Senin, 30 Jan 2012 16:47 WIB

Review iPhone 4S (2)

iPhone yang Semakin Kencang

- detikInet
Jakarta - Dibanding dengan jajaran iPhone lainnya, jelas sekali iPhone 4S memiliki performa yang tinggi. Spesifikasinya saja terbilang 'menyeramkan'.

Chipset A5 di dalamnya memiliki prosesor dual core 1 GHz ARM Corex A9, memori RAM 512 MB, kemudian GPU-nya sudah memakai PowerVR SGX543MP2. Jadi sudah pasti, kualitas grafisnya sangat enak dilihat, apalagi bagi pengguna yang doyan bermain game.

Pun demikian, iPhone 4S bukanlah ponsel tercepat di dunia gadget. Namun tetap saja, performanya tidak bisa dianggap remeh. Bahkan di beberapa pengujian berbasis OpenGL ponsel ini lebih kencang dari Samsung Galaxy SII dan 7 kali lebih cepat dari iPhone 4.

Seperti percobaan yang telah dilakukan oleh gsmarena. Pada situs tersebut dituliskan bahwa iPhone 4S lebih cepat dari Samsung Galaxy II dan 7 kali lebih kencang dari iPhone 4.



detikINET yang memakai iPhone 4S untuk memainkan game seperti Infinity Blade 2 dan Real Racing 2 tak pernah mengalami kendala. Hal yang sama juga dirasakan ketika berselancar di internet dengan tampilan desktop, lancar jaya.

Upgrade Kamera

Komponen lain yang ditingkatkan pada iPhone 4S adalah kemampuannya menangkap gambar, baik foto atau video.



(iPhone 3GS, iPhone 4 dan iPhone 4S)

Ketika dicoba untuk menjepret gambar di ruang terbuka hasilnya sungguh luar biasa, juga demikian waktu dipakai di dalam ruangan. Tak ada noise yang menggangu. Kamera pun sangat cepat dioperasikan, tak butuh waktu lama hingga kamera siap menggambil gambar.

Namun kelemahan yang paling utama adalah minimnya pengaturan untuk mengambil gambar. Tak ada pengaturan resolusi, kualitas gambar, apalagi tingkat iso. Padahal hampir semua ponsel di kelasnya sudah memiliki fitur ini.

Di dalamnya cuma disediakan opsi untuk mengaktifkan lampu LED, atau menggunakan efek High Dynamic Range (HDR) dan Grid. Sangat minim.



Satu-satunya fitur yang paling menarik dari iPhone 4S mungkin adalah touch focus. Memang, fitur ini sudah tersedia pada generasi sebelumnya namun pada iPhone 4S makin dioptimalkan dengan responsif yang lebih baik.

Kamera iPhone 4S juga sudah dilengkapi lampu LED untuk menangkap gambar di malam hari. Walau tak terlalu terang, namun keberadaan cukup membantu.

Sebagai perbandingan, berikut adalah contoh hasil jepretan dari iPhone 3GS, iPhone 4 dan iPhone 4S.

Hasil foto dalam ruangan:











Hasil foto di luar ruangan, iPhone 3GS, iPhone 4 dan iPhone 4S









Soal manangkap gambar bergerak iPhone 4S memang jagonya. Ponsel ini mampu merekam hingga resolusi 1920 x 1080 pixel dalam format MP4 dengan 29 FPS.

Video hasil rekaman itu juga masih dinikmati dengan baik walau ditayangkan pada televisi LED 32 inch. Tapi ingat, hasil rekaman dari iPhone 4S memakan ruang yang tidak sedikit, dalam durasi hampir 30 detik sudah memakan space hingga 87 MB.

Fitur yang bisa digunakan ketika ingin merekam gambar tak kalah dengan foto. Maksudnya tidak kalah minim. Pengguna cuma disodorkan opsi untuk menggunakan flash, tanpa bisa menentukan kualitas video, tapi hal itu coba ditebus dengan adanya touch focus, asyik juga digunakan.

Selain dari segi jeroan yang diandalkan, iPhone 4S juga memiliki fitur yang digadang-gadang Apple tiada duanya, Siri. Tapi konon aplikasi ini hanya bisa optimal digunakan di sekitar Amerika Serikat.

Lalu bagaimana kalau digunakan di Indonesia? Atau juga bagaimana jika dibandingkan dengan fitur sejenis yang ada di Android? Ulasan untuk aplikasi ini akan dibahas detikINET pada tulisan mendatang.




(eno/ash)