Rabu, 27 Jan 2016 13:25 WIB

Review Produk

Lenovo A2010: Ponsel 4G Murah Bagi yang Mau 'Hijrah'

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: detikINET Foto: detikINET
Jakarta -

Peralihan dari 3G ke 4G perlu didukung banyak hal, antara lain ketersediaan perangkat. Namun harga handset 4G yang belum semurah 3G menjadi salah satu penyebab sebagian besar pengguna ponsel di Indonesia belum 'hijrah' ke konektivitas generasi keempat tersebut.

Situasi ini menjadi bidikan sejumlah manufaktur handset menawarkan ponsel 4G murah. Lenovo misalnya, menampilkan A2010 sebagai ponsel 4G murah berlabel 'Made in Indonesia' sebagai jualannya. Seperti apa kemampuan ponsel ini? Simak review detikINET berikut.

Desain

Lenovo A2010 tampil sederhana dengan desain yang umum dijumpai pada smartphone kelas entry level. Casing plastik membalut keseluruhan bodi Lenovo A2010. Menelusuri bagian depan, Lenovo A2010 punya tombol kapasitif untuk Home, Menu dan Back.


Bentang layar 4,5 inch cukup ideal untuk sebuah smartphone, tak terlalu besar namun juga tidak kekecilan. Kamera selfie 2 megapixel ditempatkan di kiri atas layar, tak jauh dari lubang speaker.



Kini ke bagian tepi. Seperti pada kebanyakan ponsel, Lenovo A2010 punya tombol volume dan power di sisi kanan, serta port micro USB dan jack audio yang ditempatkan di sisi atas.

Yang menarik, ketika diperhatikan secara detail dari bagian sisi, tampak sedikit sentuhan desain yang tak biasa. Jika kebanyakan smartphone punya layar sejajar dengan bingkai, Lenovo A2010 mendesain layarnya tampak lebih tinggi dibandingkan dengan bingkainya.

Tidak diketahui fungsi desain layar ini secara teknis. Namun secara estetika cukup menarik, meski mungkin tak banyak pengguna yang memperhatikannya.



Akhirnya beralih ke bagian belakang. Material plastik mendominasi sisi belakang Lenovo A2010. Untungnya, casing plastik Lenovo A2010 bukan jenis glossy yang mudah kotor terkena bekas sentuhan tangan. Bahan casing ini juga cukup kesat sehingga tidak licin ketika digenggam.

Di bagian belakang, secara berurutan dari atas ke bawah ditempatkan kamera 5 megapixel dengan lampu flash LED, logo Lenovo dan speaker. Untuk mengetahui bagian dalamnya, pengguna bisa membuka casing tersebut dari slot kecil di kiri bawah untuk melihat baterai, microSD dan dua slot SIM card dengan konektivitas 4G dan 2G.



Performa

Sebagai smartphone entry level dengan banderol terjangkau, penyesuaian spesifikasi untuk menekan harga sudah bukan rahasia lagi. Demikian pula yang dialami Lenovo A2010.

Tidak ada yang menonjol dari spesifikasi Lenovo A2010. Handset ini dibekali prosesor quadcore Mediatek MT6735M 1GHz, GPU Mali T720, serta dukungan RAM 1GB dan kapasitas penyimpanan internal 8GB.

 


Skor benchmark menggunakan aplikasi Antutu sebesar 23102 menempatkannya di jajaran rata-rata smartphone entry level lainnya. Kualitas layar terbilang standar dengan resolusi 480 x 854 pixel, namun grafisnya lumayan dengan olahan GPU Mali T720.

Kapasitas RAM 1 GB memang dirasa kurang untuk standar ponsel Android saat ini. Namun untuk penggunaan sehari-hari, seharusnya performanya sudah cukup nyaman.



Sedikit catatan mengenai layarnya, Lenovo A2010 belum dilapisi Gorilla Glass. Untuk mengakomodasinya, Lenovo sudah melekatkan screen protector bawaan di unit A2010. Di sisi lain, ini menyebabkan layar capacitive menjadi kurang responsif.

Pilihan ada di tangan pengguna. Anda bisa mempertahankan screen protector dengan layar yang menjadi kurang responsif, atau membiarkannya 'telanjang' dan lebih responsif namun dengan resiko mudah tergores.

Kamera



Jepretan kamera belakang 5 megapixel Lenovo A2010 termasuk kategori rata-rata, cukup untuk memenuhi kebutuhan fotografi sehari-hari. Hasil foto terbilang bagus untuk pemotretan di luar ruangan dan dalam kondisi terang.

Untuk kondisi dalam ruangan, hasilnya pun lumayan bagus asalkan jarak memotretnya pas dan genggaman tangan stabil saat menjepret. Memotret saat kondisi gelap, hasilnya akan lebih baik dengan menyalakan flash. Kelemahannya, kamera ini tidak punya fitur autofocus, jadi sulit menghasilkan foto yang tajam.

Beralih ke kamera sekundernya, kamera depan 2 megapixel tak mengecewakan. Bagi yang gemar selfie, kamera depan sudah dilengkapi dengan fitur auto capture dengan smile detection. Cukup tersenyum, kamera akan otomatis menjepret.



Fitur beautify yang menjadi standar kamera selfie masa kini juga ada di sini, sehingga pengguna bisa 'mendandani' wajahnya. Untuk sekedar berfoto selfie dan melakukan video call asalkan di kondisi terang, kamera depan Lenovo A2010 lebih dari cukup.

Berikut adalah beberapa contoh hasil foto kamera Lenovo A2010 tanpa pengeditan.


Outdoor kondisi terang



 


Outdoor kondisi terang




Outdoor kondisi gelap, dengan dan tanpa flash



Kamera depan, dengan dan tanpa fitur beautify



Daya Tahan

Baterai 2000 mAh cukup untuk memenuhi kebutuhan standar penggunaan sehari-hari. Baterainya bisa tahan seharian atau sekitar 12 jam dalam satu kali isi ulang baterai dengan dua SIM card aktif. Daya tahannya bisa sedikit lebih panjang jika hanya mengaktifkan satu SIM card.

'Bonus' lain yang penting bagi kenyamanan pengguna, ponsel ini tidak mudah panas. Dalam pemakaian biasa, ponsel sama sekali tidak terasa panas. detikINET menjajalnya untuk bermain game sekitar 1 jam, suhu ponsel masih wajar.



Kesimpulan

Meski harganya terbilang murah di kisaran Rp 1,2 juta, Lenovo berusaha menyajikan ponsel yang ideal. Secara keseluruhan, performanya cukup untuk memenuhi kebutuhan penggunaan ponsel sehari-hari.

Harga terjangkau tentunya dipengaruhi pula oleh faktor kedekatan lokasi produksi. Seperti sudah disinggung di awal, Lenovo A2010 adalah ponsel 4G berlabel 'Made in Indonesia', diproduksi di Indonesia sehingga harganya bisa lebih murah dari merek lain dengan spesifikasi yang sama.

Bagi yang baru akan beralih ke konektivitas 4G menggunakan ponsel Android murah dengan performa lumayan, Lenovo A2010 mungkin bisa jadi pilihan.



Plus (+)

- Harga relatif murah untuk ponsel 4G
- Konektivitas 4G
- Dual SIM card
- Tidak mudah panas  
- Kamera depan ada fitur auto capture dengan smile detection

Minus (-)

- Slot SIM card 2 hanya mendukung 2G
- Kualitas tampilan layar standar
- Layar kurang responsif jika mempertahankan screen protector
- Kamera belakang tidak ada autofocus

(rns/ash)