Kamis, 11 Apr 2019 16:25 WIB

Hands-on

Galaxy A80 Menggoda Lewat Kamera Unik dan Spek Gaming

Firdaus Anwar - detikInet
Foto: Firdaus Anwar/detikinet Foto: Firdaus Anwar/detikinet
Bangkok - Dalam acara A Galaxy Experience di Bangkok, Thailand, Rabu (10/04/2019), Samsung memperkenalkan ponsel barunya Galaxy A80. Ponsel ini dirancang khusus untuk orang-orang yang hidup di "Era of Live" di mana setiap saat selalu siap untuk merekam video dan membagikannya di Internet.

detikINET berkesempatan menggenggam langsung Galaxy A80 di Bangkok tak lama usai diumumkan. Ponsel yang dijajal kebetulan berwarna putih atau yang disebut Ghost White.




Dari segi penampilan Galaxy A80 dalam kondisi normal ukurannya tidak berbeda jauh dengan Galaxy A70, hanya terasa sedikit lebih berat. Selain itu layar 6,7 inch Galaxy A80 tampil full screen dengan teknologi AMOLED tanpa ada notch.

Di bagian atas Galaxy A80 juga tidak ada lagi speaker yang biasanya menghasilkan suara saat panggilan masuk. Speaker atas kini sudah menjadi satu bagian di dalam badan ponsel yang akan bergetar untuk menghasilkan suara.

Galaxy A80 Menggoda Lewat Kamera Unik & Spek GamingFoto: Firdaus Anwar/detikinet

Hal yang paling mencolok dari Galaxy A80 adalah teknologi rotating kameranya. Ketika aplikasi kamera pertama kali dijalankan pengguna bisa mendapatkan tiga kamera belakang dengan ukuran 48 MP (f/2.0), kamera ultra wide angle 8 MP (f/2.2), dan kamera 3D Depth siap mengambil gambar. Tekan tombol kamera depan maka bagian belakang ponsel akan timbul dan kamera yang tadinya di belakang berputar menjadi kamera depan.

Bodi ponsel yang terbuat dari kaca ini mungkin akan terlihat sedikit mengembang ketika kamera belakang timbul ke depan. Namun demikian, bagian yang bergerak pada rotasi kamera Galaxy A80 cukup kokoh.

Galaxy A80 Menggoda Lewat Kamera Unik & Spek GamingFoto: Firdaus Anwar/detikinet

Bila ponsel mendeteksi ada sedikit saja hambatan saat akan mengeluarkan kamera depan, maka aplikasi akan menutup otomatis dan kembali ke home screen sebagai fungsi pengamannya.

Kamera Galaxy A80 sendiri dilengkapi teknologi yang mirip seperti pada Galaxy S10, seperti Scene Optimizer yang bisa memperkaya gambar, Flaw Detection yang bisa mengidentifikasi kecacatan gambar, hingga Live Focus untuk menghasilkan video yang lebih profesional.

Ponsel ini tidak memiliki slot microSD, tapi memori internal ponsel ini sudah cukup lapang, yakni 128 GB. Untuk baterainya berkapasitas 3.700 mAh dengan fitur Super Fast Charging 25W.

Galaxy A80 Menggoda Lewat Kamera Unik & Spek GamingFoto: Firdaus Anwar/detikinet

Dapur pacu Galaxy A80 mengandalkan prosesor Snapdragon 730G dan RAM 8 GB. Untuk diketahui Snapdragon 730G dirilis Qualcomm beberapa jam sebelum Galaxy A80 ini diumumkan.

Chipset ini memiliki delapan inti dengan pabrikasi 8 nm. Spesifikasi yang sama dengan Snapdragon 730. Bedanya ini merupakan prosesor yang dibuat khusus untuk ponsel gaming dan performanya 15% lebih kencang dibandingkan saudaranya itu.




Di atas kertas, perpaduan yang disodorkan Samsung bakal menghadirkan kinerja yang gesit, termasuk saat bermain game. Tapi perlu pengujian lebih lanjut untuk menilai bagaimana kinerja ponsel ini sesungguhnya. Termasuk pula soal ketahanan baterai, hasil foto dan videonya.

Semua itu akan detikINET bahas di artikel review mendatang. Tapi sejauh ini Galaxy A80 sudah cukup menggoda.

Galaxy A80 Menggoda Lewat Kamera Unik & Spek GamingFoto: Samsung
(fds/afr)