Sabtu, 18 Nov 2017 08:36 WIB

Review Produk

Xiaomi Redmi Note 5A: Ponsel Menengah nan Menggoda

Josina - detikInet
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta - Pada awal November Xiaomi resmi memperkenalkan ponsel kelas menangahnya yakni Xiaomi Redmi Note 5A di Indonesia. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau cukup dengan Rp 1,499 juta. Meski dibanderol terjangkau, spesifikasi dan fitur yang ditawarkan terbilang mumpuni.

Desain

Sekilas desain Xiaomi Redmi Note 5A tidak berbeda jauh dengan pendahulunya Redmi Note 4A. Ponsel yang dibalut casing berbahan metal ini memiliki tampilan depan yang polos tanpa adanya tombol fisik.

Di atas layar terdapat kamera depan, earpiece dan titik sensor. Lalu di bagian bawah layarnya, terdapat tiga tombol kapasitif LED untuk memudahkan bernavigasi.

Tombol fisik ada di bagian sisi kanan ponsel yang terdapat tombol volume suara dan tombol power, sementara sisi kirinya untuk menempatkan dual slot sim card.

Foto: detikINET/Adi Fida Rahman


Di sisi atas terdapat port audio 3,5mm dan titik infrared yang berfungsi untuk menjalankan aplikasi Mi Remote, detikINET pun mencobanya di perangkat Televisi dengan menyesuaikan merek yang ada di daftar Mi Remote, tanpa perlu saling dihubungkan, remote ini sudah bisa berjalan seperti meningkatkan volume suara TV.

Sementara bagian bawahnya ada speaker, dan untuk chargingnya Redmi Note 5A masih menggunakan port Micro USB.

Beralih ke bagian belakang, peletakkan kamera sejajar dengan lampu LED Flash. Note 5A sendiri dibekali kamera 13 megapixel.

Dilihat tampilan secara keseluruhannya, desain unibodi ponsel ini cukup menarik dengan desain sudut yang dibuat membulat simetris. Untuk menggenggamnya, Note 5A juga cukup terasa nyaman. Sayangnya tidak ada fitur finger print pada ponsel ini seperti kebanyakan ponsel saat ini.

Foto: detikINET/Adi Fida Rahman



Layar


Layar Redmi Note 5A sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass, memiliki bentang layar 5,5 inch dengan resolusi 1280 x 720 pixel.

Tampilan layarnya terbilang standar. Apalagi ketika ponsel ini dioperasikan di bawah sinar matahari, visibiltasnya jadi kurang baik. Jadi untuk mengakalinya, harus ditingkatkan kecerahan layar pada pengaturan ponsel.

Foto: detikINET/Adi Fida Rahman


Redmi Note 5A juga menyematkan fitur Reading Mode. Ketika sudah diaktifkan yang dapat diatur di pengaturan Display, layar ini akan otomatis menguning sehingga mata akan tetap terasa nyaman saat menatap layar ponsel.

Di sisi lain, respon layar sentuh Redmi Note 5A terbilang baik.


Performa


Dibanderol seharga Rp 1,499 juta, Redmi Note 5A dibekali prosesor quad core Snapdragon 425. Tersemat pula RAM 2 GB dengan memori internal 16 GB yang masih bisa ditambah lagi dengan slot microSD.

Ponsel ini beroperasi di Android 6.0.1 Nougat yang dikemas Xiaomi dalam balutan tampilan interface MIUI 8. Ke depannya Redmi Note 5A dijanjikan akan segera mendapatkan update MIUI 9.

Foto: detikINET/Adi Fida Rahman

Selama detikINET menggunakan ponsel ini, semua aplikasi yang dibuka berjalan lancar dan ringan seperti membuka Youtube, Instagram, Facebook, WhatsApp bahkan bermain game sekelas Mobile Legend. Hasil kualitas audio yang dihasilkan ponsel ini pun terbilang cukup bagus meski tidak istimewa.

