Senin, 24 Agu 2015 09:28 WIB

Hands-On

Lenovo Vibe Shot: Kamera Saku Menjelma Smartphone

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Jakarta - Kamera selalu jadi fitur yang paling diunggulkan oleh para vendor dalam menggarap smartphone. Tak peduli itu kelas bawah atau atas, semua berlomba-lomba untuk saling memberikan yang terbaik untuk hasil ringkusan gambar.

Inilah yang tengah dilakukan Lenovo pada produk terbarunya, Vibe Shot. Smartphone yang masuk ke dalam jajaran seri Vibe ini dipersenjatai dengan kamera utama 16 MP dan kamera sekunder 8 MP.

Bukan sekadar kamera biasa, keduanya sudah dilengkapi dengan teknologi sensor kamera milik Sony yang memang terkenal akan hasil tangkapan gambar yang ciamik.



Diperkenalkan pertama kali pada Maret 2015 di ajang Mobile World Congress (MWC) 2015, Vibe Shot akhirnya resmi diboyong Lenovo ke Indonesia. Melalui tiga channel toko ritel online, yakni Lazada, BliBli, dan Dino Market, Vibe Shot sudah bisa dipesan dengan harga Rp 4.999.999.



Beruntung, detikINET berkesempatan untuk menjajal pengalaman menggunakan Vibe Shot untuk pertama kalinya sebelum perangkat ini resmi dijual ke pasaran. Seperti apa impresi awalnya? Simak hands-on berikut ini.

Mirip Kamera saku



"Wah, mirip kamera saku," begitu ekspresi detikINET kala pertama kali melihat perangkat tersebut dari kejauhan. Ya, wajar bila berpikiran seperti itu. Hal ini lantaran Lenovo terkesan sengaja merancang desain Vibe Shot sedemikian rupa agar mirip kamera saku.

Bisa dilihat pada bagian belakang perangkat, dimana terdapat sebuah garis yang membagi antara lapisan kaca dan metal. Dengan posisi lensa kamera 16 MP dan triple LED flash yang diletakkan di pojok atas sebelah kanan, maka Vibe shot akan jelas terlihat seperti kamera saku.



Vibe Shot menggunakan rangka bodi berbahan material metal dengan masing-masing sudut yang dibuat agak melengkung, sehingga tidak terlalu menimbulkan kesan tajam dan kaku.

Dimensi bodinya sendiri mencapai 142 x 70 x 7,3 mm dengan bobot 145 g. Tidak terlalu tebal, tapi juga tidak tipis. Ketika digenggam, perangkat ini menimbulkan kesan solid dan agak berat.

Lenovo meletakkan semua tombol fisik di samping kanan perangkat, yang meliputi tombol volume up/down, tombol power/sleep, dan tentunya sebuah tombol shutter kamera. Selain ketiga tombol tadi ada pula tombol slot untuk mengubah mode kamera antara normal dan profesional dengan mudah.



Secara keseluruhan bodi dan tombol-tombol yang hadir memang sengaja diciptakan untuk navigasi fotografi dengan mudah. Sementara di samping kiri dipakai Lenovo sebagai tempat untuk meletakkan slot microSD dan dual kartu SIM, dimana salah satunya mendukung jaringan 4G LTE.

Port USB diletakkan secara apik pada bagian bawah dengan diapit oleh speaker. Pada bagian atas Anda bisa menemukan adanya port headphone 3,5 mm. Port tersebut bisa digunakan sebagai jack untuk memasukkan ring selfie flash tambahan yang menjadi paket bundling perangkat ini.



Untuk pasar Indonesia, Lenovo menghadirkan dua varian warna untuk Vibe Shot, yakni merah dan abu-abu metal. Dua varian warna yang menurut kami sangat menarik. Di satu sisi warna abu-abu metal menimbulkan kesan maskulin, sementara untuk warna merahnya sendiri sangat pas dan tidak terlalu ngejreng.

Layar

Urusan layar, Vibe Shot dibekali dengan layar 5 inch dengan resolusi Full HD (1920 x 1080 pixel). Dengan begitu, layarnya mampu menghasilkan kerapatan pixel mencapai 441 ppi.

Layar Vibe Shot terbilang sukses untuk memproyeksikan apa yang terpancar dari dalam, baik itu untuk tingkat ketajaman warna dan kecerahan layar semuanya terlihat dengan baik. Sayang, kami tidak sempat menjajalnya untuk pemakaian di luar ruangan.



Namun sepertinya dengan mode auto yang ditawarkan, seharusnya layar Vibe Shot ini bisa beradaptasi untuk segala kondisi pemakaian, entah itu di luar ruangan maupun di dalam ruangan.

Untuk user interface, Vibe Shot memadukan user interface khas Lenovo yang tanpa draw apps dengan sistem operasi Android 5.0 Lollipop.

Dapur Pacu

Guna mengakomodir kinerja Vibe Shot secara keseluruhan, Lenovo membekali perangkatnya dengan prosesor octa-core 1,7 GHz Qualcomm Snapdragon 615 64-bit, RAM sebesar 3 GB, dan kartu grafis Adreno 405.



Karena perangkat ini ditujukkan bagi pengguna yang hobi jeprat-jepret, maka Lenovo menanamkan memori internal yang cukup besar, yakni berkapasitas 32 GB.

Kurang dengan memori internal yang diberikan? Anda pun bisa menambahkan melalui slot tambahan microSD yang dapat diperluas hingga 128 GB. Baterainya pun tergolong besar, yakni 2900 mAh.



Karena hanya menjajal perangkat ini secara sepintas, maka kami belum bisa memastikan apakah ada kendala dalam pemakaian secara keseluruhan atau tidak. Namun, dengan daftar spesifikasi di atas kertas tadi, seharusnya kendala seperti lag tidak akan sering terjadi pada pemakaian Lenovo Vibe Shot ini.

Kamera

Membahas Vibe Shot, rasanya tak lengkap rasanya bila tak membahas mengenai kameranya itu sendiri. Seperti yang sudah dikatakan, kamera utamanya memiliki lensa 16 MP dengan teknologi sensor lensa Sony Exmor RS IMX234.



Lensa tersebut tentunya juga sudah dilengkapi dengan teknologi BSI (back side-illuminated) guna hasil gambar yang lebih cerah lagi dan OIS (optical image stabilizer) agar hasil gambar stabil dan tidak blur.

Sudah tentu, dengan pembekalan yang sedemikian rupa tadi, hasil jepretan Vibe Shot terbilang sangat mumpuni. Bagi yang gemar foto makro, kamera Vibe Shot mampu menyodorkan efek bokeh yang bagus. Diuji di beberapa lokasi dan kondisi pun hasilnya terlihat maksimal.

Berada di dalam kondisi ruangan kurang cahaya pun bukan menjadi masalah tersendiri bagi pengguna Vibe Shot. Dengan teknologi BSI tadi, cahaya yang masuk walau sedikit bisa memproyeksikan gambar dengan baik. Ada dua mode pengambilan gambar yang bisa dengan mudah diubah dengan tombol khusus, yakni Normal dan Pro.



Mode normal memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar dengan hasil auto. Bagi Anda yang tak mau repot, mode ini mungkin menjadi opsi terbaik ketika menggunakan Vibe Shot. Selain Normal, adapula mode Pro, dimana Anda bisa dengan bebas menentukan tingkat white-balance, ISO, dan pengaturan lainnya sesuka Anda.

Beranjak ke bagian depan, ada kamera dengan resolusi 8 MP yang siap memanjakan Anda para pecinta selfie. Bila Samsung punya wide selfie, maka Lenovo punya selfie panorama, dimana fitur ini memungkinkan penggunanya untuk berfoto selfie dengan sudut pandang yang lebih luas. Begitu pula dengan efek yang disediakan untuk mendukung pengambilan gambar yang terbilang cukup beragam.

(rou/rou)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed