Selasa, 13 Feb 2018 06:59 WIB

Review

Lenovo Yoga 920: Laptop Stylish, Performa Gahar

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Lenovo masih menyisakan amunisi yang sangat mumpuni ke pasar notebook Tanah Air. Vendor asal china itu resmi memboyong Yoga 920 ke Indonesia.

Notebook ini merupakan penerus Yoga 910. Sebagai suksesor, seperti umumnya notebook lain, Yoga 920 dibekali sejumlah peningkatan.

Tapi apakah semua itu berhasil membuat notebook ini tampil lebih baik dari pendahulunya? Nah, itu harus dibuktikan dengan serangkaian pengujian.

Untungnya, detikINET berkesempatan menjajal Yoga 920. Berikut ulasan singkat menggunakan notebok 2-in-1 dalam beberapa pekan terakhir.

Desain

Secara tampilan, sekilas tidak ada perbedaan signifikan dari Yoga 910. Lenovo masih membalut perangkat barunya itu dengan nuansa premium.

Bodinya mengusung material alumunium dengan tekstur mate, berpadu dengan engsel dari baja yang didesain mirip jam tangan. Dengan begitu notebook ini dimungkinkan untuk dipakai dalam empat pilihan mode; yakni versi standard, tent, stand, dan tablet.

Lenovo Yoga 920: Laptop Stylish, Performa GaharFoto: Adi Fida Rahman/detikINET


Varian yang mampir ke detikINET berwarna copper. Ini merupakan warna baru yang ditawarkan Lenovo. Selain itu ada pilihan warna platinum dan bronze.

Ketika dijelajahi lebih jauh, ada sedikit perubahan yang dibuat Lenovo pada Yoga 920. Paling kentara posisi webcam yang sebelumnya pada Yoga 910, posisinya ada di bawah layar. Kini, webcam ditempatkan di atas layar. Sehingga sangat nyaman bilamana melakukan video call saat notebook dalam mode standar.

Lalu posisi tombol Shift. Pada Yoga 910 sebelumnya, tombol ini terlalu kecil. Alhasil, kami kerap salah menekan tombol Page Up yang berada di sampingnya. Untungnya, Di Yoga 920, tombol Shift dibuat lebih besar, sehingga makin mengurangi kesalahan.

Perubahan lain ada di posisi speaker. Masih di bagian bawah bodi, tapi posisinya berubah menyamping.

Yoga 920 dibuat Lenovo makin tipis, yakni 13,94 mm. Untuk bobotnya kini makin ringan, hanya 1,37 kg.


Lenovo Yoga 920: Laptop Stylish, Performa GaharFoto: Adi Fida Rahman/detikINET

Layar

Yoga 920 hadir dengan bentangan layar 13,9 inch. Mengusung resolusi 4K, tidak heran warna yang tersaji sangat memanjakan mata. Tidak saja saat mengerjakan tugas standar, menikmati film di Netflix jadi makin memuaskan. Apalagi ditunjang speaker JBL makin maksimal rasanya.

Lenovo menyertakan stylus pada Yoga 920. Punya nama Lenovo Active Pen 2, menawarkan 4.096 tingkat penekanan. Secara ukuran, stylus ini tidak jauh berbeda dengan pena pada umumnya, jadi cukup nyaman saat digunakan.

Lenovo Yoga 920: Laptop Stylish, Performa GaharFoto: Adi Fida Rahman/detikINET


Ada dua tombol di stylus ini, salah satunya berfungsi untuk menghapus. Selain itu mudah untuk meyimpannya, karena Lenovo menyediakan holder di sisi bodi yang tercolok pada port USB A.

Saat menggunakannya memang tidak seperti saat menulis di atas kertas. Kendati begitu, goresan yang dihadirkan sudah cukup baik. Apalagi mengingat Active Pen 2 disediakan gratis oleh Lenovo pada paket penjualan, tidak harus membeli terpisah seperti vendor lain.

Performa

Lenovo Yoga 920: Laptop Stylish, Performa GaharFoto: Adi Fida Rahman/detikINET


Perpaduan prosesor Intel Core i7 generasi kedelapan dan RAM 8 GB membuat notebook ini kencang melakukan berbagai segala pekerjaan, bahkan yang berat sekalipun.

Pengalaman tersebut diperkuat dengan hasil uji Geekbench 4. Pada pengujian single core didapat angka 4.543. Sementara pengujian multi-core didapat hasil 14.300.

Ketika digunakan untuk bermain game, Yoga 920 tidak pula ngos-ngosan. Ini dibuktikan saat pengujian dengan 3DMark Fire Strike, nilai yang diraih 1.002. Sementara pada 3DMark Ice Storem Unlimited skor yang ditorehkan 79.782.

Keunggulan lain yang diberikan notebook ini adalah baterainya. Yoga 920 mampu bertahan hingga lebih dari 12 jam penggunaan. Jadi ketika kita tengah dalam mobilitas tinggi, tak perlu lagi pusing-pusing mencari colokan, karena baterai cukup awet saat digunakan untuk aktivitas normal.



Lenovo Yoga 920: Laptop Stylish, Performa GaharFoto: Adi Fida Rahman/detikINET

Konektivitas


Menghadirkan notebook tipis tentu ada yang harus dikorbankan. Demikian Yoga 920 ini, kita tidak menemukan port HDMI maupun Ethernet. Tapi sebagai gantinya Lenovo memberikan dua port sekaligus USB C Thunderbolt 3.0. Selain itu ada port jack audio dan USB 3.0.

Opini detikINET

Lenovo berhasil menghadirkan penerus Yoga 910 dengan kemampuan yang lebih baik. Tidak saja dari segi tampilan yang kece, Yoga 920 punya kemampuan cukup gahar karena disokong spesifikasi mumpuni.

Jika mencari notebook stylish namun punya performa ngebut, rasanya Yoga 920 bisa menjadi pilihan. Tidak saja andal untuk bekerja, menikmati hiburan di dalamnya pun cukup memuaskan.

Tapi notebook ini tidak bisa dibilang sempurna. Ada sejumlah kekurangan yang masih dimiliki Yoga 920, meski hal tersebut tidak menjadi masalah besar bagi pengguna, contohnya ketersediaan port yang tidak begitu banyak.




Spesifikasi

Prosesor: 8th Gen Intel Core i7
Sistem Operasi: Windows 10
Layar: 13.9" UHD (3840 x 2160) IPS touchscreen
Grafis: Intel HD Graphics
Kamera: HD 720p
RAM: 8 GB DDR4
Memori internal: 512 GB PCIe SSD
Audio: Dolby Atmos (with headphones) 2 JBL Speakers
Keamanan: Fingerprint reader with Windows Hello
Ports: 1 USB 3.0 with always-on charging, 2 USB C (Thunderbolt, PD, DP, USB 3.0 full-function), Audio jack
Konektivitas: 802.11 a/c 2x2 WiFi, Bluetooth 4.1
Dimensi (Lebar x Dalam x Tinggi): 323 mm x 223.5 mm x 13.95 mm
Berat: 1.37 kg
Warna: Copper
Harga: mulai dari Rp 23 juta. (afr/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Tips Jago FIFA 19: Menyerang

    Tips Jago FIFA 19: Menyerang

    Senin, 24 Sep 2018 16:17 WIB
    Jelang rilis versi final FIFA 19, yuk intip tips berikut ini agar kamu tidak sembarangan menyerang di game sepak bola besutan EA Sports tersebut.
  • Momen Bukan Muhrim di Game Spider-man

    Momen Bukan Muhrim di Game Spider-man

    Senin, 24 Sep 2018 14:29 WIB
    Game Spider-man sedang memikat para pemilik PS4 di seluruh dunia. Realistisnya game itu dapat apresiasi besar, termasuk ketika memunculkan momen bukan muhrim.
  • photo 10 Ponsel Unik Android

    10 Ponsel Unik Android

    Senin, 24 Sep 2018 12:45 WIB
    Di tengah momen ultah ke-10 Android sebagai sistem operasi komersial, berikut 10 ponsel unik yang tercatat menggunakan OS itu, seperti dirangkum Android Police.
  • Kisah Bapak Android Dimaki-maki Steve Jobs

    Kisah Bapak Android Dimaki-maki Steve Jobs

    Senin, 24 Sep 2018 12:41 WIB
    Kecaman Jobs pada Android dan pendirinya diulas dalam buku Fred Vogelstein berjudul 'Dogfight: How Apple And Google Went To War And Started a Revolution'.
  • Ponsel Pertama Android Cuma Punya RAM 192 MB

    Ponsel Pertama Android Cuma Punya RAM 192 MB

    Senin, 24 Sep 2018 12:00 WIB
    Ponsel pertama Android adalah HTC G1 atau sering disebut HTC Dream. Ia diperkenalkan pertama kali pada awal tahun 2008 dan dijual menjelang akhir tahun itu.