Sony Xperia Z1: Raja Ponsel Kamera - Halaman 7

Review Produk

Sony Xperia Z1: Raja Ponsel Kamera

- detikInet
Kamis, 31 Okt 2013 18:49 WIB
Halaman ke 7 dari 9
Sony Xperia Z1: Raja Ponsel Kamera

Tampilan antar muka yang ada pada Xperia Z1 sangat khas Sony dan tidak berbeda dengan seri-seri lain dari smartphone besutan vendor asal Jepang ini.

Kustomisasi yang bisa dilakukan terbilang terbatas. Pengguna hanya bisa mengganti themes, wallpaper home dan lock screen, serta memasang widget.

Tampilan dari gallery pada Xperia Z menyajikan sesuatu yang cukup menarik. Pada album foto, pengguna bisa mengatur besar-kecilnya thumbnail menggunakan gesture yang biasa dipakai saat melakukan zoom in/out pada gambar. Sedangkan untuk gallery video, pengguna akan disuguhi highlight dari video yang terakhir kali dilihat.



Walkman, pemutar musik yang identik dengan Sony juga hadir dengan tampilan minimalis, namun tetap fungsional. Untuk mengoptimalkan hasil suara, Sony menyelipkan fitur ClearAudio+ yang bisa diakses lewat kolom setting Walkman.

Detail dari lagu-lagu yang tersimpan di gallery juga bisa di-update untuk mendapatkan cover album, nama artis atau juga tahun lagu tersebut dirilis. Bahkan pengguna juga bisa langsung mencari lirik lagu yang saat itu tengah diputar.

Selain pemutar musik, Sony juga akses ke ratusan ribu lagu di bawah naungan label Sony Music dan Musica Studio. Melalui fitur ini pengguna Xperia Z1 bisa steaming atau download lagu terbaru tanpa batasan.

Sekadar catatan, musik yang diunduh akan diterima dalam format MP3 dengan birate sekitar 128kbps. Masih cukup enak di telinga.

Memang, Xperia Z1 ini tidak dibekali fitur-fitur penghibur seperti Air View dan Air Gesture seperti Galaxy S4 atau merekam dengan gambar 120 FPS seperti pada OPPO Find 5, dan sepertinya Sony memang tidak banyak bereksperimen pada sektor ini.

Tapi sisi baiknya adalah, performa ponsel tetap terjaga karena tidak terbebani oleh fitur-fitur yang belum tentu sering dipakai para penggunanya.

Tapi di sisi lain, minimnya fitur software juga membuat Xperia Z1 terasa datar-datar saja tanpa ada sesuatu yang bisa ditonjolkan selain performa tinggi pada kamera dan jeroan, serta kemampuan tahan air.

(eno/eno)
Halaman Selanjutnya
(eno/eno)