BERITA TERBARU
Selasa, 04 Okt 2016 07:36 WIB

Review Produk

Oppo F1s: Memang Jagonya Selfie!

Yudhianto - detikInet
Oppo F1s (Foto: Anggoro Suryo Jati/detikINET) Oppo F1s (Foto: Anggoro Suryo Jati/detikINET)
Jakarta - Demam selfie di kalangan pengguna ponsel secara cerdik dimanfaatkan Oppo. F1s menjawab keinginan penggila Selfie lewat kamera depan yang bahkan kemampuannya lebih baik dari kamera belakangnya.

Ketika produsen lain masih menomorduakan kamera depan, pembuat ponsel asal China ini justru sebaliknya. Oppo sadar betul kalau selfie adalah komoditas yang bisa digarap di ponsel buatannya, maka lahirlah F1s.

Dengan tagline 'selfie expert', Oppo tak asal bicara. Demi selfie maksimal, Oppo membenamkan kemampuan besar untuk kamera depannya yang mencapai 16 MP. Jangan ragukan kualitasnya, karena Oppo malah mengusung strategi terbalik di mana kamera depannya justru lebih baik dari kamera belakang.

Belum lagi ditambah fitur-fitur yang bikin hasil selfie makin ciamik, seperti yang salah satunya adalah Beautify 4.0. Fitur penyempurna selfie ini dipastikan mampu memanjakan pengguna dengan hasil-hasil jepretan selfie terlihat begitu ahli, sesuai jargonnya.

Tapi terlepas dari itu, bagian lainnya juga tak kalah bikin pengguna merasa 'perfect'. Pasalnya sektor desainnya kental nuansa elegan berkat penggunaan material metal dengan finishing bak ponsel flagship. Belum lagi spesifikasi yang diusung juga masuk kategori mumpuni.

Makin penasaran? detikINET mencoba mengulas lebih detail apa-apa saja yang layak bikin Oppo F1s masuk daftar belanja, terutama bagi pengguna yang hobi selfie. Simak ulasannya.

Desain Mewah untuk Kelas Menengah

Meski menonjolkan kemampuan selfie, Oppo tak serta merta melupakan sektor lain. Desain misalnya, Oppo bisa dibilang cukup serius menggarap bagian ini terutama erat kaitannya dengan kebanggaan penguna ketika menggenggamnya.

Sebagai informasi, F1 dan F1 Plus yang bisa dibilang sebagai pendahulu F1s terbilang sukses di pasaran. Atas dasar itulah sepertinya Oppo mempercayakan template desain yang sama di F1s, karena terbukti mampu diserap oleh pasar.

Penggunaan metarial metal jadi daya tarik paling menonjol di desain F1s. Bodi belakang ponsel selfie ini sepenuhnya dibalut metal dengan sentuhan warna yang elegan, yakni gold dan rose gold. DetikINET sendiri berkesempatan menjajal yang berkelir gold.

Oppo F1s: Memang Jagonya Selfie!Oppo F1s: Memang Jagonya Selfie!
Sebagai bukti kekinian, aksen dua garis melintang di atas dan bawah juga tak luput hadir di bodi belakang F1s. Sedangkan bila beralih ke bagian bawah ada sepasang lubang speaker yang menghiasi di sisi kiri dan kanannya, mengapit port micro USB yang dimilikinya. Adapun port audio 3,5 mm ditempatkan di pinggirannya.

Bergeser ke bagian bezel bagian sisinya, pengguna akan menemukan tombol power, volume dan slot kartu SIM. Sedangkan sisi atasnya tampil polos, hanya ada lubang kecil yang belum diketahui fungsinya.

Oppo F1s: Memang Jagonya Selfie!Oppo F1s: Memang Jagonya Selfie!
Untuk layar, pengguna akan disuguhkan dengan layar 5,5 inch yang atasnya diisi oleh kamera depan yang tampak besar. Tapi hal ini tak mengejutkan mengingat kemampuan kamera depan F1s berada di angka 16 MP. Posisinya bersebelahan dengan lubang speaker dan sensor.

Di bawah layar ada tombol home yang sekaligus berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Klaimnya, pemindai sidik jari di F1s hanya perlu waktu 0,2 detik untuk mengenali sidik jari yang terdaftar. Selain itu lingkar yang kelirnya senada warna bodi belakang juga bikin ponsel ini tampak proporsional.

Oppo menyebut F1s mengusung layar 2,5D yang berarti bagian sisinya melengkung. Sayang penggunaannya kurang optimal karena lengkungan di sisi layarnya sama sekali tak terasa. Sisi tepian layarnya juga cukup tebal sehingga lengkungan layar 2,5D yang dimaksud jadi tak kelihatan.

Pengguna harus memperhatikannya dengan seksama kalau mau membuktikan bahwa F1s mengusung layar 2,5D. Andai tepian layar di F1s bisa dibuat setipis mungkin, penggunaan layar 2,5D sebenarnya bisa dijadikan sebagai daya tarik tambahan ponsel ini.

Oppo F1s: Memang Jagonya Selfie!Oppo F1s: Memang Jagonya Selfie!
Spesifikasi Pas Buat Harian

Urusan spesifikasi, F1s dipercayakan prosesornya pada MT6750 bikinan MediaTek yang telah mengusung teknologi octa core. Adapun chip grafisnya adalah Mali-T680 MP2. Oppo memadukannya dengan penggunaan RAM sebesar 3 GB. Sedangkan memori internalnya berada di angka 32 GB.

Kalau dirasa masih kurang Oppo juga menyediakan slot micro SD yang bisa menelan kapasitas hingga 128 GB.

Beralih ke layar, siap-siap dimanjakan dengan ukuran cukup besar dengan bentang 5,5 inch berteknologi IPS. Namun untuk ukuran ponsel menengah, resolusi layar F1s harusnya bisa lebih ditingkatkan lagi. Sebab Oppo membekalinya dengan resolusi HD (1.280 x 720 pixel). Tapi untuk ketahanannya, Gorilla Glass 4 mampu membuat pengguna tak was-was layar ponselnya tergores.

Kamera depan adalah faktor utama yang paling ditonjolkan F1s. Tak tanggung-tanggung performanya mencapai 16 MP, dalam pengujiannya juga membuktikan kalau kualitasnya tak main-main. Dipastikan pengguna yang memakainya bakal tersenyum-senyum sendiri melihat hasilnya.

Oppo F1s: Memang Jagonya Selfie!
Lantas bagaimana dengan kamera belakangnya yang hanya 13 MP? Meski kemampuannya masih di bawah kamera depannya, kualitasnya terbilang menjanjikan. Pengguna tetap mampu mendapatkan hasil jepretan yang bisa memanjakan matanya.

Apalagi kemampuan baterainya cukup besar, yakni 3075 mAh. Sehingga pengguna bisa mengabadikan momen selfie dan aktivitasnya sepanjang hari. Dengan beban aktivitas padat, pengguna baru akan mengisi ulang baterai di sekitar sore hari menjelang gelap.

Sementara itu untuk pemindai yang klaimnya cuma butuh waktu sekitar 0,2 detik untuk mengenali sidik jari pengguna benar-benar bisa dibuktikan. Hanya sekedip mata bagi pengguna untuk mengakses ponselnya lewat sidik jari.

Tapi ada catatan kecil, pastikan tak ada yang mengusik di atas permukaan pemindai. Seperti misalnya noda atau rambut halus, karena akan mengganggu proses pengenalan sidik jari.

Bicara spesifikasi kurang afdol kalau tanpa pengujian perfoma. Meski mengusung RAM yang terbilang besar, tapi sepertinya performa bukan hal yang paling ditonjolkan Oppo di F1s. Meski begitu, penasaran juga untuk mengetahui seberapa cepat ponsel ini dalam pengujian AnTuTu.

Dan dalam pengujiannya, skor yang mampu ditorehkan F1s atau yang dikenal sebagai A1610 di AnTuTu adalah 43.008 poin. Hasil ini menempatkan F1s setara dengan Meizu M3 Note yang berada di rentang harga dan spesifikasi sama.

Andai saja Oppo mempertimbangkan pakai Snapdragon 616 yang sempat muncul di F1, mungkin hasilnya akan jauh lebih baik. Tapi tentu saja hal ini akan berpengaruh ke harganya yang jadi lebih mahal. Toh, di sisi lain Oppo telah meningkatkan sektor kamera depannya yang 16 MP.

Oppo F1s: Memang Jagonya Selfie!Oppo F1s: Memang Jagonya Selfie!
Memang Jagonya Selfie

Tagline 'selfie expert' benar-benar dibuktikan oleh Oppo di F1s. DetikINET membuktikan kalau kamera depan F1s terbukti punya kualitas yang mumpuni. Meski begitu fitur Beautify yang sudah ada sejak di F1, tetap jadi daya tarik di F1s. Malah sekarang sudah memasuki versi Beautify 4.0.

Ketika menggunakan fitur ini, pengguna bisa menentukan seberapa baik Beautify mempercantik wajahnya. Ada 8 tingkat yang bisa dipilih dari yang paling rendah, yang memberi efek minimum beautify. Sampai yang paling tinggi, di mana wajah pengguna bisa tampil mulus sempurna.

Selain itu ada juga pilihan menambah intensitas rona merah muda. Penguna hanya perlu menggeser ke kanan untuk membuat wajah terlihat lebih segar. Oh iya, F1s juga punya fitur wide selfie yang dinamainya sebagai panorama. Menggunakan fitur ini pengguna jadi bisa melakukan jepretan wefie dengan lebih banyak orang.

Oppo F1s: Memang Jagonya Selfie!Setelan untuk Fitur Beautify 4.0
Oppo F1s: Memang Jagonya Selfie!Perbandingan selfie tanpa Beautify 4.0 dan menggunakan Beautify 4.0
Perbandingan selfie tanpa Beautify 4.0 dan menggunakan Beautify 4.0Perbandingan selfie tanpa Beautify 4.0 dan menggunakan Beautify 4.0
Sekarang beralih ke pembuktian kamera belakangnya yang kemampuannya lebih rendah dari kamera depannya. Berbekal kemampuan 13 MP, nyatanya kemampuan kamera belakang F1s juga terbilang lumayan. Meski diakui kualitasnya tak sebaik kamera depannya yang 16 MP.

Ketika jepretan dilakukan outdoor, kualitasnya masuk kategori baik. Detailnya lumayan, walau secara pewarnaan kurang tajam. Sedangkan ketika jepretan dilakukan dalam kondisi makro, hasilnya tak beda jauh dengan di kondisi outdoor.

Meski layak dapat sebutan baik, noise masih tampak terlihat meski dalam kategori wajar dan belum mengganggu. Tapi overall detail jepretan makronya sangat baik. Begitu pun ketika makro dilakukan dalam kondisi indoor, hasilnya lumayan.

Jepretan kamera belakang F1s kondisi outdoorJepretan kamera belakang F1s kondisi outdoor
Jepretan kamera belakang F1s pengambilan makroJepretan kamera belakang F1s pengambilan makro
Jepretan kamera belakang F1s pengambilan makroJepretan kamera belakang F1s pengambilan makro
Tapi kalau boleh disimpulkan, kamera belakang sepertinya kurang cocok buat jepretan makro. Lagipula memang tak banyak orang yang mengambil gambar makro pakai ponsel, jadi seharusnya hal ini tak akan terlalu mengganggu.

Opini detiKINET

Lagi-lagi detikINET menekankan tagline 'selfie expert' yang ditonjolkan oleh F1s. Untuk urusan jeprat-jepret narsis sepertinya sulit mencari tandingan dari ponsel bikinan Oppo ini. Singkatnya, kalau untuk urusan selfie maka F1s layak masuk di daftar teratas.

Kamera 16 MP yang terbenam di F1s benar-benar dimaksimalkan untuk tujuan selfie. Apalagi ketika dikombinasikan dengan menu Beautify 4.0 yang diusungnya. Siapapun pasti bakal pangling ketika melihat hasil jepretannya.

Untuk urusan pamer selfie di media sosial, bisa dibilang F1s adalah jawaban terbaik. Tapi ingat jangan terlalu banyak 'mempermak' wajah Anda dengan berbagai fitur yang ada, khawatirnya ketika diajak kenalan baru untuk ketemuan di dunia nyata lantaran melihat foto selfie Anda, bisa-bisa orang tersebut pangling.

Dengan kata lain, kombinasi kamera depan 16 MP dipadu fitur Beautify 4.0 bisa membuat pengguna menjadi orang yang sama sekali beda. Wajah Anda akan dibuat bak artis Korea Selatan yang kerap tampil mulus dan kinclong.

Di sisi lain, desain juga mumpuni. Pengguna akan dimanjakan dengan balutan material metal yang dipadu dengan pemilihan kelir elegan. Meski hanya dibanderol di rentang Rp 3 jutaan, desain F1s bak ponsel kelas atas sehingga mampu bikin penggunanya puas.

Oppo F1s: Memang Jagonya Selfie!Oppo F1s: Memang Jagonya Selfie!
Sementara dari sektor performa. Besaran RAM memang 3 GB, tapi jangan harap performanya melesat cepat bak ponsel kelas atas. Pun begitu secara keseluruhan F1s bisa digunakan dengan cukup mulus dan lancar untuk keseharian.

Kesimpulannya, bagi pengguna yang gila selfie, F1s adalah jawaban paling masuk akal. Kenapa masuk akal? Karena dengan kelebihannya itu, ponsel ini dilabeli dengan harga cukup wajar. Pengguna bisa memboyongnya dengan modal Rp 3,8 juta, dan tiap hari bisa selfie dengan wajah ala Lee Min Ho ataupun Song Hye Kyo. (yud/ash)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Hasrat Telkomsel Gelar 5G di 2021

    Hasrat Telkomsel Gelar 5G di 2021

    Senin, 29 Mei 2017 17:40 WIB
    Telkomsel berhasrat untuk menggelar layanan 5G di Indonesia, dalam waktu yang tidak jauh dengan implementasi di ranah global.
  • photo Menjajal Kecepatan 5G Telkomsel FotoINET

    Menjajal Kecepatan 5G Telkomsel

    Senin, 29 Mei 2017 17:21 WIB
    Telkomsel bersama dengan Huawei melakukan live demo pertama di Indonesia untuk teknologi 5G yang mampu menghasilkan kecepatan 70 Gbps. Wow!
  • Demo 5G Telkomsel Tembus 70 Gbps

    Demo 5G Telkomsel Tembus 70 Gbps

    Senin, 29 Mei 2017 17:14 WIB
    Telkomsel melakukan live demo teknologi 5G pertama di Indonesia. Hasilnya, live demo yang dilakukan bersama Huawei ini tembus 70 Gbps.
  • Sambut Ramadan, Google Hadirkan Fitur Anyar

    Sambut Ramadan, Google Hadirkan Fitur Anyar

    Senin, 29 Mei 2017 16:48 WIB
    Memasuki bulan Ramadan 2017, Google merilis fitur barunya di Indonesia. Fitur-fitur tersebut dijanjikan dapat menjadi teman ibadah puasa lewat ponsel pengguna.
  • Pernikahan Sederhana Para Bos Teknologi

    Pernikahan Sederhana Para Bos Teknologi

    Senin, 29 Mei 2017 16:03 WIB
    Selain CEO Snap Evan Spiegel, sejumlah bos teknologi lainnya memilih menggelar pesta pernikahan sederhana, meski mereka dari kalangan berduit.