Senin, 24 Des 2018 22:30 WIB

Review

Realme Buds, Earphone Nge-bass Harga Rp 80 Ribuan

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET
Jakarta - Belum lama ini, Realme telah meluncurkan ponsel anyarnya bernama Realme U1. Berbarengan dengan kemunculan smartphone selfie tersebut di Indonesia, terselip satu aksesori yang juga diperkenalkan.

Adalah earphone bernama Realme Buds yang dimaksud. Salah satu daya tarik utamanya adalah, harganya cuma Rp 89 ribu. Walau begitu, ternyata in-ear earphone ini tak cuma bermodal harga murah.


detikINET berkesempatan untuk menjajalnya selama sepekan. Suara yang dihasilkannya bisa dibilang istimewa untuk banderol di bawah Rp 100 ribu.

Saat diluncurkan, Realme Buds diklaim memiliki suara bass yang lebih kencang hingga 160%. Untuk itu, lagu-lagu genre hip-hop harus coba didengarkan menggunakan earphone ini.

Benar saja, Humble milik Kendrick Lamar sampai Glow Like Dat yang dibawakan Rich Brian terasa 'nendang' di kuping. Bass yang dihasilkannya juga jernih saat lagu electronic dance music (EDM) dimainkan, seperti Alone dari Marshmello hingga Cuba punya Calvin Harris.

Realme Buds, Earphone Nge-bass Harga Rp 80 RibuanTerdapat magnet yang membuat bodi earphone ini bisa saling menempel. Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET


Beberapa judul lain yang menonjolkan bass dari Realme Buds adalah Another One Bites the Dust (Queen), Mardy Bum (Arctic Monkeys), dan The Less I Know the Better (Tame Impala).

Satu lagi nilai plus dari earphone ini adalah adanya magnet yang ditanam di dalamnya. Hal ini membuatnya tidak terlalu merepotkan untuk dibereskan ketika dikeluarkan dari saku atau kantung tas.

Untuk materialnya, ada dua jenis bahan yang digunakan oleh Realme Buds. Pertama tentunya karet yang digunakan pada dua kabel penghubung buds dari perangkat ini.

Sedangkan satunya lagi adalah kevlar yang melapisi dari belakang jack audio sampai kabel earphone ini terbagi dua. Material kevlar yang digunakan pun cukup kuat sehingga bisa memperpanjang umur earphone.

Realme Buds, Earphone Nge-bass Harga Rp 80 RibuanCukup nyaman saat dipasang di telinga. Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET

Jika bicara buds-nya, karet yang digunakannya cukup nyaman di telinga. Jika ukurannya terasa kurang pas, ada dua pasang alternative dengan ukuran berbeda di dalam paket Realme Buds ini.

Selain itu, bentuknya juga tidak lurus saja, tapi sedikit miring sehingga lebih sesuai dengan lubang telinga. Hal ini penting karena jika Realme Buds tidak terpasang dengan benar, suaranya akan sangat terasa bedanya.

Satu nilai minus dari earphone ini datang dari tombol remote. Hal ini karena tombol volume dengan tombol fungsi yang berada di tengah keduanya terasa berbeda ketika ditekan.

Realme Buds, Earphone Nge-bass Harga Rp 80 RibuanRealme Buds dijual hanya Rp 89 ribu. Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET


Tombol volume seperti 'mendem' ketika ditekan, sedangkan tombol fungsi untuk mengangkat atau mematikan telepon lebih terasa saat dipencet.

Mungkin fungsinya adalah untuk membedakan mana tombol fungsi dengan tombol volume, namun perbedaan ini sedikit membingungkan ketika di awal penggunaan.



Secara keseluruhan, kualitas suara yang dihasilkan Realme Buds memang bukan yang terbaik, ditambah tidak terasa memiliki resolusi tinggi. Walau begitu, bass yang dihasilkan patut dipuji untuk sebuah earphone seharga Rp 89 ribu.

Hal ini karena bass-nya tidak amat dominan sehingga suara yang dihasilkan tetap seimbang. Lebih lanjut, suaranya juga sama sekali tidak 'sember' seperti kebanyakan earphone yang harganya berada di kisaran angka tersebut. (mon/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed