Kamis, 14 Jun 2018 17:13 WIB

Review Produk

Xiaomi Redmi S2, Andalkan Kamera Depan

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Redmi S2. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Redmi S2. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Sempat dilabeli sebagai ponsel gaib, apakah kemampuan dari Xiaomi Redmi S2 mampu membungkam anggapan miring tersebut?

Xiaomi, merilis Redmi S2 pada 22 Mei lalu, setelah mulai menunjukkan teaser kemunculannya sejak beberapa hari sebelumnya melalui akun Instagram versi bahasa Indonesia. Sejumlah fitur yang kerap ditemukan pada ponsel flagship dihadirkan pada smartphone kelas menengah ini.

Lalu, apa sajakah fitur-fitur tersebut? detikINET pun berkesempatan untuk menjajal smartphone yang menggembar-gemborkan kemampuan kamera depannya ini.

Xiaomi Redmi S2, Andalkan Kamera DepanFoto: Adi Fida Rahman/detikINET


Desain

Redmi S2 mengusung tampilan layar penuh berukuran 5,99 inch dengan aspek rasio 18:9. Bezel pada bagian atas dan bawah ponsel ini terhitung cukup tebal.

Terlebih, ketiadaan notch bisa menambah porsi layar pada smartphone. Bobotnya mencapai 170 gram. Meski begitu, bezel pada bagian sampingnya sudah cukup tipis.

Karena mengusung tampilan layar penuh, sebenarnya pinggiran yang cukup tebal cukup membuat bingung pada awal penggunaan. Jari sempat salah menekan ke bezel untuk mengoperasikan ponsel. Padahal tombol navigasi sudah tertanam di dalam layar sentuh smartphone itu sendiri.

Selain itu, Redmi S2 memiliki desain yang terbilang unik. Layar yang dimilikinya tampak seakan ditempel pada bodi, bukan tertanam secara langsung. Hal tersebut terlihat dengan bagian layar yang 'menyembul', sehingga ponsel tampak memiliki dua lapisan.

Walau sedikit terlihat aneh, nyatanya desain tersebut sedikit memudahkan ketika ingin mengambil ponsel dari bidang datar karena ada sela kecil antara ponsel dengan permukaan benda tempatnya berada, sehingga memudahkan jari untuk mengangkatnya.

Hanya saja, kemudahan ini berlaku jika layar ponsel menghadap ke bidang permukaan benda tempatnya diletakkan. Selain itu, sisi samping bodi ponsel ini cukup merepotkan karena ukurannya melebihi layar.

Hal tersebut membuat Redmi S2 kurang nyaman saat digenggam di awal-awal penggunannya. Terlebih, karena bentuk sisi samping bodi yang melengkung sehingga sedikit membuat jari pegal saat menopangnya.

Maka dari itu, disarankan bagi pengguna untuk menggunakan case tambahan agar lebih nyaman. Untungnya, pihak Xiaomi sudah menyertakan case tambahan di dalam boks ponsel ini, selain adanya pengisi daya dan pembuka slot untuk kartu SIM dan memori eksternal.

Xiaomi Redmi S2, Andalkan Kamera DepanFoto: Adi Fida Rahman/detikINET


Beranjak ke bodi samping ponsel, tombol volume dan power terletak berjejer di sebelah kiri. Sedangkan slot untuk dua kartu SIM berukuran nano dan sebuah memori eksternal berada di sebelah kanan. Satu catatan, slot tersebut agak sulit dibuka pada awal penggunaan smartphone tersebut.

Xiaomi Redmi S2, Andalkan Kamera DepanFoto: Adi Fida Rahman/detikINET


Di bagian bawah, terdapat speaker dan mikrofon yang mengapit port USB 2.0, belum Type-C, untuk mengisi daya. Sedangkan di bagian atas terdapat jack 3.5 mm untuk port audio, sensor infrared, dan mikrofon.

Xiaomi Redmi S2, Andalkan Kamera DepanFoto: Adi Fida Rahman/detikINET


Pada bagian belakang, lensa ganda yang dimilikinya membuat Redmi S2 membuat sekilas mirip dengan iPhone X, terlebih posisinya pun juga sama-sama di pojok kiri atas. Bedanya, ponsel ini memiliki pemindai sidik jari di bagian tengah atas.

Performa dan Fitur Penunjang

Dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 625 octa core 2.0 GHz, GPU Adreno 506, dan RAM 3 GB, Redmi S2 mampu menjalankan berbagai kegiatan dengan baik. Untuk sistem operasi, Redmi S2 sudah dibekali dengan Android Oreo 8.1 dan firmware MIUI 9.5 bawaan dari Xiaomi.

Mengoperasikan dua aplikasi pun tak jadi masalah untuk ponsel ini, terlebih layarnya yang besar memang memberikan pengalaman baik dalam menjalankan fungsi tersebut.

Ponsel ini juga sudah melewati tes benchmark menggunakan berbagai aplikasi, berikut hasilnya:

Xiaomi Redmi S2, Andalkan Kamera Depan


Xiaomi Redmi S2, Andalkan Kamera Depan



Xiaomi Redmi S2, Andalkan Kamera Depan


Performa layarnya terbilang baik. Terdapat berbagai pilihan mode yang terdapat di dalamnya, seperti mode baca, mode malam, pengaturan untuk kondisi di bawah cahaya matahari, serta pengaturan suhu warna.

Selain itu, tombol volume dan power pun nyaman ditekan, baik saat menggunakan case tambahan atau tidak. Tidak hanya nyaman ditekan, responsnya pun juga cepat untuk menjalankan fungsinya.

Kemudian, Redmi S2 juga memiliki variasi yang kaya dalam membuka layar ponsel. Terdapat dua pilihan yang diunggulkan, yaitu menggunakan sidik jari dan wajah user, di samping masih ada sejumlah cara biasa seperti PIN, password, dan pola.

Pemindai sidik jari yang dimiliki oleh ponsel ini diletakkan pada posisi yang sangat baik untuk jari telunjuk user, baik pengguna yang memakai tangan kanan atau kiri saat mengoperasikannya.

Maka dari itu, jari telunjuk menjadi rekomendasi yang digunakan saat memilih pemindai sidik jari sebagai opsi untuk membuka ponsel.

Selain kenyamanannya, pemindai sidik jari juga memiliki respons yang cepat. Sidik jari dapat terbaca kurang dari satu detik, baik itu saat mendaftarkan sidik jari untuk pertama kali maupun saat membuka ponsel.

Sama halnya dengan pemindai sidik jari, fitur pengenal wajah pada Redmi S2 pun juga memiliki respons yang cepat. Wajah user dapat terbaca kurang dari satu detik juga, baik itu saat mendaftarkan wajah untuk pertama kali maupun saat membuka ponsel.

Walau ponsel ini sendiri menyebutkan jika tingkat keamanan menggunakan fitur face recognition cukup rawan karena dapat dibuka dengan foto, nyatanya teori tersebut tidak semudah diucapkan. Agak sulit untuk membuka ponsel dengan foto wajah user karena sudut pengambilan gambar pun juga harus disesuaikan dengan wajah yang sudah ditangkap oleh sensor pengenal wajah.

Satu lagi fitur yang memberikan kenyamanan saat menggunakan ponsel ini adalah full screen gestures. Melalui fitur tersebut, pengalaman mengoperasikan ponsel menggunakan satu tangan benar-benar dimaksimalkan.

Sebagai pelengkap, speaker-nya juga mampu menghasilkan suara baik. Selain itu, dengan memori internal 32 GB dan memori eksternal hingga 256, kebutuhan multimedia penggunannya juga dirasa dapat terpenuhi dengan baik.

Xiaomi Redmi S2, Andalkan Kamera DepanFoto: Adi Fida Rahman/detikINET


Kamera

Aspek satu ini jadi salah satu kemampuan yang paling ditonjolkan dari Redmi S2, terlebih jika berbicara mengenai kamera depan. Hal tersebut dikarenakan ponsel ini mengusung kamera 16 MP dengan bukaan f/2.0 di bagian depan yang diklaim ditanamkan kecerdasan buatan di dalamnya.

Hasil fotonya pun cukup memuaskan, dengan catatan kondisi pencahayaannya harus bagus, baik itu di dalam maupun di luar ruangan. Meski begitu, Redmi S2 memiliki flash pada bagian depan sehingga sedikit menolong user untuk mengambil selfie dalam kondisi sedikit gelap. Flash yang dihasilkan pun tidak menyilaukan walau berada pada jarak cukup dekat.

Seperti biasa, Xiaomi juga menanamkan fitur beautify yang bisa mengatur ketirusan pipi, tone wajah, hingga memudarkan bercak pada muka. Selain itu, terdapat juga pilihan depth effect yang menampilkan efek bokeh secara otomatis.

Xiaomi Redmi S2, Andalkan Kamera DepanFoto: Adi Fida Rahman/detikINET


Untuk kamera belakang, terdapat lensa ganda yang masing-masing memiliki kualitas 12 MP dan 5 MP. Sayangnya, Redmi S2 tidak dibekali dual aperture, dengan bukaan f/2.2. Hal ini membuat hasil jepretan fotonya kurang mentereng saat kondisi gelap.

