Kamis, 10 Des 2015 15:55 WIB

Review Produk

LG G4 Stylus, Alternatif Ponsel Stylus Harga Terjangkau

Adi Fida Rahman - detikInet
Jakarta -

Tidak banyak ponsel yang dilengkapi stylus yang ada di pasaran. Karena itu ketika LG G4 Stylus bertandang ke ruang redaksi detikINET, kami langsung menjajalnya.

Sebagai penerus G3 Stylus, ponsel ini mendapatkan perbaikan dan peningkatan di berbagai sisi. Paling ketara dimensinya yang lebih besar.

LG telah meningkatkan ukuran layarnya dari 5,5 inch menjadi 5,7 inch. Peningkatan ini dibarengi dengan penambahan resolusi layar.

Meski kamera belakangnya tidak ditambah, LG meningkatkan kamera depannya dari 3 megapixel menjadi 5 megapixel. Tentu ini akan meningkatkan kualitas hasil fotonya.



Di sektor prosesor, LG masih setia dengan Mediatek. Hanya saja, mereka melakukan upgrade ke seri yang lebih baru. Prosesor tersebut berpadu dengan RAM berukuran 1 GB.

Nah, dengan segala perubahan dan peningkatan tersebut apakah LG G4 Stylus memiliki kemampuan yang lebih baik? Untuk menjawabnya, berikut review lengkap yang detikINET lakukan.

Desain Mewah
G4 Stylus masih mengusung desain khas LG. Semua tombolnya ditempatkan di bagian belakang. Bagi mereka yang terbiasa dengan tombol di pingiran bodi ponsel memang harus adaptasi. Tapi bila sudah terbiasa, penempatan tombol di belakang sebenarnya cukup nyaman dan mudah.



Walaupun bagian belakang terbuat dari plastik dan bukan kulit seperti G4, tampilan G4 Stylus masih terasa mewah. Hal ini berkat cover bagian belakangnya didesain melengkung dan didandani layaknya lapisan metal.

Meski ukuran G4 Stylus lebih besar dari sebelumnya, ponsel ini terasa mantab saat digenggam. Ini karena bagian belakangnya dibuat melengkung dan bertekstur. Jadi ketika ponsel ini berada di telapak tangan terasa nyaman dan tidak licin.

Stylusnya sendiri berada di bagian atas sebelah kanan. Ketika masih tersimpan dalam bodi, stylus ini seperti menyatu dengan cover belakangnya. Jadi tidak merusak estetika.



Kita dapat mencabut dan memasukkan stylus ini dengan sangat gampang. LG turut membuat bagian ujung stylus tersebut lebih besar. Sehingga pengguna dapat terhindar memasukan ujung stylus yang salah ke bodi ponsel.

Layar Kurang Tajam Tapi Responsif
Seperti telah disinggung di muka, LG telah meningkatkan ukuran layar G4 Stylus. Pun demikian dengan resolusinya yang kini menjadi 1280 x 720 pixel.

Hanya saja dengan ukuran layar yang begitu lebar, kerapatan pixel yang dimiliki tergolong kecil. LG G4 Stylus punya kerapatan sebesar 258 PPi.

Ini terasa kala kita membuka laman web yang penuh teks. Terasa kurang begitu jelas dilihat mata. Untungnya, hal tersebut tidak merembet saat menampilkan gambar atau video.

Terlepas dari itu, layar G4 Stylus cukup responsif. Baik saat menggunakan jari saat bernavigasi maupun saat menulis menggunakan stylus.




Kamera Tak Istimewa
LG menyematkan kamera belakang 13 megapixel. Saat detikINET menjajalnya sebenarnya tak mengecewakan, tapi tidak pula istimewa seperti G4.

Saat memotret di luar ruang, foto terlihat jelas dengan akurasi warna cukup baik. Sayangnya, ketika memotret di dalam ruangan minim cahaya, G4 Stylus kurang maksimal. Foto yang dihasilkan masih ketara noisenya. Kami pun mengeluhkan minimnya fitur kamera, hanya ada mode Auto dan Panorama saja. Sementara fitur HDR tidak diberikan LG.

Salah satu nilai positifnya adalah tersedianya Laser Auto Focus. Berkat fitur ini mengambil fokus pada foto jadi lebih cepat. Ini sangat berguna kala digunakan mengambil foto makro.

Kamera depan sendiri cukup baik dalam mengambil foto selfie. Meski tidak tersedia flash, layar depan LG G4 Stylus memancarkan cahaya yang lebih untuk membuat objek foto lebih baik. Makin menarik dengan dilengkapinya fitur beauty filter yang membuat objek foto lebih cantik.

Selain itu kamera depannya mendukung gerakan, sehingga makin mempermudah foto selfie. Cukup kepalkan tangan, dalam hitungan 1, 2, 3 kamera depan akan mulai memotret.

Berikut hasil foto-foto LG G4 Stylus















Stylus Seperti Pensil Gambar
Ukuran stylus ponsel ini memang cukup kecil. Meski demikian sangat nyaman di tangan dan tidak licin. Kita seperti memegang pensil gambar asli.

Jangan bandingkan dengan S-Pen yang dimiliki Galaxy Note 5, stylus ini tentu kalah canggih. Karena kemampuannya memang untuk membantu menulis di permukaan layar saja. Tapi ada kemampuan yang kami sukai dari stylus ini ketimbang S-Pen. Ketika menghapus sketsa, terasa seperti menggunakan karet penghapus sungguhan.

LG turut melengkapi stylus ini dengan aplikasi QuickMemo+. Tidak hanya bisa membuat catatan kecil, di sini kita dapat membuat sketsa dengan mudah. Berikut contoh sketsa yang detikINET lakukan.





Multitasking Maksimal
LG G4 Stylus mengusung UX UI berbasis Android 5.0 Lollipop. Tampilannya cukup sederhana namun cukup menarik dilihat. Tidak ada kesulitan saat menggunakan antar muka ini untuk pertama kalinya.

Sejumlah fitur menarik disematkan LG di dalamnya. Salah satu yang cukup berguna adalah Dual Windows Mode. Ini membuat multitasking maksimal, pasalnya kita dapat membuka dua aplikasi sekaligus dalam satu layar. detikINET sempat menjajal fitur ini dengan membuka laman web sembari memutar video youtube. Semua berjalan cukup mudah dan lancar.



LG pun turut menyematkan fitur Glance View untuk mengintip aktivitas ponsel saat kondisi stand by. Cukup drag ke bawah di area layar, seketika akan muncul sejumlah informasi penting, seperti jam dan notifikasi.

Tidak ketinggalan fitur andalan LG, Knock Code, yang membantu mengamankan ponsel dari orang yang tidak bertanggung jawab. Cukup dengan membuat kombinasi kode unik di area layar untuk membuka ponsel.

Performa Mumpuni
LG G4 Stylus disokong prosesor quad core Mediatek MT6592 dan RAM 1GB. Dengan spesifikasi tersebut, G4 Stylus masih bekerja dengan baik. Membuka web cukup lancar, begitu saat dijajal memainkan Asphalt 8.

Namun ketika melakukan multitasking dengan membuka banyak aplikasi sekaligus dan berpindah dengan cepat. Kita baru merasakan penurunan performa G4 Stylus. Tapi hal itu cukup wajar mengingat spesifikasi yang dimilikinya.



Agar lebih menyakinkan, detikINET melakukan pengujian dengan serangkaian aplikasi. Pengujian pertama menggunakan aplikasi Antutu.

Hasilnya cukup tinggi, LG G4 Stylus meraih nilai 30004. Skor tersebut melebihi perolehan dari Xiaomi Redmi Note dan Meizu M2 yang punya RAM yang lebih tinggi.



Kami pun melakukan pengujian Quadrant, 3DMark Ice Strom Extreme dan GFXBench. Hasilnya, pada pengujian Quadrant G4 Stylus menorehkan 17534. Sementara pengujian 3dMark Ice Storm meraih 4.553, sedangkan GFXbench mendapat skor 240 untuk single-core dan 1432 untuk multi-core.

Melihat hasil pengujian diatas semakin menyakinkan performa G4 Stylus cukup mumpuni di kelasnya.

Opini detikINET
Sebagai suksesor, G4 Stylus dibekali berbagai peningkatan dari pendahulunya, baik dari segi software maupun hardware. Desainnya tidak kalah mewah dengan G4 walaupun tidak berbalut lapisan kulit.



Meski tidak istimewa, kemampuan kamera depan dan belakang tidaklah mengecewakan. Foto masih terlihat tajam dengan akurasi warna yang baik.

Performa ponsel ini pun terbukti mumpuni. Ini dibuktikan hasil dari serangkaian pengujian yang telak kami lakukan.

Tak ada gading yang tak retak. Begitu pula ponsel ini, masih ada kekurangan di beberapa sisi. Misalnya, saat memotret di kondisi minim cahaya dan kualitas layarnya yang masih kurang.




Namun demikian, sejumlah fitur unggulan yang dimiliki cukup mengobati. Di antaranya, stylus yang nyaman digunakan, kemampuan multitasking yang maksimal juga kapasitas baterai yang cukup besar. Jadi G4 Stylus ini dapat dijadikan pertimbangan bagi Anda yang mencari ponsel di kelas menengah. Harganya sendiri dipatok sekitar Rp 2,9 juta.

(afr/fyk)