Rabu, 25 Feb 2015 14:07 WIB

Review Produk

WD My Passport Wireless: Teman Pas untuk Fotografer

- detikInet
Jakarta - Meski layanan data berbasis cloud sudah mulai marak, kebutuhan perangkat untuk menyimpan data dan bisa diakses secara offlline tetap dibutuhkan.

Dengan kebutuhan ruang penyimpanan digital yang semakin hari semakin besar saja, flash disk yang dulu dirasa sudah cukup kini mulai terasa kurang untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut. Karena itulah muncul HDD eksternal untuk mengisi ruang tadi dan mendukung pengguna dengan mobilitas tinggi.

Western Digital atau yang bisa disingkat WD belum lama ini meluncurkan My Passport Wireless, sebuah HDD eksternal dengan kemampuan transfer data secara nirkabel. Tidak itu saja, HDD eksternal ini juga dilengkapi sebuah slot SD card yang tidak ditemui pada HDD Eksternal lain di pasaran saat ini.

Selain fitur-fitur tadi, apa lagi yang bisa pengguna dapatkan dengan menggunakan HDD eksternal ini? Berikut review kami untuk WD My Passport Wireless.

Unboxing dan Desain

Dalam paket penjualannya, WD menyertakan sebuah kabel USB 3.0, serta dua buah wall adapter untuk mengisi daya dari My Passport wireless. Perlu diketahui bahwa wall adapter yang ada bukan diperuntukan untuk pasar indonesia, jadi pemiliknya kelak butuh adapter lagi agar bisa menggunakannya.


 
Desain HDD-nya sendiri tidak jauh dari HDD eksternal pada umumnya. Material yang digunakan pada My Passport Wireless berwarna hitam ini sepenuhnya adalah plastik. Meski plastik, tapi kualitasnya baik dan membuat perangkat ini sendiri terasa kokoh.

Di bagian depan perangkat terdapat dua buah lampu notifikasi untuk kapasitas baterai dan koneksi wifi. Lampu indikator sendiri punya warna yang bisa berubah-ubah. Warna biru akan menyala ketika baterai penuh, hijau saat kapasitas 75%, Kuning 50%, dan merah jika sudah menyentuh 15%.

Fitur dan Performa

Sesuai namanya, fitur utama dari HDD eksternal ini adalah kemampuannya untuk terhubung pada berbagai perangkat secara nirkabel dengan metode WiFi. Setelah melakukan set-up yang tidak terlalu rumit ke laptop dengan mengetik 'mypassport' pada kolom URL browser, perangkat ini siap digunakan.

Menu yang bisa diakses via browser hanya untuk keperluan setting dan juga monitor perangkat My Passport wireless. Pengaturan password, sisa kapasitas penyimpanan, serta status baterai dapat dilihat pada menu ini. Untuk akses ke perangkatnya sendiri bisa dilakukan seperti halnya mengakses flashdisk hanya saja kali ini lewat tab network yang bisa ditemukan di My Document.

Selain bisa terkoneksi dengan laptop/desktop PC via WiFi, My Passport Wireless juga bisa terhubung dengan perangkat Android dan iOS.

Untuk dapat terhubung, pengguna My Passport Wireless harus terlebih dahulu menginstal aplikasi WD My Cloud yang bisa diunduh lewat PlayStore dan App Store. Antar muka pada akses via mobile kurang lebih sama dengan versi desktop dan juga menampilkan informasi yang serupa.



Selain itu hadirnya sebuah slot untuk SD card juga menjadi poin plus dibanding produk sejenis. Data-data pada SD card bisa langsung diimport ke dalam harddisk begitu kartu memori tersebut terpasang. Namun bila tidak ingin proses tersebut terjadi secara otomatis, pengguna bisa mengubah pengaturannya pada menu setting.

WD My Passport Wireless memiliki kecepatan transfer data yang terbilang cepat. Dalam pengujian dengan menyalin kompilasi data yang terdiri-dari berbagai macam file seperti foto, video, dll dengan total data 1 GB melalui USB 3.0. Hasilnya cukup cepat, yaitu hanya sekitar 2 menit 44 detik. Di tempat lain, untuk transfer data sebaliknya (dari WD My Passport Wireless ke HDD PC) seluruh data dapat berpindah dalam waktu 1 menit 15 detik.

Kemampuan transfer data melalui nirkabel pun tak terlalu mengecewakan. Seluruh data tersebut dapat tersalin dalam waktu 14 menit 14 detik. HDD eksternal ini dilengkapi dengan baterai yang mampu bertahan cukup lama, yaitu sekitar 5 sampai 6 jam.



Kesimpulan

WD My Passport Wireless adalah HDD eksternal yang rasanya sangat layak dimiliki. Kemampuan untuk terhubung dengan PC dan perangkat mobile merupakan salah satu kelebihannya. Fitur manajemen serta pengaturannya pun lengkap serta mudah diakses.

Dengan hadirnya sebuah slot SD card, WD My Passport Wireless ini sangat cocok bagi Anda butuh perangkat penyimpanan berkapasitas besar dengan tingkat portabilitas yang sangat tinggi, seperti misalnya seorang fotografer.

(ash/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed