Sabtu, 13 Jul 2019 21:14 WIB

Review

Nokia 4.2: Harga Rp 2 Jutaan, Ada NFC & Tombol Google Assistant

Josina - detikInet
Nokia 4.2 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Nokia 4.2 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -
Pada bulan lalu HMD Global memboyong Nokia 4.2 ke Indonesia, smartphone ini menawarkan fitur menarik dari tombol khusus Google Assistant, Face unlock hingga NFC. Harga Nokia 4.2 ini pun cukup menggoda di kisaran Rp 2 juta.

Lantas bagaimana dengan performa Nokia 4.2 itu sendiri? Simak review Nokia 4.2 dari detikINET berikut ini.

Desain

Meski ditawarkan dengan harga 2 jutaan namun fisik ponsel ini memberikan kesan mewah, kokoh, dan elegan bagi pengguna karena ponsel ini berbalut material kaca dengan lekukan 2.5D dan metal ringan di bagian dalam dan frame dengan bahan polikarbonat berlapis satin. Oya, unit review kami punya kelir hitam.

Di bagian belakangnya akan ditemui dua kamera utama yang disusun secara vertikal lengkap dengan lampu flash dan di bawah lampu flash terdapat bagian sidik jari. Bagian sidik jari pada ponsel ini terbilang sangat cepat untuk merespons/mengenali sidik jari pengguna.

Nokia 4.2Nokia 4.2 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Untuk tombol fisiknya, di bagian sisi kanan terdapat 2 tombol. Yang pertama adalah untuk mengatur suara alias volume dan tombol kedua terletak di bawahnya. Ini adalah salah satu daya jual ponsel Nokia 4.2, karena itu merupakan tombol khusus Google Asisstant, layanan asisten virtual Google.

Sayangnya, ketika pengguna merasa tak butuh tombol khusus tersebut, tidak ada fungsi pengganti yang bisa diaktifkan. Artinya ini memang benar-benar tombol khusus untuk fitur Google Asisstant. Sehingga kehadiran tombol itu akan menjadi sia-sia jika tak digunakan.

Nokia 4.2Nokia 4.2 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET


Beralih di sisi kiri terdapat slot untuk memasukkan dua kartu sim dan kartu MicroSD yang dapat menampung ketiganya sekaligus. Lalu di sisi atas terdapat jack audio untuk menghubungkan earphone dan di sisi bawahnya ada slot charging USB dan speaker.
Layar & Antarmuka

Mengikuti tren kekinian, Nokia 4.2 turut mengusung konsep Inifinity-U yakni layar penuh berbezel tipis dengan tampilan notch atau poninya berbentuk huruf U.

Dengan bentuknya yang mungil, Nokia 4.2 hadir dengan bentang layar 5,7 inch dan rasio lebar 19:9, sehingga menggenggam ponsel ini terasa nyaman, praktis dan ringan bobotnya dengan ketebalan 8,4 mm. Mengoperasikannya pun bisa dengan satu tangan saja karena seluruh area layarnya dapat dijangkau dengan ibu jari saja.

Untuk tone warna pada layar Nokia 4.2 pengguna akan diberikan pilihan untuk menentukan temperatur warna yang telah disediakan sehingga pengguna bisa menentukan tingkat warna yang dikiranya enak dipandang mata.

Nokia 4.2Nokia 4.2 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Dengan resolusi 720p untuk menonton streaming YouTube ataupun bermain game masih terlihat tajam. Bahkan dengan settingan brightness yang maksimal pengoperasian di bawah terik matahari masih bisa terlihat.

Nilai jual pada ponsel ini karena menggunakan Android One yang merupakan sistem operasi Android dari Google untuk beberapa brand smartphone yang mendapatkan jaminan update sofware selama 2 tahun ke depan.

Interface Nokia 4.2 menggunakan Android Stock atau android murni di mana terlihat sederhana dan bersih tanpa adanya aplikasi bawaan seperti smartphone Android pada umumnya. Nokia 4.2 ini hanya membawa aplikasi-aplikasi milik Android seperti Chrome, Google Photos, Google Play dan lain-lain.Nokia 4.2 sudah menjalankan sistem operasi Android 9 Pie.
Performa & Fitur

Spesifikasi Nokia 4.3 diotaki dengan Qualcom Snapdragon 439. Meski snapdragon seri 400 ini identik dengan kelas low-end namun jika ditelisik lagi spesifikasi dari CPU ini memiliki prosesor octa-core berkecepatan (clock speed) maksimal 2.0 GHz sehingga bisa memberikan performa yang mumpuni.

