Jumat, 04 Des 2015 08:34 WIB

Review Produk

Meizu Pro 5: Tampang iPhone 6S, Jeroan Galaxy S6

Yudhianto - detikInet
meizu pro 5 (yud/detikINET) meizu pro 5 (yud/detikINET)
Jakarta -

Soal bikin ponsel, China sudah tak bisa lagi dipandang sebelah mata. Ponsel-ponsel bikinan produsen Negeri Tirai Bambu sudah banyak yang layak disandingkan dengan ponsel kelas atas bikinan produsen ternama. Salah satu yang cukup menyita perhatian adalah Pro 5 garapan Meizu

Pro 5 didaulat sebagai ponsel terbaiknya saat ini oleh Meizu. Betapa tidak, ponsel ini punya segudang fitur-fitur kelas atas yang kerap ditemui di ponsel-ponsel dengan harga jauh di atasnya. Dari sisi desain, bodi metal jadi daya tarik wajib demi mengentalkan kesan premiumnya.

Sektor jeroan juga bisa bikin geleng-geleng kepala. Kalau melirik produsen pesaing, konsumen harus merogoh kocek sampai Rp 9 jutaan bila ingin merasakan spesifikasi 'dewa'. Tapi tidak demikian dengan Pro 5, memboyong spesifikasi yang bisa dibilang hampir sama persis dengan Galaxy S6, Meizu sukses meracik ponsel flagshipnya ini dengan banderol yang masuk akal.

Fitur pemindai sidik jari juga jadi daya tarik lainnya yang ditawarkan oleh Meizu Pro 5. Selain menambah tingkat keamanan login, hadirnya fitur ini juga seakan menjadi penyetara dengan ponsel kelas atas lainnya.

Makin penasaran? DetikINET berkesempatan mengulik ponsel yang dibanderol sekitar Rp 6,5 juta ini. Seperti apa impresinya? Simak ulasannya.

1. iPhone 6 Banget

Pertama kali merasakan Meizu Pro 5 impresi mewah langsung terasa di genggaman tangan. Meizu kelihatannya tak main-main menggarap ponsel ini. Build quality-nya setara dengan ponsel-ponsel kelas atas yang harganya jauh di atas.


pro 5 (yud/detikINET)

Sebagian besar ponsel ini dibalut oleh material metal yang tidak murahan. Malah bukan tak mungkin kalau bahan metal yang dipakai Pro 5 setara dengan yang dipunyai iPhone 6S. Tapi bukannya tanpa kelemahan, kalau diperhatikan seksama ponsel ini terlalu terinspirasi dari ponsel besutan Apple itu soal desainnya.

Meizu menempatkan pemanis berupa dua garis melintang di bagian belakang atas dan bawahnya, seperti yang hadir sejak iPhone 6. Namun memang tidak sama persis, di Pro 5 garisnya lebih tipis dan diwarnai aksen krom.


pro 5 (yud/detikINET)

pro 5 (yud/detikINET)

Kesamaan lainnya juga terletak di sisi bawah, tepatnya di bagian port charger dan speaker. Penempatan dan desain kedua bagian ini sama persis dengan iPhone 6. Yang membuatnya sedikit beda adalah lubang speaker yang jumlahnya empat, di iPhone 6 lubang speakernya lima. Sedangkan untuk port charger-nya, Pro 5 pakai USB Type-C, iPhone 6 pakai port lightning.

Tapi terlepas dari inspirasi desain dari iPhone 6, secara keseluruhan desain Pro 5 memang ciamik. Lagipula tak sedikit ponsel di pasaran yang desainnya terinspirasi iPhone 6. Namun mungkin bisa dibilang hanya Meizu yang paling mampu mengemasnya dengan apik.

Oke, sekarang beralih ke bagian lain, melongok bagian depannya Pro 5 mengusung layar seluas 5,7 inch full HD. Tapi meski lebar, ponsel ini cukup nyaman digenggam berkat ketebalannya yang berada di kisaran 7,5 mm.

Hal menarik lainnya adalah kehadiran tombol home yang multifungsi. Meizu tak membekali Pro 5 dengan on-screen button, sebagai gantinya adalah sebuah tombol fisik berbentuk lonjong. Tombol ini punya tiga bisa fungsi, yakni untuk ke home, sebagai tombol back, sekaligus pemindai sidik jari.

 

pro 5 (yud/detikINET)

 

pro 5 (yud/detikINET)

 

Jadi kalau pengguna ingin langsung ke layar home dari dalam aplikasi tinggal tekan saja. Sedangkan kalau sekadar ingin kembali ke layar sebelumnya alias back, cukup disentuh saja permukaan tombolnya.

Untuk menggunakan fitur pemindai sidik jari, letakkan sidik jari di atas tombol beberapa saat sampai pemindai mengenalinya. Namun tentu untuk bisa menggunakan fitur pemindai sidik jari, pengguna harus lebih dulu mendaftarkan sidik jarinya.

Bagian kamera Pro 5 terbilang besar, mungkin karena kemampuannya yang mencapai 21 MP. Meizu menempatkannya di bagian tengah, di atas lampu flash yang punya dua pengkondisian kecerahan. Sedangkan tombol power, volume dan slot micro SD serta kartu SIM ada di bagian sisinya yang berdesain melengkung halus.

 

2. Jeroan Galaxy S6

Ponsel kelas atas artinya spesifikasi juga harus kelas atas. Jeroan yang diusung Pro 5 terbilang mengejutkan. Mengapa demikian? Karena ponsel ini punya spesifikasi yang sama persis dengan yang dipakai oleh Galaxy S6 yang harganya jauh lebih mahal.

 

pro 5 (yud/detikINET)

 

Ya, seperti Galaxy S6, Pro 5 juga dibekali prosesor octa core 7420. Seharusnya performa ponsel ini pun tak beda jauh dengan perangkat bikinan Samsung itu, malah bisa lebih baik. Alasannya karena Pro 5 dibekali ukuran RAM yang lebih besar, yakni 4 GB. Meizu memadunya dengan memori internal sebesar 32 GB.

Meski begitu Pro 5 yang di-review detikINET merupakan yang versi 3 GB. Varian ini memori internalnya 32 GB.

Seperti dijelaskan sebelumnya, bentang layar Pro 5 adalah 5,7 inch dengan resolusi full HD. Teknologinya AMOLED, namun kalau diperhatikan sepertinya tingkat kecerahan layar Pro 5 agak kurang mencolok. Tapi kalau untuk urusan ketajaman warna, AMOLED tak perlu dipertanyakan lagi.

 

pro 5 (yud/detikINET)

 

Ke bagian kamera, kemampuan yang dipunya penangkap gambar di Pro 5 terbilang yang tertinggi di kelasnya, 21 MP! Dalam pengujian detikINET hasilnya pun sangat mumpuni, tinggal jepret tanpa perlu utak-atik sudah bisa memberikan hasil yang ciamik. Pembuktiannya nanti di segmen kamera. Sedangkan kemampuan kamera depannya 5 MP.

Adapun pemasok daya Pro 5 adalah sebesar 3.050 mAh. Tak jauh beda dengan kebanyakan ponsel saat ini, sehingga ketahanannya hanya sanggup selama satu hari dalam sekali pengecasan.

 

3. Spek Tinggi Tapi Performa Belum Juara

Meski menjanjikan performa tinggi seperti Galaxy S6, spesifikasi sama persis yang dipakai Pro 5 nyatanya belum sanggup menyamai performa ponsel Samsung itu. Pengujian yang detikINET lakukan menggunakan aplikasi benchmark AnTuTu membuktikan kalau performa Pro 5 masih beberapa poin di bawah Galaxy S6.

DetikINET melakukan dua kali pengujian untuk memastikan hasilnya. Setingan yang dipilih dalam pengujian di AnTuTu adalah balance agar semua parameter masuk hitungan, termasuk ketahanan baterai. Jadi bukan cuma bicara performance yang tak melulu dipakai dalam keseharian.

Pengujian pertama sukses dilalui Pro 5 dengan skor yang terbilang lumayan, menyentuh angka 55.959 poin. Kelihatan tinggi memang, namun raihan ini masih berada di bawah OnePlus Two, Xperia Z4 dan Mi Note Pro kepunyaan Xiaomi.

Pro 5 cuma menang di atas HTC One M9. Sebagai informasi, keempat ponsel dibekali prosesor Snapdragon 810.

 

pro 5 (yud/detikINET)

 

pro 5 (yud/detikINET)

 

Diulang kedua kali, skornya naik sedikit. Pro 5 di pengujian keduanya menorehkan angka 56.329 poin. Meski naik tapi raihan ini juga belum bisa menyalip ketiga ponsel yang tadi disebutkan. Sementara itu posisi teratas di isi oleh Galaxy Note 5, phablet flagship Samsung ini skornya mencapai sekitar 69 ribuan poin.

 

4. Jepretan Mumpuni


Dengan kemampuan 21 MP seharusnya kamera Pro 5 menjanjikan hasil jepretan yang mumpuni. Dan memang bukan omong kosong, karena jepretan kamera Pro 5 terbukti mumpuni. Bahkan ketika pengguna asal jepret pun hasil fotonya terbilang sangat baik.

Namun yang dibahas tentu bukan foto yang asal jepret. Seperti biasa detikINET melakukan pengujian foto dalam tiga kondisi, yakni indoor, outdoor, dan makro. Bagaimana hasilnya?

 

pro 5 (yud/detikINET)

 

Pengujian dalam kondisi indoor menunjukkan kalau hasil jepretan kamera Pro 5 memang mumpuni. Hampir sebagian besar bagian dalam foto terlihat cukup detail, pencahayaannya pun pas, termasuk pewarnaannya. Sepertinya Meizu benar-benar tak main-main menggarap bagian penangkap objek ini.

Hasil sama baiknya juga terlihat di pengambilan dalam kondisi outdoor. Detail yang merata, pencahayaan yang pas, dan pewarnaan yang cukup lagi-lagi bikin hasil jepretan kamera Pro 5 nyaman dipandang.

 

pro 5 (yud/detikINET)

 

pro 5 (yud/detikINET)

 

Sementara itu di kondisi makro, secara total hasilnya juga baik. Namun untuk mengambil hasil optimal pengguna tak bisa terlalu mendekatkan kamera ke objeknya. Kamera bakal kesulitan menentukan fokus bila terlalu dekat, sehingga baiknya agak dikasih jarak sedikit ketika mengambil gambar makro.

Soal efek bokehnya, di gambar makro hasil jepretan Pro 5 sudah terbilang cukup bagus.

 

pro 5 (yud/detikINET)

 

Kamera Pro 5 juga punya beberapa fitur yang menarik, ada pilihan slowmotion, beauty, dan makro. Slowmotion dipilih kalau pengguna ingin membuat video dengan gerakan lambat, sedangkan beauty memberi efek memperhalus dan mencerahkan wajah ketika foto selfie agar hasilnya terlihat menarik.

Pilihan Makro secara spesifik membuat kamera Pro 5 sesuai untuk jepretan makro atau pengambilan gambar jarak dekat. Namun dalam pengujian detikINET, memakai menu makro atau tidak, hasilnya sama saja ketika dipakai mengambil gambar makro.

 

pro 5 (yud/detikINET)

 

5. Penantang Kuat Ponsel Premium

Meizu Pro 5 menjadi salah satu jawaban produsen China terhadap ponsel-ponsel premium yang harganya selangit. Dengan spesifikasi yang bisa dibilang sama persis, Meizu sukses meraciknya dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Namun jangan bilang kualitasnya disunat, karena Pro 5 yang dihargai sekitar Rp 6,5 juta ini punya build quality yang cukup premium. Yang disayangkan adalah desainnya yang agak-agak mirip iPhone 6, meski begitu yang membedakannya juga banyak.

pro 5 (yud/detikINET)

Itu dari sisi desain, fitur-fitur kelas wahid juga tak luput dihadirkan Meizu di Pro 5. Selain bodi metal, fitur pemindai sidik jari juga hadir di ponsel ini. Belum lagi bagian kamera yang kemampuannya mencapai 21 MP dan terbukti mampu menyodorkan hasil jepretan ciamik.

Overall, ponsel ini cukup menjanjikan dan bisa jadi pilihan yang sangat layak dipertimbangkan bagi konsumen yang butuh spesifikasi dan fitur kelas atas namun dananya terbatas. Apalagi dengan bermodal prosesor yang sama dengan Galaxy S6, secara tak langsung pengguna bisa merasakan performa ponsel andalan Samsung itu.

Spesifikasi lengkap Meizu Pro 5:
- Prosesor octa core 64 bit Exynos 7420
- RAM 3 GB / Memori Internal 32 GB, RAM 4 GB / Memori Internal 64 GB
- Layar AMOLED 5,7 inch full HD (1.920 x 1.080 pixel)
- Kamera utama 21 MP, kamera depan 5 MP
- Baterai 3050 mAH
- Fitur pemindai sidik jari, NFC, dan lain-lain.

(yud/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed