Kamis, 04 Mei 2017 12:10 WIB

Review Produk

Oppo F3 Plus: Jagonya Selfie Ramai-ramai

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: detikINET/Rachmatunnisa Foto: detikINET/Rachmatunnisa
Jakarta - Oppo membuat pasar ponsel selfie kian sengit saat memperkenalkan seri F3 Plus ini. Dibandingkan seri sebelumnya, Oppo membenamkan sejumlah fitur yang memberi nilai tambah pada ponsel selfie besutannya, antara lain kapasitas baterai lebih besar, prosesor yang lebih powerful dan tentu saja, kamera selfie yang naik kelas dengan kamera ganda di depan.

Desain


Desain Oppo F3 Plus sebenarnya kurang menampilkan sesuatu yang baru. Sama seperti seri F lainnya, Oppo membuat F3 Plus dengan desain yang sudah jadi ciri khasnya selama ini.

Bodinya berbalut material metal yang membuat tampilannya terlihat premium. F3 Plus terlihat cukup panjang (163mm) untuk muat dalam genggaman tangan. Ini juga dikarenakan ukuran layarnya yang jumbo, yakni 6 inch.

Bagi sebagian orang, ukurannya yang besar mungkin kurang nyaman digenggam, apalagi mengingat bodinya yang agak licin jika dipegang tanpa case tambahan.

Oppo F3 Plus: Layar Besar, Jago Selfie


Bobotnya 185g, masuk dalam kategori ringan. Oppo F3 Plus juga cukup ramping untuk kategori smartphone jumbo. Terdapat 6 titik lubang speaker di bagian bawah ponsel, slot micro USB dan audio jack 3.5mm. Sensor sidik jari terintegrasi dengan tombol home di bawah layar dan responsnya akurat serta cepat.

Layar

Layar 6 inch F3 Plus menyuguhkan resolusi 1.920x1.080 pixel dan sudah dilapisi Gorilla Glass 5 yang melindungi dari goresan dan insiden terjatuh dari ketinggian 1,6 meter.

Layarnya tampak enak dilihat dengan reproduksi warna yang baik. Namun mungkin, resolusi yang lebih tinggi di angka 2.560x1.440p sepertinya akan lebih maksimal untuk layar berukuran 6 inch.

Minusnya, tampilan layar ini kurang nyaman dilihat dalam kondisi sangat terang. Misalnya, ketika dibawa jalan-jalan outdoor saat kondisi terik matahari.

Meski demikian, secara keseluruhan, layar yang lega ini menampilkan visibilitas yang bagus, serta pengaturan auto brightness-nya cepat menyesuaikan dengan keadaan sekitar.

Oppo juga menambahkan mode eye-protection pada display yang memungkinkan pengguna mengubah warna layar agar lebih 'ramah mata', terutama di kondisi minim cahaya. Yang tak kalah penting, respons layar terhadap sentuhan juga baik.


Oppo F3 Plus: Layar Besar, Jago Selfie

Software

Pada Oppo F3 Plus dibenamkan Android 6.0.1 Marshmallow dengan ColourOS 3.0.01. Secara tampilan, tidak ada perbedaan dengan seri F1 Plus. Yang patut diapresiasi adalah, Oppo mempertahankan kemulusan software sehingga pengoperasian tidak terasa berat.

Membuka dan menutup aplikasi bisa dilakukan dengan cepat dan melakukan berbagai tugas pun berjalan mulus tanpa kendala lag. Secara keseluruhan, performa F3 Plus boleh dikatakan stabil.

Oppo juga membenamkan aplikasi keamanan bawaan yang memungkinkan pengguna meningkatkan performa ponsel dengan membersihkan cache, serta pemindai virus yang didukung Avast yang mudah digunakan.

Mengupdate-nya ke versi Android Nougat tentu akan memberikan lebih banyak keuntungan pada perangkat ini. Berharap saja Oppo secepatnya akan menghadirkan update Android Nougat untuk F3 Plus.

Oppo F3 Plus: Layar Besar, Jago Selfie


Performa


Dibekali prosesor octa core Snapdragon 653, RAM 4GB, dan kapasitas penyimpanan 64GB yang bisa ditambah oleh microSD hingga 256GB, F3 Plus bisa menangani hampir sebagian besar aplikasi.

Dengan banyak aplikasi berjalan bersamaan dan dipakai memainkan game semacam Super Mario Run dan Crisis Action, detikINET tidak menemukan performa melambat.

Meski demikian, dalam pemakaian intensif secara terus-menerus, ponsel akan mulai memanas, sehingga disarankan Anda menutup beberapa aplikasi atau mengistirahatkannya beberapa menit sampai suhunya normal.

Soal daya tahan pemakaian, baterai 4.000mAh-nya bisa diandalkan untuk awet dipakai terus menerus seharian. Jika pemakaian tidak terlalu intensif, baterainya malah bisa tahan sampai 1,5 hari. Oppo juga membekali F3 Plus dengan teknologi quick charge VOOC yang bisa mengisi ulang baterai hingga 60% dalam 30 menit.

Bagi yang peduli akan kualitas audio, F3 Plus punya speaker bawaan yang baik. Suara terbilang jernih ketika digunakan memutar musik dan film, memanjakan saat Anda menikmati hiburan di ponsel.


Oppo F3 Plus: Layar Besar, Jago Selfie


Kamera depan

Daya tarik utama dari F3 Plus adalah kamera ganda di bagian depan yang jadi andalan untuk ber-selfie. Kamera depan ini adalah kombinasi 16 MP dan 8 MP.

