Lenovo S400: Si Langsing nan Elegan

Review Produk

Lenovo S400: Si Langsing nan Elegan

- detikInet
Rabu, 26 Des 2012 12:42 WIB
Lenovo S400 (sha/inet)
Jakarta - Perkembangan teknologi memang kian memanjakan pengguna. Seperti halnya perkembangan di dunia komputer jinjing yang kini mengarah ke perangkat dengan ukuran yang semakin tipis.

Salah satu yang cukup agresif bermain di bisnis ini adalah Lenovo. Dimana salah satu andalan vendor asal China itu yakni seri S400, notebook langsing untuk kelas menengah.

Desain ramping plus kualitas suara lumayan menjadi jurus awal Lenovo S400 untuk coba 'menghipnotis' pengguna. Setelah itu, pelan-pelan sisi kinerja yang coba ditonjolkan.

Seperti apa hasil performa S400 secara keseluruhan, berikut hasil review detikINET.

Tipis nan elegan

Meski di pasaran produk notebook berukuran tipis sudah lumayan banyak, tampaknya Lenovo masih percaya diri 'nyemplung' mengisi pasar notebook tipis S400 yang dibanderol Rp 4,7 juta ini.

Lewat ukurannya yang tipis, Lenovo berusaha menawarkan kenyamanan bagi pengguna yang mobile alias bila harus membawanya ke mana-mana. Apa lagi didukung dengan bobotnya yang hanya 1,8 kg, semakin membuatnya nyaman diajak 'jalan-jalan'.

Sayangnya penggunaan material pada balutan casing yang menutupi perangkat ini kurang mewah. Untungnya penggunaan warna merah marun berhasil membuat notebook garapan Lenovo tersebut terlihat cukup elegan sehingga bisa menambah pede penggunanya.



TouchPad Lebar

Beberapa pengguna terkadang mengeluh saat menggunakan touchpad yang tersemat pada sebuah notebook. Biasanya disebabkan oleh ukuran penampang touchpad yang kurang luas sehingga kurang leluasa saat menggerakan cursor.

Belum lagi bila touchpad yang digunakan memiliki sensitifitas buruk, dijamin bakal membuat kesal pengguna.

Untuknya, hal tersebut tidak akan ditemui di S400. Selain disematkan ukuran penampang touchpad yang luas, sensitifitas touchpad yang diusung oeh notebook ini pun terbilang responsif. Dengan begitu pengguna yang menggunakannya bakal nyaman saat mengoperasikan S400.



Suara Jernih

Salah satu kelebihan yang menonjol dari Lenovo S400 adalah kualitas suara yang mampu dihasilkannya. Dengan mengandalkan Dolby Advanced Audio v2, sepertinya Lenovo berhasil menawarkan suara berkualitas bagi pengguna.

Kejernihan suara yang dihasilkan S400 memang dijamin bakal memanjakan kuping pengguna. Apalagi bila digunakan untuk mendengar lantunan musik dengan alunan santai, kualitas suara yang dihasilkannya sepertinya bisa membuat yang mendengar terlelap.



Guna mendukung aktifitas sehari-hari penggunanya, S400 telah dibekali dengan prosesor Intel Core i3 2365M yang didukung dengan penggunaan RAM sebesar 4 GB. Sedangkan untuk sektor storage, Lenovo menyematkan sebuah HDD dengan kapasitas 500 GB.

Pada sisi konektivitas, notebook yang hadir dengan layar 14 inch ini juga telah disematkan port HDMI serta USB 3.0 guna mendukung transfer data yang cepat.



Kesimpulan

Meski spesifikasi yang diusungnya tidak jauh berbeda dengan yang ditawarkan oleh pesaingnya, kelebihan S400 pada jernihnya kualitas suara yang dihasilkan sepertinya cukup mampu membuat penggemar notebook meliriknya.

Sayangnya penggunaan material plastik pada balutan casing yang meliputinya terkesan kurang wah. Untungnya pemilihan warna merah marun berhasil mendongkrak penampilan notebook garapan Lenovo tersebut menjadi terlihat cukup elegan.



Spesifikasi Lenovo S400:

- Intel Core i3 2365M
- 4GB DDR3 RAM
- HDD 500 GB
- Intel HD3000 Graphics
- 14" HD display
- Dolby Advanced Audio v2
- Integrated 720p HD webcam
- AccuType keyboard
- Intelligent Touchpad with easy multi-gesture control
- Integrated Bluetooth® and 802.11b/g/n WiFi
- USB 2.0, USB 3.0, 2-in-1 card-reader and HDMI out
- Up to 5 hours battery life
(ash/ash)