Sony Xperia Z1: Raja Ponsel Kamera - Halaman 2

Review Produk

Sony Xperia Z1: Raja Ponsel Kamera

- detikInet
Kamis, 31 Okt 2013 18:49 WIB
Halaman ke 2 dari 9
Sony Xperia Z1: Raja Ponsel Kamera

Secara desain, Xperia Z1 tidak mengalami perubahan berarti dibanding pendahulunya, Xperia Z. Flagship Sony ini masih setia pada bentuk persegi panjang dengan sudut membulat dan permukaan yang rata di kedua sisi.

Salah satu yang membedakan Xperia Z1 dengan Xperia Z adalah hadirnya rangka aluminium yang membuat smartphone ini menjadi lebih solid dan tentunya lebih berat.

Berdasarkan spesikasi di atas kertas, Xperia Z1 memiliki bobot 170 gram yang berat. Terlebih lagi jika dibandingkan dengan HTC One(143 gram) atau Samsung Galaxy S4(132 gram). Bahkan smartphone ini sedikit lebih berat dibanding phablet Galaxy Note 3 yang punya bobot 168 gram.

Soal material bodi, kedua sisi dari Xperia Z terbuat dari kaca yang disebut dengan tampered glass, kemudian dilapisi lagi dengan plastik pelindung yang hampir tidak terlihat kecuali benar-benar dicari dengan teliti.

Digunakannya material kaca tadi membuat tampilan dari smartphone ini terlihat mewah dan tentunya menunjukan sisi premium. Meski begitu, hadirnya plastik yang melapisi sisi-sisi dari Xperia Z1 membawa dampak negatif. Bekas jari tangan sangat mudah menempel pada bodi Xperia Z1 dan membuatnya terlihat kotor.



Letak tombol fisik pada Xperia Z1 hampir tidak mengalami perubahan. Tombol power/lock screen berlapis alumunium, volume up and down, serta tambahan tombol khusus untuk shutter kamera, semuanya terletak pada sisi kanan yang bisa dijangkau dengan mudah menggunakan ibu jari.

Hal ini merupakan suatu hal yang bagus karena memudahkan pengoperasian smartphone dengan satu tangan, khususnya bagi mereka yang punya tangan berukuran kecil.



Untuk menahan masuknya air, Sony masih mempertahankan katup pelindung yang bisa dibuka-tutup pada bagian slot micro SD dan port micro USB. Bagian headphone jack terbilang cukup 'ajaib' karena dibiarkan terbuka tanpa pelindung dan tetap mampu beroperasi dengan baik meskipun sudah dibawa berendam.

Beralih ke bagian belakang, terdapat kamera lengkap dengan LED flash, logo NFC, tulisan Sony dan juga label Xperia. Pada sisi bawah terdapat loudspeaker yang kualitasnya mengalami peningkatan dibanding seri Xperia Z.



Hanya saja suara yang dihasilkan masih tergolong kecil dan cenderung pecah saat dipakai menyetel musik dengan volume maksimal.

(eno/eno)
Halaman Selanjutnya
(eno/eno)