Senin, 13 Agu 2018 18:38 WIB

Review

Anker SoundCore Pro, Suara Nendang dan Andal Isi Baterai Gadget

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Nama Anker memang lebih dikenal akan perangkat powerbanknya. Tapi vendor asal Amerika Serikat ini diketahui menggarap perangkat lainnya, salah satunya speaker.

SoundCore Pro yang bertandang ke redaksi detikINET menjadi salah satu speaker andalan yang dibuat Anker. Bila powerbank Anker terbukti kualitasnya, lantas bagaimana dengan speakernya? Berikut ulasannya

Desain

Secara tampilan, SoundCore Pro tidak ada spesial. Berbentuk kotak persegi panjang dengan balutan warna hitam di seluruh bodinya. Bodi utamnya berbalut metal, sementara bagian bawah mengusung material karet.

Secara dimensi tidak begitu besar, jadi bisa dengan mudah dimasukan ke dalam tas bila hendak dibawa bepergian. Hanya saja bobotnya tidak begitu ringan.

Anker SoundCore Pro, Suara Nendang Plus Bisa Isi Baterai PonselFoto: Adi Fida Rahman/detikINET


Menurut catatan informasi spesifikasi, beratnya mencapai 780 gram. Memang bila dibandingkan dengan speaker sejenis di kelasnya, beratnya kalah ringan. Tapi hal itu bisa dipahami, sebab Anker menyematkan baterai berkapasitas besar di dalamnya, yakni 8.000 mAh.

Di bagian atas SoundCore Pro terdapat tombol pengoperasian, lampu idikator baterai, Bluetooth dan NFC. Sementara di bagian bawah terdapat port yang terdiri dari AUX, USB 3.0 dan micro USB.

Tak kalah menarik, speaker ini sudah mengantongi sertifikat IPX4. Artinya speaker ini tahan akan cipratan air.

Pengoperasian Mudah

SoundCore Pro menawarkan kemudahan dalam penggunaan. Ada tiga acara mengoneksikan yang tersedia. Pertama menggunakan jack audio ke port AUX. Lalu menggunakan Bluetooth dan NFC.

Karena menggunakan Bluetooth 4.2, koneksi cukup cepat. Rentang jarak antara perangkat dan speaker ini mencapai sekitar 20 meter.

Anker memfungsikan tombol Play dengan sejumlah fungsi. Selain untuk play dan pause saat memutar musik, kita dapat mengaktifkan asisten digital dengan menekannya selama 25 detik. Selain itu dapat mengangkat dan me-rejct panggilan dari ponsel.

Anker SoundCore Pro, Suara Nendang Plus Bisa Isi Baterai PonselFoto: Adi Fida Rahman/detikINET
Kualitas Suara

Anker menempatkan empat driver di dalam SoundCore Pro. Kombinasi driver ini mampu menghasilkan audio 25 watt. Meski tidak memiliki subwoofer, Anker mengantikan perannya dengan teknologi BassUp. Lantas bagaiaman kualitas suaranya?

detikINET sempat memutar beberapa jenis lagu dengan speaker ini. Suara yang terproduksi cukup memuaskan. Suara bass pun cukup nendang di telinga. Audio yang keluar dari speaker ini terasa jelas di semua level volume.

Powerbank

Anker menyematkan baterai 8.000 mAh di dalam SoundCore Pro. Tidak hanya memberi daya tahan 18 jam untuk memutar lagu. Tapi berfungsu sebagai powerbank untuk ponsel.

Cukup hubungan ponsel ke speaker ini ke port USB. Speaker ini bisa mengisi 1-2 kali ponsel, tergantung kapasitas baterai ponsel. Bila baterai SouncCore Pro sendiri habis dapat diisi ulang hingga penuh dalam waktu 4-6 jam.

Anker SoundCore Pro, Suara Nendang Plus Bisa Isi Baterai PonselFoto: Adi Fida Rahman/detikINET


Opini detikINET

Meski desainnya tidak istimewa, hal itu tidak jadi soal. Pasalnya Anker membayarnya dengan kualitas suara yang cukup memuaskan. Suara jelas, bass nendang di telinga.

SoundCore Pro memang punya bobot sedikit berat. Kendati begitu itu demi membuat penggunanya dapat mendengar 18 jam lagu. Mereka pun dapat mengisi ulang ponselnya di speaker ini.

Jadi jika kamu punya budget Rp 3 jutaan dan mencari speaker portable yang bisa diajak berpetualang, Anker SoundCore Pro bisa menjadi pilihan. (afr/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed