Kamis, 24 Mar 2016 09:34 WIB

Hands On

Lenovo Vibe K4 Note: Sensasi Virtual Reality yang Nanggung

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: detikINET/Irna Prihandini Foto: detikINET/Irna Prihandini
Jakarta - Selain berkecimpung di bisnis smartphone, Lenovo nyatanya juga memiliki minat di bisnis perangkat berteknologi virtual reality. Karenanya, vendor asal China ini merilis Vibe K4 Note di berbagai negara.

Sebelum sampai ke Indonesia, smartphone dengan bentang layar 5,5 inch Full HD ini sudah lebih dulu melenggang di India. Lenovo mengklaim bahwa perangkatnya laris manis di Negeri Bollywood dengan angka penjualan cukup tinggi.

Karena ditujukan untuk mengakomodir pengalaman virtual reality yang diklaim mumpuni, Vibe K4 Note hadir dengan teknologi TheaterMax dan bundling headset virtual reality yang diberi nama Ant VR.

Tim detikINET pun berkesempatan untuk menghadiri prosesi peluncuran yang berlangsung di Sheraton Hotel, Gandaria Jakarta, Rabu (23/3/2016). Seperti apa pengalaman menjajal virtual reality yang ditawarkan oleh Vibe K4 Note beserta headsetnya? Simak hands-on singkat berikut.

Desain

Untuk bisa menikmati teknologi virtual reality tentu membutuhkan headset khusus yang diberi nama Lenovo sebagai Ant VR .

Dari segi desain, Ant VR dibalut dengan material plastik, terasa ringan serta tidak memiliki penutup di bagian depannya. Hal ini tentu membuat punggung smartphone bisa terlihat bebas oleh orang lain.

Celah terbuka dari headset nyatanya tak hanya datang dari depan, tapi juga dari samping kiri dan kanan. Hal ini tentu membuat sinar dari luar bebas masuk melalui celah-celah di samping kiri dan kanan. Karenanya pengguna headset masih bisa melihat ke luar ketika sedang menggunakan headset.

Bicara warna, Ant VR hadir dengan cipratan warna hitam dop dan dilengkapi dengan strap kiri-kanan. Anda pun bisa menyetel tingkat keketatan strap dengan cara mengendurkannya baik di sisi kanan maupun kiri.

Pengguna kacamata dengan ukuran besar bisa tetap menggunakan Ant VR. Pun demikian, ruang yang sempit ketika melihat ke dalam lensa membuat penggunaan headset dengan kacamata terasa kurang nyaman.

Ant VR juga tidak memiliki tombol satupun di headset. Tidak ada tombol pengaturan volume, back, atau bahkan fokus. Jadi sebelum memasukkan smartphone ke dalam headset, ada baiknya jika Anda mengatur volume dan perintilan lainnya terlebih dahulu.

Interaktivitas

Bicara virtual reality pastinya berbicara mengenai konten dan Lenovo paham akan hal itu. Karenanya, bersamaan dengan peluncuran Vibe K4 Note, Lenovo telah menyiapkan sedikitnya tiga permainan virtual reality, yakni Terkunci, Crazy Ojek 3D, dan Stellarity.

Ketiga game tersebut dikatakan dikembangkan khusus hanya untuk Lenovo. Pengembangannya digarap oleh developer lokal melalui perlombaan yang digelar oleh Lenovo dan Dicoding.

Dari ketiga game tadi, detikINET hanya sempat menjajal bermain satu judul game, yakni Crazy Ojek 3D. Gameplay yang ditawarkan mirip dengan game endless run yang terkenal, Subway Surfers. Bedanya di sini Anda berperan sebagai tukang ojek yang berlari menghindari kereta yang datang dari arah depan ke kiri dan kanan.

Game ini bisa dimainkan dengan dua mode permainan, normal dan virtual reality. Karena ini konteksnya virtual reality, maka Anda akan bermain dari sudut pandang orang pertama. Konten yang tersaji cukup halus dengan pergerakan yang juga smooth. Belum terasa efek mual (motion sickness) karena kami hanya menjajalnya dalam waktu  singkat.

Namun karena tidak ada tombol navigasi, maka untuk bermain game Crazy Ojek 3D tadi dibutuhkan peran jari yang bisa masuk lewat celah samping tadi. Begitu pula dengan game lainnya yang menurut pengalaman beberapa rekan hanya membutuhkan gerakan kepala.

Lalu apakah tidak ada cara lain? Sebenarnya ada, yakni dengan menggunakan gamepad yang dijual bebas di pasaran dengan harga yang variatif. Tapi, itu pun tidak semua game mendukung penuh penggunaan gamepad.

Selain tiga game tadi, Anda mungkin bisa menjajal konten virtual reality lainnya melalui beberapa aplikasi penyedia konten virtual reality atau 360 derajat lainnya, seperti Google Cardboard atau YouTube.

Opini detikINET

Upaya Lenovo untuk terjun di bisnis perangkat virtual reality patut diapresiasi, namun jika targetnya adalah menghadirkan pengalaman dan sensasi virtual reality yang luar biasa, vendor asal China ini sepertinya harus lebih banyak berusaha lagi. Smartphonenya sudah bagus, tinggal headset saja yang masih perlu pengembangan agar lebih optimal.

Celah yang datang dari samping bisa cukup mengganggu, karena membuat pengguna tidak fokus dengan konten yang disajikan. Selain itu juga terkait ketiadaan tombol satupun di headset virtual reality ini.

Dengan pengalaman dan nama besarnya, Lenovo harusnya bisa lebih mengoptimalkan perangkat VR ini sehingga bermain game jadi lebih interaktif dan aktif. Sebab jika pasif, maka perangkat VR paling cocok hanya dijadikan alat menonton konten 360 derajat.

Namun kembali lagi, ini adalah langkah pertama Lenovo di jagat virtual reality. Ibarat pepatah, ada harga ada rupa. Sebab, lewat Vibe K4 Note dan Ant VR, Lenovo mungkin memang ingin menyasar pengguna virtual reality entry level dengan kocek tak terlalu dalam.

Sebab, rasanya baru perangkat ini yang ditawarkan dengan harga Rp 2,8 jutaan, user sudah bisa mendapatkan smartphone plus Ant VR. Sekaligus menegaskan kepada pengguna bahwa untuk bisa merasakan pengalaman virtual reality, Anda tak perlu mengeluarkan budget mahal. (mag/ash)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed