Jumat, 14 Jun 2019 11:06 WIB

Hands On

Oppo Reno 10x Zoom, Istimewa dalam Desain dan Kamera

Fino Yurio Kristo - detikInet
Oppo Reno 10x zoom punya desain dan kamera istimewa. (Foto: detikINET/Fino Yurio Kristo) Oppo Reno 10x zoom punya desain dan kamera istimewa. (Foto: detikINET/Fino Yurio Kristo)
Jakarta - Reno 10x Zoom menjadi pembuktian terkini dari Oppo. Sasaran inovasi teknologinya adalah sektor kamera yang bisa dikatakan istimewa. Berikut sekilas pengalaman menjajalnya.

Layarnya sangat lapang, disebut Oppo sebagai panoramic screen. Rasio bodi dan layar tembus 93,1% sehingga lega buat melihat konten ataupun main game.

Selain bezel tipis, layar luas itu dicapai berkat sistem kamera pop up yang menghilangkan notch. Malah speaker bagian atas pun tidak ada, disertakan tersembunyi di sebelah dalam, di samping kamera pop up tersebut.

Oppo Reno 10x Zoom, Istimewa dalam Desain dan KameraFoto: Fino Yurio Kristo/detikINET

Seluas 6,6 inch dan berjenis Amoled, kejernihan layarnya memuaskan. Dan meskipun terlihat besar, handset ini tetap nyaman dalam genggaman, tidak membuat telapak tangan terasa penuh.

Bagian belakangnya terlihat mengesankan, di mana unit yang dipegang detikINET versi warna Ocean Green. Tak seperti umumnya banyak vendor menampilkan gradasi berkilauan, Oppo menerapkan semacam warna doff sehingga tampak premium. Gradasinya lebih enak dipandang.




Berjajar vertikal di bagian tengah adalah tiga kamera dan garis panjang di bawahnya dengan tulisan 'designed by Oppo' serta tonjolan keramik kecil berjuluk O Dot. Yang mengesankan lagi, kameranya benar benar sejajar dengan casing, tidak ada tonjolan.

Oh ya sekadar catatan, Oppo Reno 10x Zoom ini sudah tidak memiliki colokan headset standar 3,5 mm.

Oppo Reno mengusung sistem operasi Android 9 dengan user interface ColorOS. Karena tidak ada tombol operasional, menjelajah ponsel ini adalah dengan cara menggeser-gesernya.

Oppo Reno 10x Zoom, Istimewa dalam Desain dan KameraFoto: detikINET/Fino Yurio Kristo

Prosesor Snapdragon 855 membuat performa Reno 10x Zoom gegas. Apalagi yang dicoba ini adalah versi tertinggi dengan RAM 8 GB serta memori internal 256 GB.

Tentu yang bikin penasaran adalah kameranya yang memang jadi highlight. Fitur yang digembar gemborkan yaitu zoom sampai 10 kali dengan kualitas yang memadai.

Klaim itu tidak berlebihan saat dicoba. Bangunan atau huruf yang lokasinya jauh dan dijepret sampai pembesaran 10 kali mampu menghasilkan warna akurat dan detail. Saat malam, zoom 10 kali Oppo Reno masih cukup konsisten meringkus foto lumayan baik.




Kamera depan pun cepat muncul saat tombolnya diakses dan cepat kembali 'ngumpet' begitu tidak diaktifkan. Oppo menyebut kamera depan gaya sirip hiu itu bisa muncul tenggelam sampai sekitar 200 ribu kali tanpa kendala.

Untuk menunjang operasionalnya, Reno 10x Zoom dibekali baterai cukup besar, 4.065 mAh yang seharusnya bisa menjalani waktu seharian atau lebih. Disertakan pula teknologi isi ulang cepat Vooc 3.0.

Oppo Reno 10x Zoom, Istimewa dalam Desain dan KameraFoto: Fino Yurio Kristo/detikINET

Penampilan ganteng, jeroan gahar dan kamera yang bisa dikatakan luar biasa mungkin adalah nilai lebih Oppo Reno 10x Zoom. Lengkap pula dengan desain kamera depan ala sirip hiu yang unik.

Mungkin jika harus menyebut kekurangan adalah tiadanya headphone jack yang masih merepotkan sebagian orang dan harga yang berpotensi mahal. Bagaimanapun, kesan pertama Oppo Reno 10x Zoom menghasilkan aura positif.




(fyk/krs)