Sabtu, 09 Jun 2018 18:53 WIB

Review

Zenfone 5, Smartphone Asus Paling Kekinian

Fino Yurio Kristo - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Zenfone 5 telah diluncurkan di Indonesia setelah diperkenalkan di ajang Mobile World Congress 2018 di Barcelona pada awal tahun ini. Ini adalah ponsel Asus pertama yang berponi dan mengusung beberapa fitur smartphone kekinian.

Sebut saja layar dengan aspek rasio 18:9, bezel tipis ataupun kamera ganda. Seperti apakah performa dan kemampuan handset kelas menengah ini? Simak dalam review-nya berikut ini.

Desain

Tak dapat dipungkiri bahwa Zenfone 5 ini mirip dengan iPhone X karena ada notch di atas layar. Di awal kemunculannya dahulu, orang bertanya apakah Asus tidak memiliki pilihan desain yang lain. Namun makin kesini, rupanya kian banyak vendor Android yang ternyata mengusung wujud serupa sehingga suara sumbang pun makin hilang. Ya, karena tak sedikit produsen yang kemudian melakukan keputusan serupa, yakni memakai notch di ponselnya.

Zenfone 5 sebenarnya layarnya luas, 6,2 inch. Tapi karena bezelnya sangat tipis serta dibantu aspek rasio 18,7:9 yang memanjang, ia masih nyaman dalam genggaman satu tangan. Walau untuk menjangkau sisi layar yang lain misalnya untuk mengakses aplikasi, pengguna bakal kesulitan. Layar Zenfone 5 memiliki rasio layar ke bodi sekitar 84% sehingga layarnya memang sangat dominan.

Zenfone 5, Smartphone Asus Paling KekinianFoto: Adi Fida Rahman/detikINET


Semua tombol fisik Zenfone 5 berada di sisi kanan yang berjumlah dua, yaitu tombol volume dan tombol power. Bagian kirinya ada slot SIM card dan microSD. Kemudian bagian bawahnya terdapat colokan standar headphone 3,5 mm, colokan USB Type-C serta speaker.

Beranjak ke bagian belakang, akan dijumpai kamera ganda yang posisinya vertikal di bagian kiri dilengkapi lampu flash di bawahnya. Susunan kamera vertikal ini kembali mengingatkan ke iPhone X. Di bagian tengah, disediakan pemindai sidik jari. Seperti halnya banyak seri Zenfone, casing belakang dari kaca ini menimbulkan efek seperti bercahaya jika terpapar sinar.

Terbuat dari material kaca dibalut frame alumunium, dipadukan layar berponi dan desain kekinian, Zenfone 5 rasanya tak bakal mengecewakan pemiliknya, terutama yang tak keberatan dengan adanya notch. Namun bodi licin dan bagian belakang rentan bekas sidik jari membuat casing pelindung agaknya jadi kewajiban yang untungnya sudah ada di paket kemasannya.

Zenfone 5, Smartphone Asus Paling KekinianFoto: Adi Fida Rahman/detikINET


Layar

Zenfone 5 seperti disebutkan memiliki bentang layar 6,2 inch dengan resolusi 2246 x 1080 pixel, dengan aspek rasio 18,7:9. Lalu kerapatan pixel mencapai 402 ppi. Ia menggunakan panel LCD dengan teknologi IPS. Oh ya, layarnya ini sudah dilindungi dengan pelapis Gorilla Glass.

Bagaimana performa layar Zenfone 5? Seperti halnya smartphone lain yang rentang harganya sudah di atas Rp 3 juta, layar Zenfone 5 mampu menampilkan konten dengan jernih. Dan di bawah sinar matahari pun, masih dapat digunakan dengan nyaman.

Seperti halnya smartphone layar penuh lain, Zenfone 5 memiliki tombol navigasi di layar yaitu back, home dan all apps. Kombinasi ini ternyata bisa diubah di menu pengaturan menjadi all apps, home dan back. Selain itu, pengguna juga bisa menyembunyikannya dan memunculkan kala dibutuhkan. Caranya dengan mengusap ke atas dari bagian bawah layar.

Zenfone 5, Smartphone Asus Paling KekinianFoto: Adi Fida Rahman/detikINET


Kemudian ya, ada notch di ponsel ini dengan letak di tengah atas layar seperti iPhone X. Menurut informasi, notch di Zenfone 5 adalah tempat untuk speaker, sensor, dan kamera depan.

Notch ini sempat membuat Asus dituding mencontek iPhone X karena mereka termasuk vendor Android pertama yang menerapkannya. Tapi ternyata kemudian banyak vendor lain mengimplementasikannya juga. Apakah notch ini mengganggu atau tidak, kembali lagi ke selera masing-masing pengguna.

Zenfone 5 sudah memakai sistem operasi Android 8.0. Dibalut dengan user interface ZenUI yang makin fungsional dan tak seperti di zaman dulu, tak terlalu lagi banyak dibekali dengan bloatware. Disertakan pula beberapa gesture input ZenMotion. Beberapa gesture yang dapat dipakai di antaranya double tap to wake dan flip down to mute.

Selain pemindai sidik jari untuk keamanan, Zenfone 5 juga memiliki face unlock alias pemindai wajah untuk membuka ponsel. Performa pendeteksian wajah terbilang cepat dan pengaturannya mudah. Zenfone 5 ini bisa mengenali wajah pengguna meski dalam kondisi cahaya rendah.

Zenfone 5, Smartphone Asus Paling KekinianFoto: Adi Fida Rahman/detikINET


Performa

Zenfone 5 mengandalkan prosesor Snapdragon 636 yang dipadukan dengan RAM 4 GB serta memori internal 64 GB. Smartphone Android di kelas menengah seharusnya sudah tidak bermasalah dalam pengoperasian biasa seperti berpindah aplikasi atau multitasking dan begitu pula dengan Zenfone 5.

Saat dijajal untuk memainkan game kekinian Mobile Legend, Zenfone 5 dapat pula menanganinya dengan lancar. Demikian juga saat memainkan game PUBG Mobile tidak ada kendala yang berarti.
Zenfone 5, Smartphone Asus Paling KekinianFoto: Adi Fida Rahman/detikINET

Jika saat main game pengguna memerlukan performa lebih tinggi, Asus menyediakan fitur bernama AI Boost yang bermanfaat untuk meningkatkan performa ponsel walau ada kompensasinya. Yaitu mengurangi keawetan baterai.

Oh ya, speaker di Zenfone 5 mampu mengeluarkan suara lantang dan tidak pecah. Walaupun kualitas suaranya kurang mendetail, sudah cukup mantap kala main game atau memutar video.

Memori internal 64 GB rasanya juga sudah cukup besar untuk menyimpan berbagai macam file dan aplikasi. Jika terasa kurang, bisa ditambahkan microSD sampai kapasitas 2 TB.

Beralih ke baterai, handset ini mengusung kapasitas 3.300 mAh. Tidak besar sekali, tapi sudah lumayan. Daya tahannya standar saja, seharian untuk pemakaian normal sesuai ekspektasi untuk kapasitas sebesar itu. Sekadar catatan, isi ulang sampai taraf sekitar 20% cukup cepat. Namun untuk sampai full, bisa memakan waktu sampai lebih dari 2 jam.

Kamera

Dua kamera menghiasi bagian casing belakang Zenfone 5 dengan gembar gembor teknologi artificial intelligence untuk hasil foto lebih bagus. Sensor 12 megapixel dengan bukaan f/1.8 dipakai untuk meringkus gambar utama, ditemani oleh sensor megapixel f/2.0 untuk jepretan wide angle. Sedangkan untuk kamera depan, tersedia sensor 8 megapixel f/2.0.

Bagaimana performanya? Di kondisi cahaya terang, Zenfone 5 mampu mengambil gambar dengan baik. Tidak sejernih smartphone kelas flagship tentu saja, namun ia sama sekali tidak mengecewakan. Terutama jika hanya menggunakan kamera utama di mana detail gambar tertangkap dengan baik.

Zenfone 5, Smartphone Asus Paling KekinianFoto: Adi Fida Rahman/detikINET


Saat dipakai memotret di malam hari pun kualitasnya ternyata lumayan. Tidak terlalu gelap meski kondisi pencahayaan sangat kurang.

Namun saat mode wide angle dengan kamera kedua yang berguna untuk mendapatkan sudut pandang lebih lebar, kualitas foto jadi berkurang. Mungkin sebabnya karena kamera wide angle Zenfone 5 cuma memakai sensor 8 MP f/2.0.

Terdapat bermacam mode pemotretan di kamera Zenfone 5 yaitu Auto, Beauty, Pro, Gif, Super Resolution, GIF Animation, Panorama, Slow Motion, dan Time Lapse. Untuk memilihnya, geser saja layar ke kanan dan munculan ragam mode pemotretan itu.

Beranjak ke kamera depan, pengguna dapat mengandalkannya untuk menghasilkan selfie mulus berkat adanya fitur beauty. Juga gambar GIF yang bisa dijepret dengan mudah serta panorama selfie.

Ada pula aplikasi bawaan Asus bernama Selfie Master dengan beragam fitur bagi pecinta selfie. Seperti membuat kolase dengan mudah, beauty live untuk siaran video dengan wajah mulus sampai Zenimoji, fitur ala animoji Apple. Cukup fun di mana ekspresi wajah pengguna bisa diwakili beberapa karakter kartun lucu. Oh ya, berikut beberapa hasil foto Zenfone 5.

Zenfone 5, Smartphone Asus Paling KekinianFoto: fyk

Zenfone 5, Smartphone Asus Paling KekinianFoto: fyk
Zenfone 5, Smartphone Asus Paling KekinianFoto: fyk
Zenfone 5, Smartphone Asus Paling KekinianFoto: fyk
Zenfone 5, Smartphone Asus Paling KekinianFoto: fyk

Kesimpulan

Dari sisi desain, Zenfone 5 memang tidak orisinal alias mirip dengan iPhone X. Tapi toh cukup banyak vendor juga melakukannya karena mungkin, sebagian orang meminati desain semacam ini. Dan untungnya, bodi Zenfone 5 tampak solid.

Para pecinta Zenfone khususnya agaknya bakal tak kecewa dengan handset ini. Performanya baik, desainnya kekinian dan kameranya dapat diandalkan. Sedangkan bagi yang belum pernah memakai Zenfone dan ingin memilih smartphone di kelas menengah, Zenfone 5 adalah alternatif yang dapat dipertimbangkan karena termasuk model tertinggi Asus.

Kekurangan smartphone berharga Rp 4,3 juta ini adalah di bodinya yang mudah kotor serta licin dipegang ataupun isi ulang baterai yang kurang cepat. Namun secara keseluruhan, Zenfone 5 dapat diandalkan.

Zenfone 5, Smartphone Asus Paling KekinianFoto: Adi Fida Rahman/detikINET



Tonton video review lengkapnya disini:


(fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Facebook Bocorkan Laporan Developer Aplikasi

    Facebook Bocorkan Laporan Developer Aplikasi

    Minggu, 24 Jun 2018 15:10 WIB
    Facebook masih dalam sorotan publik terkait skandal kebocoran data Cambridge Analytica. Karenanya, hal lain yang berhubungan dengan data menjadi perhatian.