Sony Xperia Z, Ponsel Mewah yang Siap Diajak Nyebur - Halaman 6

Review Produk

Sony Xperia Z, Ponsel Mewah yang Siap Diajak Nyebur

- detikInet
Selasa, 26 Mar 2013 09:34 WIB
Halaman ke 6 dari 8

Tak dipungkiri lagi jika Xperia Z dibekali begitu banyak fitur yang terlihat menggiurkan. Namun beberapa di antaranya layak menjadi perhatian khusus karena memberikan hasil yang cukup signifikan.

Sebut saja Bravia Engine 2. Layar Xperia Z yang sudah dibumbui fitur tersebut terlihat makin berwarna. Ya, engine generasi kedua ini mampu menghadirkan kontras rasio yang lebih baik, juga efek dramastis yang membuat gambar kian hidup. Coba saja diaktifkan, maka hasilnya akan terasa berbeda.

Seperti kebanyakan smartphone lainnya yang kian haus daya, dengan prosesor 4 inti Xperia Z juga pasti membutuhkan daya yang tidak sedikit. Untuk itulah Sony membekalinya dengan baterai berkapasitas 2330 mAh.

Cukup besar memang, tapi itu hanya salah satu keistimewaan ponsel ini. Xperia Z dibekali juga dengan fitur penghemat baterai yang mereka namai Stamina Mode.



Fitur ini bekerja dengan mematikan sejumlah aplikasi penyedot data yang berjalan di belakang layar saat layar dimatikan. Seluruh koneksi dari WiFi dan data 3G juga akan dipasung untuk menghemat daya.

Lalu apakah semua aplikasi dan data dimatikan? Tidak juga, pengguna bisa menambahkan beberapa aplikasi yang boleh berjalan saat Stamina mode aktif. Misalnya jika GMail, WhatsApp dan aplikasi lain tinggal ditentukan.

Awalnya hal ini terdengar sebagai gimmick marketing saja, namun ternyata modus ini terbukti bisa menghemat daya ponsel. 

Pemutar musik Walkman menjadi salah satu keunggulan smartphone Sony, termasuk di Xperia Z ini.

Walkman menyajikan interface yang cukup menarik, sederhana namun tetap fungsional. Di dalamnya juga terdapat fitur penjernih suara bernama Clear Audio+, saat fitur ini aktif suara akan lebih terdengar lebih lantang tanpa mengorbankan detail suara.



Selain itu di dalam Walkman juga terdapat fitur yang bisa secara otomatis mengupdate detail lagu. Misalnya ada lagu yang tidak dikenali siapa artis atau albumnya, aplikasi ini bisa mencari asal usul lagu lengkap dengan tahun diciptakan dan cover lagu tersebut. Hasilnya cukup presisi.

Aplikasi Walkman semakin terlihat canggih karena di dalamnya terdapat fitur Sense Channel. Fitur ini akan secara otomatis mengelompokkan lagu berdasarkan mood pengguna, total ada 9 jenis mood yang berbeda.

Lalu bagaimana Walkman bisa mengenali mana lagu sendu dan mana lagu bertema keras? Konon, di dalam aplikasi ini Sony sudah menerapkan 12 pola suara khusus yang akan secara otomatis bisa mengenali jenis lagu yang ada.

Selain itu ada juga beberapa fitur yang memungkinkan Xperia Z ini terhubung dengan perangkat Sony lainnya, semisal melakukan streaming film ke televisi, dihubungkan secara wireless dengan tablet, mendengarkan lagu di speaker nirkabel, dan beberapa hal lainnya.

(eno/ash)
Halaman Selanjutnya
(eno/ash)