Kamera 8 MP berfungsi mendukung wide angle dengan sudut pandang 120 derajat, sehingga bisa digunakan untuk selfie beramai-ramai alias wefie.

Cara mengaktifkan wide angle adalah dengan menyentuh ikon satu orang dekat tombol shutter di layar hingga berubah menjadi dua orang. Dengan wide angle, foto selfie bisa memuat banyak orang dalam frame. Latar foto juga bisa lebih terlihat. Tentunya ini akan menyenangkan ketika digunakan saat traveling dan liburan, sehingga kita bisa berselfie sambil memperlihatkan latar tempat berfoto. Selain itu, fitur wide angle pun berguna untuk mengambil foto selfie tanpa menggunakan tongsis.

Oppo F3 Plus: Layar Besar, Jago Selfie

Sementara kamera 16 MP-nya, untuk menangkap selfie biasa (dengan sudut pandang 80 derajat). Baik kamera 16 MP maupun 8 MP-nya punya kemampuan menangkap gambar yang mantap. Akurasi warna tampak baik sehingga warna tampak natural mendekati objek aslinya. Namun dalam kondisi tertentu, kamera depan kadang-kadang over exposure.

Kamera depan menawarkan sejumlah mode yang bisa memaksimalkan hasil foto atau video selfie, seperti Ultra HD, double exposure, time lapse, serta kemampuan rekam video berkualitas 4K.

Oppo F3 Plus: Layar Besar, Jago Selfie


Berikut beberapa contoh hasil foto selfie kamera depan Oppo F3 Plus tanpa pengeditan, dan dengan mengaktifkan wide angle.

Oppo F3 Plus: Layar Besar, Jago Selfie


Oppo F3 Plus: Layar Besar, Jago Selfie


Oppo F3 Plus: Layar Besar, Jago Selfie


Oppo F3 Plus: Layar Besar, Jago Selfie


Oppo F3 Plus: Layar Besar, Jago Selfie


Kamera belakang

Kamera utama 16 MP F3 Plus dibekali sensor Sony IMX398 dengan aperture f/1.7. Tak ada fitur istimewa di kamera belakangnya. Jelas bahwa Oppo menempatkan kelebihan F3 Plus pada kamera depan.

Meski demikian, hasil jepretan kamera belakang juga tidak mengecewakan. Dalam pengujian, kamera belakang dapat menemukan fokus dengan cepat dan akurat. Setidaknya hal ini terlihat dari hasil foto yang minim salah fokus atau blur. Namun untuk memotret di kondisi minim cahaya, beberapa foto terlihat sedikit blur, apalagi jika di-zoom. Untuk kebutuhan berbagi di media sosial sih, masih oke.

Oppo F3 Plus: Layar Besar, Jago Selfie

F3 Plus menyenangkan untuk dibawa motret kemana-mana, terutama ketika berlibur. Sayangnya, ponsel ini belum mengantongi sertifikasi IP68 yang membuatnya anti debu dan tahan air sehingga foto-foto terbatas di area 'aman dari air'.

Oppo F3 Plus: Layar Besar, Jago Selfie


Berikut beberapa hasil foto kamera belakang F3 Plus tanpa pengeditan dan dalam berbagai kondisi cahaya.

Oppo F3 Plus: Layar Besar, Jago Selfie


Oppo F3 Plus: Layar Besar, Jago Selfie


Oppo F3 Plus: Layar Besar, Jago Selfie


Oppo F3 Plus: Layar Besar, Jago Selfie

Oppo F3 Plus: Layar Besar, Jago Selfie


Oppo F3 Plus: Layar Besar, Jago Selfie


Oppo F3 Plus: Layar Besar, Jago Selfie


Oppo F3 Plus: Layar Besar, Jago Selfie


Kesimpulan detikINET

Layar besar, kamera ganda untuk selfie menawan, tampilan premium, performa stabil dan baterai tahan lama adalah sebagian keuntungan yang bisa dipertimbangkan dari perangkat ini. Oppo jelas menyasar penyuka selfie dengan menonjolkan kemampuan kamera depannya.

Berikut adalah kesimpulan plus minus Oppo F3 Plus:

(+)


Tampilan premium
Layar lebar dengan visibilitas baik
Kamera depan wide angle mantap jadi andalan untuk selfie
Hasil foto kamera belakang bagus di hampir semua kondisi
Baterai awet

(-)

Kebesaran digenggam bagi yang belum terbiasa
Casing belakang licin (perlu case tambahan)
Bisa cukup panas dalam pemakaian sangat intensif
Harga (Rp 6,4 juta) di atas beberapa kompetitor dengan spek hampir sama
Belum tahan air

Oppo F3 Plus: Layar Besar, Jago Selfie


Spesifikasi Oppo F3 Plus

Dimensi: 163,6 mm x 80,8 mm x 7,4 mm
Berat: 185 g
SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Display: 6 inch 1.080 x 1.920 pixel, Gorilla Glass 5
OS: Android 6.0 Marshmallow + ColorOS 3.0
Prosesor: Snapdragon 653 octa core
GPU: Adreno 510
Slot kartu: microSD sampai 256GB
Kamera: belakang (16 MP, f/1,7), depan (16 MP + 8 MP)
USB: microUSB 2.0, USB on the go
Baterai: 4.000 mAh non removable, fast charging

Oppo F3 Plus: Layar Besar, Jago Selfie
(rns/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed