Kamis, 07 Feb 2019 06:59 WIB

Review

Mi 8 Lite: Padukan Kinerja dan Harga yang Oke

Adi Fida Rahman - detikInet
Halaman 1 dari 5
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Seri Mi menempati tahta paling tinggi di jajaran ponsel Xiaomi. Hadir dengan tampilan premium dipadu spek yang mumpuni. Kombinasi ini membuat seri Mi dibanderol lumayan tinggi, tapi tetap di bawah harga ponsel flagship lainnya dengan spek serupa.

Namun yang menarik saat Xiaomi merilis Mi 8. Tidak hanya merilis versi terjangkau, yakni Mi 8 SE, mereka juga membesut varian termurahnya. Mi 8 Lite, demikian nama ponsel tersebut.


Entah apa yang menjadi alasan Xiaomi merilis ponsel ini. Sebab perbedaan harga antara Mi 8 SE dan Mi 8 Lite tidak begitu mencolok. Bisa jadi, perusahaan besutan Lei Jun itu ingin agar Mi Fans pengguna Redmi, dapat meng-upgrade ponselnya ke seri Mi.

Agar dapat merasakan cita rasa premium tanpa membuat dompet kaget, maka dibuatlah Mi 8 Lite. Harga ponsel ini Rp 3,7 juta, tidak terlampau jauh dari seri Redmi tertinggi.

Hanya saja apakah patut dilirik? Nah detikINET telah menjajal Mi 8 Lite selama beberapa pekan. Berikut ulasan singkat pengalaman selama menggunakan ponsel tersebut untuk dijadikan pertimbangan membeli Mi 8 Lite.

Desain Premium

Mi 8 Lite: Padukan Kinerja dan Harga yang OkeFoto: Adi Fida Rahman/detikINET


Xiaomi merilis dua varian warna Mi 8 Lite, ada midnight black dan aurora blue. Varian terakhir ini yang menyambangi detikINET. Hadir dengan tampilan kekinian berkat gradasi warna di bagian belakang. Perpadu dengan lapisan kaca memberi kesan premium pada ponsel ini.

Penggunaan material kaca memang membuat ponsel ini terasa licin kala digenggam tangan, belum lagi noda sidik jari. Tapi Xiaomi memberikan solusi praktis, mereka memberikan silicon case untuk mengatasi masalah tadi dan melindungi Mi 8 Lite dari goresan.

Di bagian belakang, Xiaomi menempatkan tombol sidik jari yang posisinya cukup mudah dijangkau jari. Begitu pula keberadaan tombol fisik yang ditempatkan di sisi kanan bodi.


Untuk ponsel dengan layar berukuran 6,26 inch, bodi Mi 8 Lite terasa lebih lebar ketimbang perangkat yang punya bentangan sama. Ya walaupun dimensinya tetap nyaman di tangan.

Xiaomi menempatkan slot SIM card hybrid di sisi kanan. Di bagian bawah terdapat lubang speaker dan USB type C. Paling disayangkan ponsel ini tidak memiliki port jack audio 3,5 mm. Walaupun perusahaan besutan Lei Jun itu memberikan converter USB Type C ke jack audio 3,5 mm dalam paket penjualannya. (afr/fyk)