Kamis, 28 Feb 2019 18:45 WIB

Review Produk

Review Samsung Galaxy M20, Baterai dan Layar Jadi Kekuatan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Bagaimana review Samsung Galaxy M20? Foto: Fino/detikinet Bagaimana review Samsung Galaxy M20? Foto: Fino/detikinet
Jakarta - Kelahiran Galaxy M20 menjadi pembuktian Samsung bahwa mereka masih cukup gesit di tengah serbuan ponsel pesaing. Tentu saja yang dimaksud adalah deretan ponsel buatan vendor asal China yang banyak menawarkan produk harga miring dikombinasikan spek menggoda.

Produk pesaing itu terutama membanjiri pasar kelas menengah dan ternyata tak sedikit diminati orang. Perlahan-lahan tergerus, Samsung mendadak mengeluarkan seri Galaxy M, ponsel menengah mereka yang berbeda. Ponsel yang banyak dinilai khusus dibuat Samsung demi menangkal para rival.




Desain

Galaxy M20 desainnya memang tidak benar-benar baru, tapi berubah dari pakem vendor asal Korea Selatan itu selama ini. Ia termasuk ponsel perdana Samsung yang mengusung notch, sebutannya kata mereka Infinity U.

Sekilas, Galaxy M20 mirip dengan deretan ponsel vendor China dengan wujud sejenis yang sudah banyak bermunculan. Tapi mungkin bagi Samsung, terlambat mengikuti tren lebih baik dibanding tidak sama sekali.
Galaxy M20, Ponsel Samsung yang BedaFoto: Fino/detikinet

Dengan sedikit tonjolan notch, layarnya pun tampak penuh. Bezelnya cukup tipis walau di bagian bawah berbeda sendiri, agak tebal. Pada bagian belakang, akan dijumpai dua kamera vertikal di sudut kiri atas, ditambah lampu flash di bawah. Pemindai sidik jari diletakkan di tengahnya.

Di sisi kiri, pengguna akan menjumpai slot untuk memasukkan dua kartu SIM dan kartu microSD, dapat menampung ketiganya sekaligus. Lantas di sebelah kanan seperti biasa, ada tombol volume dan di bawahnya tombol power. Di bawah, ada speaker, colokan earphone standar serta port USB Type C.
Galaxy M20, Ponsel Samsung yang BedaFoto: Fino/detikinet

Dengan ukuran layar 6,3 inch, Galaxy M20 lumayan besar. Tapi ia mantap digenggam dan ternyata terasa kompak. Mungkin karena terbantu bahan pembuatannya yang dari plastik polycarbonate sehingga tidak licin. Ya mungkin untuk menekan ongkos, Galaxy M20 sepenuhnya terbuat dari plastik.

Secara umum, wujud Galaxy M20 tidak terlihat murahan serta kokoh, walau juga tak bisa dibilang istimewa. Cukup baik dan merupakan desain standar di kelasnya. Ada catatan sayangnya, bodi maupun layar ponsel ini rentan tergores. Jadi siapkan casing dan pelindung layarnya.




Layar

Layar 6,3 inch resolusi 1.080 x 2.340 pixel dengan kepadatan pixel 409 ppi serta rasio 19,5:9 di Galaxy M20 memakai panel LPS (Panel to Line Switching) TFT. PLS diklaim sebagai penyempurnaan teknologi IPS (In Panel Switching) ala Samsung dengan brightness 10% lebih baik.

Bisa dikatakan, layar adalah salah satu kekuatan Galaxy M20 dan mampu bersaing atau bahkan melebihi ponsel di segmennya. Selain lega untuk melihat konten, warna yang ditampilkan kaya dan hidup. Cukup tajam, cukup cemerlang.
Galaxy M20, Ponsel Samsung yang BedaFoto: Fino/detikinet

Tampilan notch yang kecil membuat layar M20 tampak amat lebar. Ideal untuk main game atau nonton video karena seperti disebutkan tadi, kualitas layarnya tidak kacangan.

User interface di M20 dibuat sama dengan tampilan di ponsel high end Samsung. App drawer dapat diakses dengan swipe ke atas di layar utama. Tapi disediakan pilihan untuk menampilkan semua aplikasi di Homescreen pada menu Pengaturan-> Tampilan-> Layar Depan-> Tata Letak Layar Depan.

Kustomisasi mudah dilakukan. Setting home screen misalnya, menyediakan pengaturan layout, jumlah ikon, sampai tampilan notifikasi di aplikasi, apakah cukup tanda lingkaran atau angka.
Galaxy M20, Ponsel Samsung yang BedaFoto: Fino/detikinet

Salah satu fitur menariknya misalnya fitur dual messenger, yang memungkinkan pengguna mengkloning aplikasi seperti WhatsApp dan menggunakan akun berbeda di perangkat yang sama. Bukan hal baru, tapi nice to have.

Sayangnya, Galaxy M20 masih menjalankan Android 8.1 Oreo, bukan yang terbaru yaitu Android Pie. Padahal banyak ponsel kelas menengah yang sudah langsung mengusung Pie sejak keluar dari kemasan. Namun, Samsung menjanjikan handset ini bakal kebagian Pie.




Spesifikasi dan Performa

Galaxy M20 adalah ponsel Samsung pertama yang menggunakan prosesor Exynos 7904 octa core. Versi di Indonesia dipadukan dengan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB yang dapat diekspansi.

Jika hanya dipakai untuk menggunakan aplikasi semacam Facebook, WhatsApp, atau media sosial lain, ponsel ini dapat menanganinya tanpa kendala. Multitasking pun mulus, meski kadang ada gejala lambat kalau sudah terlalu banyak aplikasi dibuka, misalnya 10.
Galaxy M20, Ponsel Samsung yang BedaHasil benchmarkAnTuTu. Foto: istimewa

Ponsel menengah zaman sekarang memang sudah maksimal untuk pengoperasian sehari-hari. Galaxy M20 pun lebih dari cukup untuk itu. Baru jika niat pengguna adalah untuk main game berat, di situlah performa ponsel diuji.

Salah satu yang kerap digunakan untuk menjajal keandalan smartphone adalah game populer dan menyita tenaga semacam PUBG. Handset ini dapat memainkannya di pengaturan tinggi, meski lantas terasa adanya lag sehingga kurang mulus. Agar main lebih maksimal, maka perlu untuk menurunkan setting.
Galaxy M20, Ponsel Samsung yang BedaFoto: Fino/detikinet

Beralih ke baterai yang menjadi salah satu keunggulan utama Galaxy M20. Kapasitasnya besar, 5.000 mAh yang lebih tinggi dibanding beberapa smartphone di segmennya.

Dipakai untuk pemakaian normal, ponsel ini bisa bertahan sampai hari kedua. Samsung memang fokus di sektor baterai untuk Galaxy M20, buktinya sudah ada fitur isi ulang cepat serta USB Type C. Untuk mengisi daya sampai penuh, hanya dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam.

Kamera

Kamera ganda Galaxy M20 masing-masing resolusinya 13 megapixel aperture f/1.9 dengan tambahan 5 megapixel bukaan f/2.2. Sedangkan kamera depan 8 megapixel. Seandainya kameranya berkualitas di semua kondisi, Galaxy M20 bisa dikatakann mendekati sempurna untuk ukuran ponsel kelas menengah.

Jika cahaya cukup atau di luar ruangan, Galaxy M20 tidak kesulitan menjepret foto yang memadai bahkan seringkali impresif. Warna yang dihasilkannya natural walau memang jika diamati seksama atau diperbesar, kurang mendetail meringkus obyek.

Barulah saat kondisi cahaya rendah, M20 agak kesulitan meskipun juga tidak bisa dikatakan buruk. Kadang foto yang dijepret kabur, kadang lumayan. Disayangkan pula, Samsung juga tak menyertakan mode malam di handset ini.

Ada beberapa mode foto yang dapat diakses di bagian atas interface kamera dengan mudah. Yaitu Panorama, Pro, Beauty,Live Focus, Auto, Stickers dan Continous Shot. Live Focus untuk menghasilkan efek bokeh bekerja dengan baik.

Untuk kamera depan, asalkan dalam kondisi cahaya terang, hasilnya lumayan. Tapi kalau sudah redup sekelilingnya, pengguna tak dapat mengharapkan hasil yang impresif. Memang ada bantuan layar sebagai lampu flash, tapi tak cukup membantu.

Berikut beberapa hasil kameranya.

Galaxy M20, Ponsel Samsung yang BedaEfek bokeh. Foto: fyk

Galaxy M20, Ponsel Samsung yang BedaSiang hari. Foto: fyk

Galaxy M20, Ponsel Samsung yang BedaMalam hari cahaya sangat kurang. Foto: fyk
Galaxy M20, Ponsel Samsung yang BedaDalam ruangan. Foto: fyk
Galaxy M20, Ponsel Samsung yang BedaUltra wide. Foto: fyk

Kesimpulan

Galaxy M20 telah dipasarkan di Indonesia seharga Rp 2,7 juta. Untuk kelas menengah, melihat spesifikasinya dan mempertimbangkan Samsung masih punya nama besar, smartphone ini menjadi pilihan yang patut diperhitungkan.

Kekuatan utamanya di layar yang lebar dan jernih serta tentu baterai tahan lama didukung isi ulang cepat. Desainnya pun telah ikut tren terkini. Ada pula beragam fitur termasuk pemindai sidik jari dan pemindai wajah. Hal itu menegaskan Galaxy M20 memang beda dari ponsel Samsung menengah yang keluar sebelumnya.
Galaxy M20, Ponsel Samsung yang BedaFoto: Fino/detikinet

Tentu ada beberapa kompromi. Misalnya bodinya sepenuhnya dari plastik dan tidak tahan air, serta kameranya mungkin masih bisa ditingkatkan kualitasnya. Tapi secara keseluruhan, Galaxy M20 membuktikan Samsung mulai serius menebar ancaman besar pada lawan di kelas menengah.

(fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed