Rabu, 18 Apr 2018 15:15 WIB

Review Produk

Honor 9 Lite, Ponsel Stylish Harga Tak Bikin Miris

Fino Yurio Kristo - detikInet
Menggenggam Honor 9 Lite. Foto: Rachman Haryanto Menggenggam Honor 9 Lite. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Ponsel berkualitas dengan harga terjangkau tentu menjadi dambaan banyak pengguna smartphone. Vendor Honor mencoba menghadirkannya di Indonesia dengan handset bernama Honor 9 Lite ini. Seperti apa?

Nama Honor mungkin sudah tidak terlalu asing di telinga karena sudah kerap terdengar sebagai salah satu seri ponsel Huawei. Ya, Honor merupakan sub-brand Huawei yang kini sudah dipisahkan secara bisnis.

Merek ini belakangan berhasil mendapatkan pangsa pasar yang besar negeri asalnya China dan di beberapa negara Eropa seperti Rusia, dengan mengandalkan produk mumpuni yang dibanderol masuk akal. Langsung saja, inilah review Honor 9 Lite.

Desain

Tak dapat dipungkiri, Honor 9 Lite memiliki desain yang elegan. Kesan premium muncul berkat lapisan kaca pada bodi belakang 2.5D. Bodinya unibodi dan terlihat solid.

Honor 9 Lite, Ponsel Stylish Harga Gak Bikin MirisBagian Belakang Honor 9 Lite. Foto: Rachman Haryanto


Material kaca yang dipakai Honor 9 memang mengkilat seperti cermin. Hanya sayangnya mudah meninggalkan sidik jari pengguna. Tapi honor memberikan pelindung bodi atau casing pada paket penjualan jika pengguna tak mau direpotkan masalah tersebut.

Dengan bodi berukuran 6 inch dan ketebalan sekitar 7,6 mm, Honor 9 Lite cukup kompak dan pas di tangan. Di bagian atas sisi depan Honor 9 Lite ada tiga buat lubang berbentuk bulan, dua di antaranya adalah kamera dan satu lagi dipakai untuk sensor cahaya.

Selain itu, ada lubang speaker dan LED notifikasi. Tray slot SIM card Honor 9 Lite menggunakan model hybrid, jadi kamu bisa menggunakan kedua slot untuk SIM card atau dikombinasi dengan kartu memori microSD. Sementara pada bagian belakang terdapat pemindai sidik jari dan dua kamera belakang lengkap dengan LED flash.

Honor 9 Lite, Ponsel Stylish Harga Gak Bikin MirisFoto: Rachman Haryanto


Layar

Layar Honor 9 Lite mengusung ukuran 5,65 inci dan memiliki ketajaman mengesankan di kelasnya, didukung dengan resolusi FullHD+ 2160 x 1080 pixel sertakepadatan pixel 428 pixel per inch. Sudah pula mengikuti desain kekinian dengan menawarkan rasio 18:9 (2:1). Ini membuat Honor 9 Lite memiliki lebar serupa dengan smartphone berlayar 5.2 inci.

Honor 9 Lite, Ponsel Stylish Harga Gak Bikin MirisFoto: Rachman Haryanto


Sementara, panel yang digunakan berjenis IPS, dibalut penutup 2.5D glass, baik di sisi layar maupun sisi belakang smartphone. Pengguna bisa melihat obyek di layar dengan jernih baik di dalam dan di luar ruangan. Viewing angle juga masih terbilang memadai, karena dari sudut miring layar masih bisa dilihat dengan bagus.

Untuk tampilannya, software bawaan Honor 9 Lite dibalut dengan antarmuka EMUI 8.0 yang berbasis pada Android 8.0 Oreo dan memiliki banyak opsi kustomisasi. Pengguna antara lain bisa mengganti tema, ada Phone Manager untuk menangkal virus atau aplikasi boros baterai serta file management.

Kamera

Honor 9 Lite membawa kamera ganda di depan dan belakang. Jadi totalnya, ia memiliki empat kamera, mengingatkan pada seri Huawei Nova 2i yang diluncurkan akhir tahun lalu.

Kombinasi kamera belakang pada Honor 9 Lite sama-sama terdiri dari 13 MP + 2 MP. Honor 9 Lite mengedepankan fitur Wide Aperture dan Portrait sehingga pengguna bisa mengambil gambar bokeh dengan memanfatkan depth field yang ditangkap oleh lensa sekunder.

Untuk kualitasnya terbilang bagus, apalagi di kondisi pencahayaan terang. Sedangkan pada kondisi low light kualitasnya memang masih terbilang standar. Untuk kamera selfie, ponsel ini juga menawarkan sensor 13 MP + 2 MP. Sensor 2MP pada sistem kamera digunakan untuk menangkap detail tambahan, sensor ini memungkinkan pengguna mendapatkan foto dengan efek bokeh yang baik saat selfie.

Kamera Honor 9 Lite juga memungkinkan kita untuk mereka video 30fps pada ukuran 1080p. Berikut beberapa hasil foto Honor 9 Lite.

Honor 9 Lite, Ponsel Stylish Harga Gak Bikin MirisFoto: detikinet

Honor 9 Lite, Ponsel Stylish Harga Gak Bikin MirisFoto: detikinet

Honor 9 Lite, Ponsel Stylish Harga Gak Bikin MirisFoto: detikinet
Honor 9 Lite, Ponsel Stylish Harga Gak Bikin MirisFoto: detikinet
Honor 9 Lite, Ponsel Stylish Harga Gak Bikin MirisFoto: detikinet


Performa

Masuk di kelas menengah, Honor 9 Lite dibekali dengan spesifikasi yang terbilang mumpuni di segmennya. Pengoperasiannya lancar terutama untuk kebutuhan sehari-hari, seperti membuka aplikasi, mengakses media sosial atau main game seperti Arena of Valor.

Chipset yang digunakan merupakan besutan HiSilicon, anak perusahaan Huawei, yaitu Kirin 659. Dibekali dengan CPU octa-core Cortex A53 dengan kecepatan 4×2.36 GHz Cortex-A53 dan 4×1.7 GHz Cortex-A53. Didukung pula dengan GPU Mali-T830 MP2.

Adapun kapasitas RAM 3 GB sehingga Honor 9 Lite dapat lancar menjalankan banyak aplikasi sekaligus. Untuk penyimpanan data, Honor menyiapkan kapasitas memori internal storage 32 GB.

Dengan spesifikasi yang dimilikinya ini, Honor 9 Lite mampu menghasilkan skor Antutu Benchmark hingga 80 ribuan.

Adapun kapasitas baterainya lumayan, yakni 3000 mAh, dapat bertahan seharian. Sehingga ponsel ini siap mengakomodasi pengguna untuk menjalankan aktifitas seperti nge-game, browsing atau nonton video

Ponsel ini hadir dengan dukungan untuk konektivitas 4G LTE, WiFi 2.4 GHz, serta Bluetooth 4.2. Konektor Micro USB dan audio 3.5 mm disediakan Honor di smartphone ini. Tray SIM/Micro SD menggunakan desain Hybrid, sehingga pengguna bisa menggunakan 2 buah Nano SIM atau 1 Nano SIM dengan Micro SD.

Tak ketinggalan ada pemindai sidik jari yang sensornya diletakkan pada sisi belakang bodi. Ketika dicoba, dapat digunakan dengan responsif dan juga mudah menjangkaunya.

Oh ya, pada paket penjualannya, disertakan berbagai kelengkapan standard seperti kepala charger, kabel USB, buku manual dan garansi, dan juga ada pelindung atau hardcase. Ada pula earpiece yang belakangan sudah jarang disertakan oleh para pabrikan.

Kesimpulan

Honor 9 Lite, Ponsel Stylish Harga Gak Bikin MirisFoto: Rachman Haryanto


Honor 9 Lite, yang dibanderol Rp 2,4 juta, menjadi opsi yang menarik di pasar smartphone kelas menengah. Desainnya yang stylish dan solid bisa dibilang termasuk yang terbaik di rentang harga tersebut.

Keunggulan lainnya adalah sektor kamera yang dibekali empat unit sekaligus. Walaupun tidak spektakuler hasilnya, tapi bisa diandalkan untuk merekam momen sehari-hari dan juga pengguna dapat merasakan sensasi mode bokeh di smartphone harga terjangkau.

Jika ada kekurangan, mungkin hasil kamera belakangnya bisa lebih baik atau bodinya dapat dibuat tahan air. Namun demikian, kekurangan itu bisa dimaklumi mengingat banderolnya dan berbagai kelebihannya. (fyk/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed