Kamis, 18 Agu 2016 07:56 WIB

Inspirasi Seni Doodle dari Kereta Komuter

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Subway Doodle Foto: Subway Doodle
New York - Inspirasi bisa datang dari mana saja, termasuk suasana di dalam kereta komuter. Ini pula terjadi pada Ben Rubin saat membuat doodles lewat iPad-nya.

Kepada detikINET, Ben mengaku hobi menggambar dari kecil. Tapi baru berapa tahun lalu ia mulai membuat doodle dari tabletnya.

"Waktu itu saat berada di subway dari Brooklyn ke Manhattan, saya iseng membuat sketsa di iPad untuk mengisi waktu. Ternyata menyenangkan, saya lakuan lagi dan lagi, sampai sekarang," kata sosok yang dikenal dengan Subway Doodles ini.

Beraneka doodle telah digambarnya. Kehidupan kota New York, Amerika Serikat menjadi inspirasi utamanya.



"Kota ini penuh dengan jutaan makhluk aneh. Saya hanya menggambar apa yang saya lihat," ungkapnya.

Pria yang bekerja sebagai Creative Director di Mint Farm ini mengatakan tidak ada tujuan khusus saat mengambar doodle. Semua ia lakukan karena kecintaan dalam mengambar. Tapi memang ia mengaku doodle yang digambarnya kerap mengandung komentar soal politik dan sosial.

"Bonus tak terduga banyak orang terkesan dengan apa yang saya kerjakan," ujarnya.

Sejauh ini, dari beragam karya yang telah dibuat, doodle tetang keluarganya dirasa paling berkesan. Karena mereka adalah orang-orang spesial di hati Ben.

Waktu Jadi Tantangan

Dalam membuat dooodle tidak banyak perangkat yang digunakan Ben. Selain iPad Air, ia menggunakan iPhone 6S dan amPEn Hybird Stylus.

Ben kerap menggunakan berbagai aplikasi. Tapi saat ini ia lebih sering memakai Procreate.

Adapun prosesnya terlebih dulu ia memotret banyak objek, baik di dalam kereta maupaun di berbagai tempat di New York.



"Kadang saya mengambil gambar sesuai ide di kepala. Tapi lebih sering mengambil gambar apapun yang mungkin saya gunakan untuk dibuat doodle di kemudian hari," jelas Ben.

Setelahnya barulah ia mulai membuat doodle sesuai ide yang timbul di pikirannya. Ketika selesai, ia akan memposting karyanya di akun Instagram @subwaydoodle dan Facebook.

Saat ditanyakan tantangan, Ben menjawab, "Satu-satunya tantangan saat mengambar doodle adalah mengetahui kapan selesainya. Saya menggambar tanpa tahu kapan akan berakhir."

Ben tak lupa memberikan saran bagi mereka yang tertarik membuat doodle sepertinya.

"Tidak masalah apa yang kamu gambar dan menggunakan apa. Pokoknya gambar saja. Temukan gaya kamu sendiri. Have a good time," pungkasnya. (afr/rou)