Sabtu, 05 Agu 2017 14:06 WIB

Menkominfo Jadi Dirigen Dadakan di Porseni

Rachmatunnisa - detikInet
Menkominfo menjadi dirigen dadakan (Foto: Kementerian Kominfo) Menkominfo menjadi dirigen dadakan (Foto: Kementerian Kominfo)
Jakarta - Ada momen mengesankan di acara Pekan Olahraga dan Seni (Porseni). Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara mendadak jadi dirigen.

Hari ini, Sabtu (5/8/2017), keluarga besar Kementerian Kominfo memang memulai aktivitas Porseni dalam rangka HUT RI Ke 72. Acara dibuka dengan apel pembukaan Porseni di lapangan Anantakupa Kominfo.

Momen ini berawal ketika panitia acara lupa memasukkan lagu Indonesia Raya ke dalam run down acara. Diceritakan Sekretaris Panitia Porseni Kominfo Ferdinandus Setu, saat akan diakhiri dengan penyalaan sirene dan pelepasan balon tanda dimulainya Porseni, Menteri Rudiantara menyadari ada sesuatu yang kurang.

"Ada yang kurang. Lagu Indonesia Raya belum dinyanyikan. Untuk itu mari kita nyanyikan bersama-sama Lagu Indonesia Raya, langsung saya pimpin", kata pria yang akrab disapa Chief RA ini.

Alhasil, orang nomor satu di Kementerian Kominfo itu pun menjadi dirigen dadakan. Meski dikenal sering melakukan hal spontan, tidak ada yang menyangka kalau Chief RA akan bertindak dengan menjadi dirigen. Tak hanya itu, peserta apel juga cukup terkejut melihat sang Menteri memimpin lagu Indonesia Raya dengan luwes.

Menkominfo Jadi Dirigen Dadakan di PorseniFoto: Kementerian Kominfo


"Pak Menteri mengambil suara cukup pas, sehingga seluruh peserta apel pembukaan Porseni pun mengumandangkan Indonesia Raya dengan tepat," puji Ferdinandus.

Namun lebih penting lagi menurutnya, Chief RA melalui momen ini secara tidak langsung mengajarkan kepemipinan. Ketika peserta apel lupa Indonesia Raya, saat itu pemimpin mereka mengingatkan dan langsung mengajak untuk menyanyikannya.

"Hari ini saya belajar bahwa pemimpin sejati itu langsung mengambil tindakan spontan jika diperlukan untuk meredam situasi krisis dan kritis. Terima kasih, Chief RA," kata Ferdinandus. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed