Senin, 15 Mar 2010 18:11 WIB

Review Produk

Msi Wind U160, Tak Cocok Bagi Jari-Jari Besar

- detikInet
Jakarta - Msi kembali hadir dengan seri lanjutan netbook wind mereka. Selain hadir dengan desain lebih tipis, netbook asal pabrikan Taiwan ini memiliki daya tahan yang cukup lama. Sayang keyboardnya tak cocok bagi pemilik jari-jari besar.

Layaknya produk-produk lainnya, Msi pun turut berpesta Pine Trail di tahun ini. Ya, Msi Wind kini hadir dengan prosesor Intel Atom N450, yang diklaim lebih cepat serta hemat daya dari seri terdahulu.

Kesan pertama dari netbook bernama Msi Wind U160 ini memang memiliki bentuk yang tipis dengan baterai gendut di belakangnya. Netbook ini tampil dengan desain elegan dilengkapi balutan warna coklat muda di seluruh body nya.



Desain: Netbook Tipis dengan Baterai Gendut

Dilihat dari bentuknya, Msi Wind U160 terlihat 'sexy' dan tipis, jika dipandang dari tampilan monitor serta keyboardnya. Sayang baterai U160 terlihat sangat 'gendut' dibagian belakangnya. Jika ingat produk HP mini note dengan baterai 6-cell nya, kurang lebih bentuknya sama.

Antara monitor dan keyboard terdapat engsel yang menyatu dengan baterai, dilengkapi tombol power disisi kanan. Saat netbook dinyalakan, lampu di tombol power berwarna biru nampak menyala terang. 

Dari bobot dan ketipisan, Msi U160 tergolong netbook yang sexy, jika dibanding netbook milik Acer, HP, ataupun Dell. Saat netbook ini digoyangkan, semua bagian nampak solid. Kesan kokoh melekat di seluruh body netbook ini. 

Bahan cover U160 terdiri dari kombinasi material plastik dengan bahan glossy di seluruh permukaanya. Jika pengguna tidak rajin membersihkan, beberapa cap tangan nampak menghiasi netbook coklat muda ini.

Jika dibandingkan dengan netbook Lenovo, Toshiba ataupun HP, keyboard MSI ini lebih berukuran 'mungil'. Alhasil saat dijajal detikINET yang memiliki jari-jari relatif besar, netbook ini terasa kurang nyaman untuk mengetik.

Untungnya keyboard tersebut berdesain chiclet, seperti netbook-netbook yang ada saat ini. Namun rasanya tetap kurang nyaman untuk ukuran jari-jari besar.

 



Touchpad Berbintik yang Nyaman

Satu hal yang menarik perhatian MSi Wind U160 adalah touchpadnya, yang tampil dengan desain kasar berbintik. Bahan glossy yang menyelimuti keyboard kini menyatu dengan toucpad dengan desain halus berbintik.

Tampilan dan desain ini membuat jari-jari terasa nyaman untuk beraksi di atas touchpad. Kemudian untuk masalah klik kanan dan kiri, tombolnya juga empuk. Tidak ada kesan tersendat saat detikINET melakukan drag & drop pada sebuah file.

 

Performa: Tahan Digeber Lebih Dari 5 Jam

Dalam pengujian, detikINET mencoba bekerja dengan menghidupkan Wi-fi, dengan settingan default hingga netbook ini mati. Hasilnya, Msi Wind U160 mampu bertahan dalam durasi lebih dari 5 jam. Indikator baterai pada Windows 7 bahkan menunjukkan angka 9 jam. 

Untuk ukuran netbook 'Pine Trail', produk ini boleh diacungi jempol. Pasalnya netbook lain dengan baterai yang sama hanya sanggup bertahan 5 jam. Alhasil saat digunakan seharian, pengguna tak perlu repot-repot membawa adaptor kemana-mana.

Untuk kebutuhan lain seperti menonton streaming YouTube full HD, serta melakukan pekerjaan multi-tasking office, Msi Wind U160 sanggup melakukannya dengan lancar. Ini semua karena prosesor Intel Atom terbaru N450, dengan memori RAM sebesar 1GB yang ditanamkan di dalamnya. 

Seperti seri lainnya netbook ini memiliki resolusi maksimal sebesar 1024 x 600. Saat dijajal detikINET untuk browsing, mengetik dengan Microsoft Office, sembari mendengarkan file .mp3, netbook ini berjalan cukup lancar.

Tak puas dengan test di atas, detikINET pun mencoba memutar film berjudul '2012' dengan format .avi. Film berdurasi 2,5 jam tersebut mampu diselesaikan Msi Wind U160, dengan sisa baterai 51% (4 jam, 25 menit). Saat memutar film tersebut, detikINET memaksimalkan setting brightness monitor, serta semua settingan volume.

 
Kesimpulan:

Dengan daya tahan lebih dari 5 jam, netbook ini dirasa cocok menemani eksekutif muda yang memiliki mobilitas tinggi dalam kesehariannya. Apalagi Msi Wind U160 memiliki desain glossy yang pas bagi kelas kantoran.

Namun netbook ini memiliki kekurangan dari ukuran tombol keyboardnya, yang tergolong kecil. Alhasil pengguna berjari besar pasti merasa tak nyaman. 

Kelebihan:
- Baterai tahan di atas 5 jam
- Touchpad responsif

Kekurangan:
- Keyboard kurang nyaman

Spesifikasi Umum:
- CPU: Intel Atom N450 (1,66 Ghz)
- OS: Windows 7 Home Basic (32-bit) 
- Display: 10,1 inchi (1024x600)
- Memori RAM: 1GB (up to 2 GB) 
- Baterai: 6-cell 
- Berat: 1 kg
- I/O: 3 USB, 2 jack audio, LAN, VGA
- Storage: 250 GB

(fw/faw)