WD Red 4TB: Ideal untuk Jaringan Rumahan

Review Produk

WD Red 4TB: Ideal untuk Jaringan Rumahan

- detikInet
Kamis, 31 Okt 2013 14:31 WIB
WD Red 4TB (eno/detikINET)
Jakarta - Western Digital (WD) baru saja memperbaharui jajaran hardisk seri Red, produk yang diklaim cocok sebagai wadah data dalam sebuah jaringan. Seperti apa kemampuannya?

WD Red yang dibuat untuk Network Attached Storage (NAS) dibagi dalam berbagai kapasitas: 1 TB, 2 TB, 3 TB dan terakhir adalah 4 TB. Jadi pengguna bebas memilih kapasitas sesuai dengan kebutuhan penggunaan.

Sebagai hardisk yang dibuat untuk NAS, sudah sepantasnya WD Red ini dibekali spesikasi yang mumpuni, misalnya cache memori sebesar 64 MB buatan SKhynix yang dipadukan dengan kontoler Marvell 88i9446-NDB2.

Kombinasi kedua chip itu diharapkan dapat membantu mempercepat proses data, dan untuk memaksimalkan kemampuannya WD Red ini sudah mengusung interface SATA III yang bisa menyemburkan bandwidth hingga 6Gbps.

Soal daya tahan hardisk juga tidak main-main. Seri RED diklaim WD mampu berputar secara nonstop selama 1 juta jam, dengan garansi selama 3 tahun.



Fitur Anyar NASware 2.0

Generasi terbaru WD Red ini dibekali dengan teknologi bernama NASware 2.0. Fitur ini dirancang untuk sistem NAS mungil yang bisanya dipakai kalangan UKM atau jarigan pribadi di rumah.

Konon algoritma NASware 2.0 racikan WD ini bisa membuat hardisk mudah kompatibel dengan sistem NAS yang ada, serta mampu mengurangi konsumsi listrik tanpa membebani seluruh kinerjanya.

Selain itu, seri Red juga dibekali fitur untuk meminimalis error saat dipakai pada konfigurasi RAID, baik itu saat beroperasi pada NAS atau pada komputer desktop.

Agar bisa berputar lebih lama produk ini juga dilengkapi dengan teknologi SMART Command Transport (SCT), fitur yang berfungsi untuk memantau temperatur pada hardisk. Cukup soal fitur, kini bagaimana dengan performanya?



Secara teori interface SATA III mampu memberikan bandwidth sebesar 6 gigabit tiap detiknya, atau setara dengan 768 MB data tiap detik. Tapi tentu saja, karena beberapa faktor maka faktanya tidak demikian.

WD sendiri mengklaim bahwa seri Red ini bisa mengeluarkan bandwidth rata-rata 150 MB tiap detiknya. Penasaran, detikINET pun menjajal kecepatan produk ini dengan aplikasi HD Tune Pro 5.50.



Saat dipakai untuk membaca, WD Red 4 TB ini memiliki kecepatan maksimal hingga 151,4 MB/detik dengan rata-rata kecepatan berkisar 114,4 MB tiap detik.

Ketika digunakan untuk menulis sudah pasti kecepatannya akan menurun. Dari aplikasi itu terlihat bahwa WD Red 4TB ini hanya mampu memberikan kecepatan maksimal 113 MB per detik dengan rata-rata kecepatan 98,2 MB tiap detik. Cukup cepat di kelas hardisk yang berputar.

Melihat kecepatan di atas lantas apakah WD Red 4TB ini layak dijadikan media sistem penyimpanan NAS? Jawabannya ya, karena kecepatan dan daya tahan merupakan syarat utama untuk hardisk yang ingin dipakai dalam jaringan.

Selain itu, WD Red 4TB juga salah satu hardisk terbesar yang dibuat dalam form factor 3,5 inch, sehingga bisa memaksimalkan kapasitas sistem NAS rumahan yang umumnya hanya memiliki 5 slot.



Spesifikasi WD Red 4TB HDD

- Model number: WD40EFRX
- Interface: SATA 6 Gb/s
- Formatted capacity: 4TB
- Form factor: 3.5-inch
- Advanced Format (AF): Yes
- RoHS compliant: Yes
- Data transfer rate (max)
- Interface speed: 6 Gb/s
- Internal transfer rate: 150 MB/s
- Cache (MB): 64
- Rotational speed (RPM): IntelliPower
- Load/unload cycles: 300,000
- Non-recoverable read errors per bits read: - MTBF (hours): 1,000,000
- Limited warranty (years): 3
- 12VDC ±10% (A, peak): 1.75
- Average power requirements (W): Read/Write: 4.5, Idle: 3.3, Standby/Sleep: 0.4
- Temperature (°C) Operating: 0 to 70 Non-operating: -40 to 70
Acoustics (dBA): Idle 25, Seek (average): 28
Height (in./mm): 1.028/26.1
Length (in./mm): 5.787/147
Width (in./mm, ± .01 in.): 4/101.6
Weight (lb./kg, ± 10%): 1.50/0.68


(eno/ash)