Senin, 30 Sep 2019 07:59 WIB

Review

Realme X, Paket Lengkap Harga Rp 4 Jutaan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Halaman 1 dari 5
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Realme X merupakan ponsel ke-10 yang diluncurkan oleh vendor China ini. Ada banyak hal baru yang belum pernah muncul di ponsel rilisan Realme sebelumnya.

Sebut saja fitur-fitur seperti sensor sidik jari di bawah layar, layar Super AMOLED dan kamera pop-up yang disematkan di ponsel ini. detikINET pun berkesempatan menjajal Realme X selama beberapa waktu.

Ingin tahu bagaimana kesan keseluruhan terhadap ponsel ini? Simak terus ulasan berikut.


Desain dan Antarmuka

Realme X yang bertandang ke redaksi detikINET warna Polar White. Jika dilihat sekilas tidak ada sesuatu yang spesial, karena bagian belakangnya hanya berwarna putih tanpa aksen gradasi seperti yang banyak digunakan belakangan ini.

Tapi jika terkena cahaya, muncul garis berwarna ungu kebiruan yang meliuk-liuk di bodi bagian belakang yang membuat tampilan ponsel ini menjadi semakin ciamik. Keempat sisi ponsel juga dikelilingi dengan material metal sehingga membuat desainnya terlihat lebih premium.

Realme X, Paket Lengkap Harga Rp 4 JutaanFoto: Virgina Maulita Putri/detikINET
Bicara dimensi ponsel ini berukuran 161,3mm x 76,1mm x 8,6mm - 9,4mm. Ukurannya membuat Realme X cukup enak untuk digenggam, tidak terlalu lebar maupun terlalu tinggi. Dengan bobot 191 gram juga membuat ponsel ini lebih nyaman dan aman untuk dipegang.

Beralih ke tampilan fisik. Dari depan hal yang dapat dengan mudah dikenali adalah layarnya yang penuh tanpa notch ataupun bezel yang terlalu lebar. Di bagian paling atas tersemat earpiece super tipis untuk menerima telepon.

Sisi kanan Realme X dihuni oleh tombol power dan slot untuk dual SIM, sedangkan tombol volumenya terpisah di sisi sebelah kiri. Di bagian bawah ponsel dapat ditemui USB-C yang diapit oleh headphone jack 3,5 mm di sebelah kiri dan speaker di sebelah kanan.

Realme X, Paket Lengkap Harga Rp 4 JutaanFoto: Virgina Maulita Putri/detikINET
Jika layarnya terlihat penuh tanpa notch, lantas di mana kamera depannya? Tentu saja kamera depan Realme X menggunakan mekanisme pop-up yang tersembunyi di sisi atas bagian tengah ponsel.

Beralih ke bagian belakang bodi, terdapat dua kamera belakang dan flash LED yang disusun secara vertikal dan ditempatkan di bagian tengah.

Sekarang kita bicara tentang "tampilan" dalam alias antarmuka ponsel. Realme X menggunakan sistem operasi Android 9.0 Pie yang dibalut dengan ColorOS 6.0.

ColorOS 6.0 terbilang cukup mudah untuk digunakan dan memiliki cukup banyak fitur. Misalnya navigasi menggunakan gestur, Game Space untuk mendongkrak performa ponsel saat bermain game, dan Riding Mode yang bisa mematikan notifikasi agar tidak mengganggu fokus saat sedang mengendarai motor.

Realme X, Paket Lengkap Harga Rp 4 JutaanFoto: Virgina Maulita Putri/detikINET
Selain itu ada juga panel shortcut di sisi kanan atas layar yang bisa membantu kalian mengakses aplikasi atau tools lainnya dengan lebih cepat di mana saja. Realme X juga memiliki app drawer yang bisa mengatur susunan aplikasi menjadi lebih rapi.

ColorOS 6.0 juga dilengkapi dengan Smart Assistant yang bisa diakses dengan cara swipe ke kanan dari menu utama. Asisten pintar ini merupakan antarmuka yang menampilkan semua informasi harian kalian dalam satu layar seperti cuaca, kalender, penghitung langkah, kontak favorit dan lain-lain.


Selain aplikasi bawaan dari Google dan tools-tools dasar, Realme menyematkan cukup banyak aplikasi pra-instal yang untungnya bisa di-uninstall jika tidak diinginkan. Selain itu ada juga aplikasi bawaan seperti Realme Community, App Market dan Theme Store. (vmp/afr)