Snapdragon 439 juga sudah mengadopsi fabrikasi yang lebih modern, 12nm, dibanding Snapdragon 625 (14nm) yang memberikan dampak efisiensi daya dan performa yang lebih baik.

Selama hampir dua minggu lebih detikINET menggunakan ponsel ini, semua aplikasi yang dibuka seperti Youtube, Instagram, Facebook, WhatsApp serta aplikasi lainnya berjalan dengan baik. Digunakan bermain game seperti PUBG dan Mobile Legend pun oke. Untuk hasil kualitas audio yang dihasilkan ponsel ini pun tidak istimewa tapi masih dapat diterima.
Untuk daya tahan baterai, Nokia 4.2 didukung dengan fitur Adaptive Battery yang merupakan teknologi AI untuk mempelajari pola kebiasaan pengguna dalam menjalankan aplikasi. Dari hal tersebut peran AI akan memroses aplikasi apa saja yang sering digunakan sehingga sistem akan membiarkan aplikasi terus berjalan dan untuk yang jarang dipakai sistem akan mematikan guna menghemat daya baterai.

Nokia 4.2 sendiri dibekali baterai dengan kapasitas 3.000mAh. Tetapi ponsel ini belum fast charging jadi butuh waktu sekitar 4-5 jam untuk mengisi dayanya hingga baterai terisi penuh.
Spesifikasi Nokia 4.2 lain yang cukup patut diapresiasi adalah kehadiran fitur NFC. Cukup "meriah" mengingat banderol harga ponsel tersebut.

Kamera Ganda & Live Focus


Masuk di kelas entry-level, hasil kamera Nokia 4.2 tidak istimewa walaupun juga tidak terlalu mengecewakan. Terlebih ada kemampuan kamera ganda serta adanya fitur live focus sehingga memungkinkan pengguna untuk mendapatkan hasil foto bokeh.

Kala detikINET coba fitur Live Bokeh, hasilnya cukup bagus. Tetapi butuh jeda waktu yang agak lama bagi kamera untuk fokus pada objek tersebut. Kemudian untuk pengambilan gambar dalam kondisi terang kamera ini mampu menghasilkan gambar yang lumayan baik dan memberikan warna yang cukup natural.

Nokia 4.2Nokia 4.2 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Untuk pengambilan foto di malam hari, gambar yang dihasilkan pun cukup baik terlebih jika kondisi tersebut dalam keadaan banyak lampu. Namun jika minim cahaya bisa menggunakan lampu flash meski hasilnya sangat kurang.

Selain itu ada juga fiturlow-light HDR yang diklaim bisa mengambil berbagai foto secara simultan dan menggabungkannya menggunakan teknologi algoritma. Kamera ganda Nokia 4.2 masing-masing memiliki resolusi berukuran 13MP dan kamera keduanya 2MP. Lalu ada juga tiga tiga mode utama lain seperti Pro, Photo Video, Time Lapse, Panorama dan Google Lens.

Berikut hasil jepretan dari Nokia. 4.2


Hasil kamera Nokia 4.2Hasil kamera Nokia 4.2 Foto: detikINET/Josina

Hasil kamera nokia 4.2Hasil kamera nokia 4.2 Foto: detikINET/Josina

Hasil kamera Nokia 4.2Hasil kamera Nokia 4.2 Foto: detikINET/Josina

Hasil kamera Nokia 4.2Hasil kamera Nokia 4.2 Foto: detikINET/Josina

Hasil kamera Nokia 4.2.Hasil kamera Nokia 4.2. Foto: detikINET/Josina

Hasil kamera Nokia 4.2Hasil kamera Nokia 4.2 Foto: detikINET/Josina

Hasil kamera Nokia 4.2Hasil kamera Nokia 4.2 Foto: detikINET/Josina


Kesimpulan

Harga Nokia 4.2 adalah Rp 2.049.000 sehingga tepat buat membidik segmen mid-low. Meski dijual dengan harga relatif murah, tetapi desain serta spesifikasi yang ditawarkan masih layak dipertimbangkan karena ponsel ini mengikuti tren kekinian yang mengusung layar penuh serta notch.

Kelebihan pada ponsel ini memiliki fitur-fitur yang mumpuni seperti NFC, Face Unlock, dan hadirnya tombol khusus untuk menggunakan Google Assistant. Dengan harga 2 jutaan, ponsel ini juga masih mampu memainkan game-game populer seperti PUBG dan Mobile Legend.

Secara keseluruhan Nokia 4.2 patut dicoba bagi yang mau menjajal ponsel kekinian dengan harga terjangkau.

(jsn/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed