Senin, 05 Agu 2019 07:46 WIB

Review

vivo S1: Desain dan Layar Menawan, Harga Rp 3 Jutaan

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Halaman 1 dari 5
Foto: detikINET/Muhamad Imron Rosyadi Foto: detikINET/Muhamad Imron Rosyadi
Jakarta - vivo S1 belum lama resmi hadir di Indonesia. Itu merupakan bagian dari seri ponsel terbaru mereka yakni Series S. Sekadar informasi, mereka pertama kali meluncurkan ponsel tersebut di Tanah Air sebelum memboyongnya ke pasar global.

Ada beberapa hal yang patut diamati dari vivo S1 ini. Beberapa di antaranya adalah tiga kamera di bagian belakang serta kualitas layar Super AMOLED yang dimilikinya.


detikINET berkesempatan untuk menjajalnya selang beberapa waktu. Lantas, seperti apa pengalaman menggunakan ponsel yang diklaim vivo memiliki seluruh inovasi dari vendor tersebut di dalamnya? Berikut ulasan lengkapnya.

Desain Menawan

Menawan. Kata tersebut cocok untuk menggambarkan desain dari vivo S1. Hal tersebut tak lepas dari gradasi warna pada bagian belakang ponsel ini. Kebetulan, detikINET mendapat versi warna Cosmic Green.

Perpaduan warna antara hijau dan biru keunguan yang proporsional sukses berpadu dengan material glasstic (glass plastic) yang digunakan di bagian belakang. Selain itu, terdapat efek pantulan ketika ia terpapar cahaya. Walau masih menggunakan bahan glasstic, sidik jari yang tertinggal tidak terlalu kelihatan.
vivo S1: Desain dan Layar Menawan, Harga Rp 3 JutaanFoto: detikINET/Muhamad Imron Rosyadi
Pada bagian samping, metal jadi bahan yang dipilih. Dengan bobot 179 gram, ponsel ini terasa cukup berat pada genggaman pertama. Selain itu, bodi ponsel ini juga cukup tebal (8,13mm). Meski begitu, tangan menjadi terbiasa setelah terus menggunakannya.

Secara keseluruhan, ia pas dalam genggaman dan tidak licin sehingga nyaman digunakan dalam waktu lama, baik menggunakan satu atau dua tangan. Hal yang sama juga berlaku ketika ponsel ini dipasangkan casing tambahan.

Ada waterdrop notch di bagian atas layar ponsel ini, dengan ketiadaan fitur penghilang notch pada bagian pengaturan. Di atas notch tersebut, ada speaker yang cukup panjang sehingga memberikan kemudahan dalam mendengar ketika sedang menelepon. Bezel-nya sudah cukup tipis, baik itu di atas, samping, maupun bawah.


Satu yang cukup disayangkan, vivo S1 masih menggunakan microUSB, ketika USB Type-C sudah mulai menjamur di ponsel-ponsel kelas menengah. Mengapit port tersebut, ada jack audio 3.5mm dan speaker di bagian bawah.

Tombol volume dan power ada di sisi sebelah kiri. Slot dual-SIM dan microSD terdapat di sisi kanan, ditemani dengan tombol khusus untuk mengakses Google Assistant. Sedangkan di belakang terdapat tiga kamera, flash LED, dan tulisan "vivo" sebagai pelengkap.

Halaman Selanjutnya: Kualitas Layar dan Audio (mon/afr)