D-Link DWR-730, Router GSM Praktis dan Disokong HSPA+

D-Link DWR-730, Router GSM Praktis dan Disokong HSPA+

- detikInet
Selasa, 09 Jul 2013 17:45 WIB
D-Link DWR-730 (yud/detikINET)
Jakarta - Demi mengakomodir kebutuhan internet pengguna yang beragam, D-Link melepas router praktis yang dapat diandalkan pengguna untuk terhubung ke internet.
 
Dikatakan praktis, karena router ini tampil dengan bentuk ringkas. Dukungan konektivitas 3G yang diusungnya pun membuat DWR-730 dapat dengan mudah digunakan di manapun.


Inisialiasi Awal

Seperti kebanyakan router, pengguna dapat mengakses konsol DWR-730 lewat web interface yang dimilikinya. Untuk mengaksesnya, pastikan komputer ataupun notebook pengguna telah terhubung ke DWR-730, baik melalui koneksi WiFi ataupun mengandalkan kabel USB yang disertakan dalam paket penjualannya. Adapun IP yang secara default digunakan adalah 192.168.0.1.


D-Link DWR-730 (yud/detikINET)


Web interface DWR-730 (yud/detikINET)


Lewat menu konfigurasi, pengguna bakal menemukan berbagai setting yang dapat ditemukan pada kebanyakan router seperti konfigurasi SSID, DHCP, hingga Mac Filter.
 
Selain itu, mengingat DWR-730 mengandalkan koneksi GSM sebagai penunjang koneksi internetnya, pengguna juga bakal menemukan konfigurasi terkait kartu SIM yang digunakan seperti misalnya layanan SMS.


Web interface DWR-730 (yud/detikINET)


Web interface DWR-730 (yud/detikINET)


Dukungan HSPA+

Kelebihan yang ditawarkan D-Link DWR-730 sejatinya terletak pada kemampuannya yang telah mendukung teknologi seluler HSPA+, secara teori teknologi seluler ini memungkinkan kecepatan data mencapai 21,6 Mbps (5,76 Mbps upload). Selain itu, DWR-730 juga masih mendukung teknologi seluler HSUPA dan HSDPA.


D-Link DWR-730 (yud/detikINET)

Namun harap diperhatikan, kecepatan data seluler pada D-Link DWR-730 pastinya sangat dipengaruhi oleh kualitas jaringan seluler yang digunakan pengguna di daerahnya. Adapun kecepatan data yang didukung DWR-730 adalah kecepatan maksimal yang mampu didukungnya.


D-Link DWR-730 (yud/detikINET)


Dengan kemudahan koneksi internet lewat kartu GSM, pengguna yang belum memiliki koneksi internet fixed line di rumah dapat mempertimbangkan penggunaan DWR-730. Pengguna dapat dengan mudah menghubungkan perangkat miliknya seperti notebook, komputer desktop, Smart TV, wireless Storage maupun konsol game pada DWR-730.

Selain itu, berkat slot micro SD yang dimilikinya, pengguna seakan memiliki media penyimpanan wireless yang dapat diaksesnya saat perangkat miliknya terhubung dengan DWR-730.


slot micro SD DWR-730 (yud/detikINET)


Adapun sebagai penopang dayanya, DWR-730 telah dibekali sebuah baterai berkemampuan 1500 mAh yang diklaim mampu bertahan selama seharian penuh.


D-Link DWR-730 (yud/detikINET)


(yud/yud)