Selasa, 01 Okt 2019 18:28 WIB

Review

Samsung Galaxy A10s, Ramah di Kantong dan Jawara Selfie 'Bokeh'

Aisyah Kamaliah - detikInet
Foto: (Aisyah Kamaliah/detikINET) Foto: (Aisyah Kamaliah/detikINET)
Jakarta - Selama beberapa minggu terakhir, detikInet mencoba menggunakan Samsung Galaxy A10s dan ternyata hasilnya terbilang memuaskan.

Dari harga yang ditawarkan, hanya Rp 1,9 juta, ponsel ini menawarkan desain yang elegan dan juga ringan. Layar full screen dengan bezel tipis. Untuk ukuran ponsel murah, A10s sekilas terlihat seperti ponsel mid upper alias lumayan canggih.

Selain itu, keunggulan lainnya ponsel ini ringan dan pas di genggaman (156,9 x 75,8 x 7,8 mm). Ukuran bentang layar 6,2 inchi HD+ Infinity-V Display sehingga asyik banget untuk dipakai menonton YouTube.

1. Baterai

Baterainya pun awet dipakai karena menyimpan daya 4.000 mAh. Akan tetapi, pengisian dayanya masih cukup lama bila dibandingkan dengan ponsel lain semisal Samsung Galaxy A8 2018.

detikInet butuh sekiranya 1,5 jam lebih dari 15% untuk mengisi daya hingga terisi penuh. Tapi, dengan baterai penuh sekali charge ini bakal aman banget kalau kamu pakai seharian buat chatting, gaming, foto-foto atau nonton film.



2. Kamera

Dari segi kamera, bisa dibilang sangat memuaskan dan menonjolkan 'live generation' sesuai tagline yang dibawa A10s. Kamera terbilang halus saat dipakai berfoto. Dual camera 13+2 MP juga punya fitur efek bokeh dari fitur 'live focus'. Ada tingkatan mulai 1-10 untuk menentukan kebokehannya.

Kamera depannya berponi dengan lensa 8 MP, sudah cukup membuat kamu tampil cantik di foto, deh!

Ada juga stiker yang bisa digunakan untuk memotret sehingga terlihat lebih imut.

Samsung Galaxy A10s, Ramah di Kantong dan Jawara Selfie 'Bokeh'Foto: (Aisyah Kamaliah/detikINET)


Samsung Galaxy A10s, Ramah di Kantong dan Jawara Selfie 'Bokeh'Foto: (Aisyah Kamaliah/detikINET)


Ada juga fitur Pro di kamera jadi kamu bisa mengatur ISO sendiri. Ada juga foto panorama seperti pada smartphone Samsung lainnya.

3. Layar sensitif yang asyik buat gaming

Untuk game, detikInet mencoba memainkan permainan yang butuh ruang penyimpanan cukup besar yakni Cookie Run, game milik LINE dan Mobile Legends.

Selama bermain, layar full screen dan HD (Infinity V Display) menambah permainan jadi lebih asyik. Selain itu, layar pun sangat sensitif sehingga permainan jadi lebih menyenangkan. Gerakan juga tidak ada lag dan mulus.

Lumayan asyik buat dipakai gaming. Dipakai lama pun tidak terasa panas di tangan.

Samsung penerus A10 ini memiliki 2 GB RAM dan 32 GB ROM dan bisa di-upgrade dengan slot Micro SD hingga 512 GB.

Samsung Galaxy A10s, Ramah di Kantong dan Jawara Selfie 'Bokeh'Foto: (Aisyah Kamaliah/detikINET)

Samsung Galaxy A10s, Ramah di Kantong dan Jawara Selfie 'Bokeh'Foto: (Aisyah Kamaliah/detikINET)


4. Audio

Sayangnya ponsel ini tidak menyediakan headset dalam boks, jadi kalau mau main game seru bisa pakai headset kamu yang lama dulu, ya Ineters. Audio juga kerap terhalang jari ketika nge-game jadi harus pandai-pandai cari posisi jari supaya nggak menutupi kalau kamu main tanpa pakai headset.

Tapi diakui Samsung, audio bakalan lebih cetar karena menggunakan Dolby Atmos ketika menggunakan speaker atau bluetooth speaker, dan ternyata membuatnya memang lebih jernih.

4. Opini detikInet

Urusan sensitivitas layar, karena detikInet kerjanya ngetik melulu, screen A10s terbilang sensitif dan ngetik pun jadi anti typo.

Dari segi keamanan, fingerprint dan face recognitionnya juga patut diacungi jempol karena responnya yang cepat.

Secara keseluruhan, Samsung Galaxy A10s cocok untuk anak muda yang suka live, online, dan gaming. Cocok juga untuk para orang tua yang sekarang juga udah mulai gadgetan nih detikers karena tampilannya yang sederhana.


Samsung Galaxy A10s, Ramah di Kantong dan Jawara Selfie 'Bokeh'


Simak Video "Realme Masuk ke Jajaran 5 Ponsel Ngetop di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)