7 Hal Tentang Galaxy Note 9 yang Kalian Belum Tahu - Halaman 5

7 Hal Tentang Galaxy Note 9 yang Kalian Belum Tahu

Lucky Sebastian - detikInet
Selasa, 21 Agu 2018 14:55 WIB
7 Hal Tentang Galaxy Note 9 yang Kalian Belum Tahu
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Pada Galaxy Note 9, Samsung menaikkan standar RAM dan ROM (Internal Storage) flagship devicenya, dengan minimal RAM 6 GB dan ROM 128 GB dan langsung melompat ke 8 GB RAM dan 512 GB ROM.

Khusus untuk spesifikasi dengan RAM 8 GB dan internal storage 512 GB, Galaxy Note 9 walau bukan yang pertama memilikinya, sekarang ini menjadi flagship smartphone yang memiliki ROM besar dan tetap mempunyai slot micro SD Card, sehingga jika pengguna ingin menambahkan micro SD card lagi (yang terbesar sekarang ada di pasaran berkapasitas 512 GB), bisa menjadi 1 TB.

Foto: Lucky Sebastian/detikINET

Bisa jadi, sekarang ini Galaxy Note 9 menjadi smartphone flagship dengan RAM 8 GB dan ROM 512 GB termurah. Karena biasanya, brand lain yang memiliki spesifikasi ini membenamkannya dalam edisi khusus premium yang dibanderol tinggi.

Internal storage besar ini menarik karena kecepatannya yang tinggi. Jika dibandingkan dengan micro SD Card, kecepatan internal storage 10-20 kali lebih cepat.

Dengan kecepatan ini, game-game yang sekarang ukurannya sangat besar dalam GB, video 4K, burst shot, dapat di-loading dan disimpan dalam kecepatan maksimal tanpa jeda karena kecepatan memory card yang lebih lambat.

Foto: Lucky Sebastian/detikINET

Dengan internal storage yang besar dan slot SIM card hybrid, pengguna dual SIM card juga tidak harus pusing memilih, karena ukuran internal storage-nya sendiri sudah sangat cukup.

Berkaitan dengan RAM yang besar, sebenarnya masih kontroversi apakah kita sekarang ini membutuhkan RAM sedemikian besar sebanyak 8 GB. Karena berbeda dengan ROM, RAM yang banyak tersisa berarti tidak berguna.

Tetapi, mungkin ini menjadi jawaban Samsung di tengah persaingan yang ketat, sekadar memberikan RAM yang besar, untuk Samsung semudah membalikkan tangan. Atau setidaknya, RAM besar di Galaxy Note 9 ini 'future proof' agar perangkat bisa dipakai beberapa tahun ke depan tanpa ketinggalan jauh.



(rns/rou) (rns/rou)