ThinkPad X100e, ThinkPad atau Netbook?

Review Produk

ThinkPad X100e, ThinkPad atau Netbook?

- detikInet
Kamis, 18 Feb 2010 17:56 WIB
Jakarta - Saat diamati detikINET, secara fisik tampilan ThinkPad X100e sangat mirip dengan sebuah netbook. Apalagi melihat ukuran layar 11,6 inchinya dan bobot fisik sekitar 1kg. Pasti saat pertama melirik, orang akan langsung terkecoh.

"Ini bukan netbook, ini Ultra Low Voltage (ULV) notebook. Dan ini adalah ThinkPad tertipis dan terkecil yang ada saat ini," ujar Azis Wonosari, Business Development & Technical Manager Lenovo Indonesia, pada detikINET, saat peluncuran produk ini.

Benar saja, saat diselami lebih dalam lagi, ternyata ThinkPad X100e memiliki prosesor AMD Athlon Neo, dengan grafis ATI Radeon HD 3200. Lenovo juga membekalinya dengan RAM 2 GB (up to 4 GB dengan 2 slot SODIMM) serta hardisk mulai 250 GB plus modem 3G internal.

Dengan spesifikasi di atas, ThinkPad X100e ini tentunya tak diposisikan sebagai netbook, mengingat ukurannya yang mungil. Lenovo sendiri mengatakan laptop ini tercipta karena tren pasar.

Perusahaan tersebut juga mengakui bahwa kini, pelanggan mereka menginginkan laptop dengan harga terjangkau serta portabilitas ekstrim, namun tanpa mengorbankan performa. Inilah hasilnya.




   
Desain: Sangat ThinkPad Sekali

Pertama membuka ThinkPad mungil ini, pandangan detikNET langsung tertuju pada desain keyboard khas ThinkPad. Walau berukuran kecil, namun keyboard full sizenya persis sama seperti seri ThinkPad lain.

Keyboard ThinkPad X100e ini juga dilengkapi dengan spill resistant, yang diklaim mampu menahan cairan ataupun kotoran agar tidak masuk ke bagian dalam laptop.

Saat digunakan untuk mengetik, rasa empuk yang ada di keyboard tetap sama. Apalagi ditambah layar yang bisa rebah hingga 180 derajat. Benar-benar khas ThinkPad.

Secara umum body ThinkPad X100e ini sangat solid. Tidak ada suara aneh pada engsel layar saat dibentangkan penuh. Walau begitu detikINET sedikit khawatir pada saat engsel dibuka tutup, karena bahannya plastik. Seandainya pecah pasti bisa jadi masalah.

Begitu juga dengan balutan cover di sekitar tubuhnya. Bahannya seperti terbuat dari materi plastik yang terkesan kurang berkelas dibandingkan ThinkPad kelas lainnya.

Hal lain yang membuat janggal adalah letak baterai yang sedikit menonjol di bagian belakang. Mungkin karena daya baterai sebesar 6-cellnya yang memang membutuhkan ruang besar.

Untungnya, ThinkPad X100e ini dilengkapi USB power, untuk me-recharge berbagai gadget. Alhasil, ini menjadi solusi yang pas bagi pemilik gadget macam iPhone saat berpergian.



Performa: Tak Ada yang Spesial, Hanya Laptop Tipis Biasa

Dari sisi prosesor, detikINET telah mencoba performanya sekitar satu minggu. Nampaknya prosesor AMD Athlon Neo (1.6 Ghz) ini tak jauh beda dengan Intel Atom sejenis. Dengan AMD Neo ini, ThinkPad x100e cukup bisa menangani video streaming full HD 1080p dari YouTube, layaknya produk lain sejenis.

Karena ukuran mungilnya, detikINET mencoba kemampuan laptop tipis ini untuk bermain game ringan (Counter Strike dan DoTA). Hasilnya, ThinkPad x100e cukup lancar untuk memainkan game Counter-Strike atau DoTA dengan angka frame rate tinggi.

Mungkin kemampuan ATI Radeon HD 3200 dengan DirectX 10 boleh diandalkan. Grafis minimalis tersebut sudah cukup mantap untuk melakukan decoding MPEG-2, varian H.264 serta VC-1 1080p untuk konten-konten multimedia. Sangat lancar.

Saat digunakan hanya sebatas pekerjaan kantoran macam Office dan memutar .mp3, laptop ini lebih dari cukup. Namun saat digunakan untuk aktivitas multi-tasking yakni office, membuka browser Firefox, memutar mp3, serta mengunduh sebuah file, laptop mungil ini sedikit tersendat-sendat. Padahal posisinya lebih tinggi dari sebuah netbook.

Performa Baterai

Dari posisi kosong, ThinkPad x100e membutuhkan waktu pengisian baterai sekitar 2,5 jam.

Untuk daya tahan baterai, detikINET mengetesnya dengan membuka browser Firefox serta Wi-Fi dalam keadaan terus menyala. Sementara untuk setting display, laptop ini diset dalam posisi normal (default). Hasilnya ThinkPad x100e ini dapat bertahan sekitar 5 jam.


Beberapa Aplikasi yang Cukup Berguna


Dengan performa yang dirasa biasa saja, Lenovo membekali ThinkPad x100e dengan beberapa tools yang cukup berguna. Dari catatan detikINET, dari beberapa tools yang ada, ada dua jenis yang cukup berguna:

  • Battery Manager: Tampilannya sangat enak dilihat. Pengguna cukup melihat bar warna hijau di sisi kanan bawah. Lenovo sudah menghitung sisa waktunya.
  • Rescue and Recovery: Seperti seri ThinkPad yang lain, aplikasi ini berfungsi membuat backup dan memulihkan (restore) sistem kita secara instan saat terkena masalah.


Kesimpulan:
Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, ThinkPad x100e bisa menjadi pilihan alternatif bagi pebisnis ataupun eksekutif muda, yang mencari komputer kedua untuk keperluan mobilitas mereka.

Laptop tipis mirip netbook ini, bisa menjadi pilihan alternatif saat ingin membeli netbook. Dengan kisaran harga Rp.5 juta, nilainya tergolong murah mengingat kelebihan yang diusungnya.


Kelebihan:
+ Harga murah.
+ Ada power USB.

Kekurangan:

- Bahan plastik yang digunakan kurang berkelas dibandingkan ThinkPad lainnya

Spesifikasi Umum:
- CPU: AMD Neo MV-40, AMD Neo X2 L335, atau AMD Turion Neo X2 L625
- OS: Windows XP Home, 7 Starter, 7 Home Basic, 7 Home Premium, 7 Professional
- GPU: ATI Radeon HD 3200
- Display: 11.6 inchi, 1366 x 768 pixel
- Memori: 2GB (Up to 4GB)
- I/O: 3 USB, 4-in-1 card reader, VGA
- Storage: 250GB
- Harga: USD 499 (fw/wsh)