spesifikasi V17 Pro dibekali cipset Snapdragon SDM 675 octa-core yang dipadukan dengan grafis Adreno 612, RAM 8 GB, dan ROM 128 GB. V17 Pro juga disokong oleh RAM 8GB dan memiliki memori internal berkapasitas 128GB dan dibekali slot memori eksternal yang bisa diekspansi hingga 256 GB.

Menjalankan banyak aplikasi sekaligus , V17 Pro tergolong cepat tanpa nge-lag dari browsing internet, berkomunikasi, akses media sosial, kemudian bermain game-game berat seperti PUBG dan Mobile Legend pun terasa kencang dan lancar jaya. Dipakai berjam-jam pun ponsel ini masih tetap dengan kondisi yang normal tanpa mengeluarkan panas berlebih.

detikINET juga mencoba menguji dengan aplikasi benchmark. Pada pengujian Antutu, Vivo V17 Pro mendapat nilai 179134.

Baterainya yang berkapasitas 4.100mAh mAh dalam pengujian kami bisa bertahan selama seharian penuh bahkan lebih untuk penggunaan normal, media sosial, chat, dan sesekali game. Namun jika dipakai terus menerus non-stop baterai tentu akan lebih cepat habis namun untuk charging tak butuh waktu lama karena V17 Pro memiliki teknologi Dual-Engine Fast Charging 18 watt membuat pengisian daya lebih cepat. Saat baterai 0% butuh waktu 20 menit untuk mencapai 30%

Kamera Pop Up

V17 Pro juga mengandalkan fitur kameranya, di belakang telah disematkan empat unit dengan teknologi AI Kecerdasan Buatan, masing-masing lensa memiliki resolusi tinggi yang utama 48 MP bukaan f/1.8, 8 MP f/2.2 (wide angle), 2 MP f/2.4 (makro), dan 2 MP f/2.4 (depth kamera).

Dengan resolusi demikian, kamera ini mampu menghasilkan kualitas gambar bagus, natural dan jernih baik di dalam ruangan ataupun luar ruangan.

Vivo V17 ProVivo V17 Pro. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Dalam kondisi minim cahaya pun V17 Pro juga mampu memberikan hasil yang bagus ini karena V17 Pro memiliki fitur night mode. Lalu untuk efek foto belakang dengan blur atau bokeh juga oke. Deretan fitur-fitur lainnya ada mode Portrait, Panorama, Food, Live Photo, Slow-Mo, Pro, AR Stickers, Jovi, HDR.

Untuk warna dari hasil kamera sendiri V17 Pro kadang membuatnya terlalu berlebihan tidak sesuai dengan objek asli, misal seperti mengaktifkan mode food atau makanan warna yang dikeluarkan cenderung lebih terang sehingga terlihat tidak natural, namun sebaliknya jika mode tersebut dimatikan hasilnya pun justru lebih bagus.

Beralih ke kamera depan, ini yang bikin menarik V17 Pro dengan dua buah kamera Pop Up sehingga total kamera yang dimiliki berjumlah enam lensa kamera. Diklaim oleh Vivo, kamera pop-up nya merupakan ponsel pertama yang mengusung teknologi tersebut dengan sudut pandang 105 derajat.

review v17 proreview v17 pro Foto: detikINET/Rifkianto Nugroho


Dicoba detikINET ketika kamera depan ini diaktifkan dalam hitungan detik akan muncul dengan efek suara yang bisa diatur oleh pengguna. Kamera dengan masing-masing resolusi 32 MP f/2.0 + 8 MP f/2.4 ini pengguna juga akan dimanjakan deretan fitur kamera depan mulai dari mode bokeh, night, wide angle, beautify, live photo, stiker, dan potret.

Berikut hasil jepretan dari kamera Vivo V17 Pro.

mode normal (atas) , wide angle (bawah) Foto: detikINET/Josinamode normal (atas) , wide angle (bawah). (Foto: detikINET/Josina)

V17 Pro, Komplit dan Kaya FiturLuar ruangan. (Foto: detikINET/Josina)

indoorDalam ruangan. (Foto: detikINET/Josina)

V17 Pro, Komplit dan Kaya FiturWarna natural buah dengan kondisi mode normal. (Foto: detikINET/Josina)

mode HDRMode HDR. (Foto: detikINET/Josina)

Vivo V17 Pro, Ponsel Mantap Buat Mobilitas TInggi (Foto: detikINET/Josina)

V17 Pro, Komplit dan Kaya FiturDengan mode food, sebelum dan setelah. (Foto: detikINET/Josina)

Vivo V17 Pro, Ponsel Mantap Buat Mobilitas TInggi Foto: detikINET/Josina

mode bokehmode bokeh. (Foto: detikINET/Josina)

Foto siang dan malam hari. Foto perbandingan siang dan malam hari. (Foto: detikINET/Josina)

foto malam di luar ruangan. foto malam di luar ruangan. (Foto: detikINET/Josina)

mode nightFoto malam dengan mode night. (Foto: detikINET/Josina)

malam indoormalam indoor. (Foto: detikINET/Josina)

Selfie normal, wide angle, bokeh & beautifyFoto selfie siang hari dnegan mode normal, wide angle, bokeh & beautify. (Foto: detikINET/Josina)

selfie malam hari normal & bokehFoto selfie malam hari mode normal & bokeh. (Foto: detikINET/Josina)

selfie berduaFoto selfie berdua. (Foto: detikINET/Josina)

Kesimpulan

Dengan spesifikasi yang dimiliki V17 Pro dari RAM besar, pengoperasian mulus tanpa lag, main game berat juga oke apalagi didukung layar lebar ditambah juga segudang fitur, ini bisa mendukung anda yang memiliki mobilitas tinggi. Terlebih ada teknologi fast charging yang sangat membantu, lalu hasil kualitas kamera pun mumpuni, baik bagian depan maupun belakang. Smartphone ini bisa diandalkan dan dipertimbangkan untuk ditimang dengan banderol Rp 5,7 juta.

Meski tentu masih ada beberapa kekurangan dari minusnya fitur NFC dan tidak adanya fitur pengenalan wajah, V17 Pro secara keseluruhan adalah paket yang memuaskan dengan desain yang enak dipandang.


Vivo V17 Pro, Ponsel Mantap Buat Mobilitas TInggi


Simak Video "Jangan Khawatir Kehabisan Gaya Pas Selfie, Vivo V17 Pro Punya Solusinya"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)