Ditambah lagi, mode auto yang ditawarkan hanya white balance dan ISO yang hanya sampai 3200. Pilihan tersebut sangat membatasi user dalam mengambil gambar saat minim pencahayaan.

Walau begitu, hal tersebut cukup tertutup dengan adanya mode HHT yang akan mengambil gambar dengan noise paling minim saat kondisi low light.

Selain itu, flash yang dihasilkan pun juga dapat memberikan penerangan tambahan. Sama seperti kamera depan, efek depan yang dihadirkan pada mode portrait pun akan muncul secara otomatis saat kamera diarahkan ke objek.

Untuk kualitas gambar yang ditangkap, baik kamera depan maupun belakang, dapat mengakomodasi hingga HDR. Sedangkan kualitas video yang direkam maksimal 1080p pada 30fps.

Sebenarnya, untuk video, Redmi S2 memiliki kemampuan untuk menghasilkan rekaman time lapse dan slow motion. Sayangnya, kualitas dan hasilnya kurang memuaskan.

Meski begitu, paling tidak ponsel ini memiliki kemampuan untuk memberikan efek pada video yang ditangkap, baik itu dari segi warna maupun latar suara. Bahkan, terdapat pilihan untuk menghadirkan efek transisi sederhana sesuai tema yang dipilih.

Berikut adalah beberapa hasil fotonya:

Kamera belakang di dalam ruangan. Kamera belakang di dalam ruangan. Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET

Kamera belakang di luar ruangan. Kamera belakang di luar ruangan. Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET

Kamera belakang di dalam ruangan. Kamera belakang di dalam ruangan. Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET
Foto makro. Foto makro. Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET

Low light.Low light. Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET
Low light dengan flash. Low light dengan flash. Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET

Kamera depan di dalam ruangan. Kamera depan di dalam ruangan. Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET

Kamera depan di luar ruangan. Kamera depan di luar ruangan. Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET

Baterai dan Pengalaman Gaming

Xiaomi menanamkan baterai dengan kapasitas 3080 mAh pada Redmi S2. Baterai ponsel ini dapat terisi penuh dalam waktu kurang dari 2 jam. Satu yang menjadi catatan, sekitar 30 menit terakhir pengisian daya dihabiskan untuk mengisi baterai dari 90% hingga 100%.

Untuk penggunaan normal, termasuk dalam bermain game, ponsel ini bisa bertahan seharian. Ketahanan tersebut pun membuat user tidak perlu khawatir untuk bermain game.

Meski bukan bertajuk ponsel gaming, Redmi S2 mampu menampilkan performa yang cukup baik dalam menjalankan sejumlah permainan. Sejumlah game olahraga yang membutuhkan respons cepat pun berhasil dijalankan dengan cukup baik.

Salah satunya adalah NBA LIVE, game yang menantang pemainnya untuk bermain basket dan membangun tim terbaik. Selain itu, UFC, dengan kapasitas memori jauh lebih besar dari game sebelumnya, juga mampu dijalankan dengan cukup baik.

Layar lebar dari Redmi S2 juga menjadi salah satu nilai plus untuk menghadirkan pengalaman gaming yang memuaskan. Mungkin salah satu ketidaknyamanan ketika bermain game dalam posisi landscape menggunakan ponsel ini adalah saat speaker tak sengaja tertutup jari, karena pengeras suara yang dimiliki Redmi S2 berada di bagian bawah, sehingga membuat suara dari game jadi tertutup.

Xiaomi Redmi S2, Andalkan Kamera DepanFoto: Adi Fida Rahman/detikINET


Opini detikINET

Walaupun bukan ponsel terbaik yang diciptakan oleh Xiaomi, Redmi S2 bisa dibilang cukup menjanjikan di kelasnya. Bahkan, tidak menutup kemungkinan jika ponsel ini bisa disandingkan dengan smartphone selfie di kelasnya.

Berdasarkan situs resmi Xiaomi Indonesia, Redmi S2 dibanderol dengan harga mulai dari Rp 2.399.000. Secara keseluruhan, harga tersebut terasa pantas mengingat smartphone ini memiliki kemampuan merata di segala aspek.

Kamera, keamanan, kemampuan gaming, dan antar muka bisa dibilang merupakan sejumlah aspek yang memberikan nilai plus bagi ponsel ini. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Facebook Bocorkan Laporan Developer Aplikasi

    Facebook Bocorkan Laporan Developer Aplikasi

    Minggu, 24 Jun 2018 15:10 WIB
    Facebook masih dalam sorotan publik terkait skandal kebocoran data Cambridge Analytica. Karenanya, hal lain yang berhubungan dengan data menjadi perhatian.