Untuk daya tahan baterai, ponsel ini memiliki kapasitas 3.080 mAh. Mengingat ini bukan ponsel fast charging, jadi dalam pengisian ulangnya butuh waktu sekitar 4 jam untuk mengisi dayanya hingga baterai penuh. Tapi baterainya terbilang awet, untuk pemakaian wajar seperti berselancar di sosial media, chatting ataupun browsing ponsel ini bisa bertahan sampai satu hari lebih. Suhu ponsel pun stabil, namun jika pemakaian berlebih rasanya akan terasa hangat.

Kamera

Masuk di kelas ponsel menengah, hasil kamera tidak terlalu mengecewakan. Untuk kamera depan Redmi Note 5 dibekali 5 megapixel ada tiga mode fitur beautify yang memanjakan penggila selfie sehingga membuat muka nampak mulus dari mode biasa, pro dan smart. Namun ketika memilih model smart tampilan wajah yang terlalu mulus malah bikin terlihat kurang natural bahkan aneh.

Kamera depan ini juga punya fitur seru-seruan yang bisa menebak usia dan karakter wajah. Namun jika tidak berkenan dengan fitur ini, pengguna bisa menonaktifkannya.

Untuk kondisi minim cahaya, kamera depannya juga dibekali dengan apperture f/2.0 yang sangat menunjang selfie dengan kondisi kurang cahaya.

Sedangkan kamera belakang yang dibekali 13 megapixel terdapat sensor PDAF yang bisa mencari fokus hanya dalam hitungan sepersekian detik. Ponsel ini juga bisa menghasilkan foto bokeh atau berlatar blur yang baik, fokus objek yang ditangkap pun lumayan cepat.

Foto: detikINET/Adi Fida Rahman


Untuk pengambilan gambar dalam kondisi terang ponsel ini mampu menghasilkan gambar yang cukup baik. Pengguna juga hanya perlu mengetuk layar sekali untuk menentukan tingkat kecerahan foto. Tapi untuk kondisi malam hari, cukup sulit untuk memfokuskan objek. Hasilnya pun standar.

Berikut beberapa contoh hasil foto kamera selfie dan kamera belakang Xiaomi Redmi Note 5A dengan berbagai kondisi:

Selfie dengan 3 mode fitur beautyfySelfie dengan 3 mode fitur beautify- (Foto: detikINET/Josina)

Selfi sebelum dan setelah menggunakan fitur beautify Selfi sebelum dan setelah menggunakan fitur beautify - (Foto: detikINET/Josina)

Foto bokehFoto bokeh - (Foto: detikINET/Josina)

Foto kondisi siang hari sebelum dan setelah cahaya diatur Foto di siang hari setelah (atas) dan sebelum (bawah) cahaya diatur - (Foto: detikINET/Josina)

Foto kondisi siang hariFoto di siang hari - (Foto: detikINET/Josina)

Foto kondisi malam hariFoto di malam hari - (Foto: detikINET/Josina)

Kondisi dalam ruanganFoto dalam ruangan - (Foto: detikINET/Josina)

Foto dalam ruanganFoto dalam ruangan - (Foto: detikINET/Josina)


Kesimpulan

Dengan desain berbalut metal, baterai yang cukup awet serta hasil kamera yang cukup baik, rasanya tidak akan mengecewakan ketika Anda mengeluarkan kocek Rp 1,499 juta untuk memboyong Redmi Note 5A ini. Bisa dibilang apa yang Anda bayar, sesuai dengan yang didapat bahkan lebih.

Kelebihan (+)

1. Sudah menjalankan OS Naugat
2. Layar ponsel lebar, bodi berbalut bahan metal
3. Baterai Awet
4. Hasil kamera baik

Kekurangan (-)

1. Tidak ada fitur finger print
2. Visibiltas kurang baik saat dibawa terik matahari

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 5A

* Layar 5,5 inch 1280 x 720 pixel Corning Gorilla Glass
* Berat 150 gram
* Prosesor Qualcomm Snapdragon 425 quad-core prosesor
* RAM 2GB
* Baterai 3.080 mAh
* Kamera depan 5 megapiksel f/2.0
* Kamera belakang 13 megapiksel f/2.2 PDAF
* OS Android 7.1.2 Naugat
* Memori internal 16GB (micro sd up to 128GB)
* Pilihan warna black dan gold

(jsn/yud)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed