Tarik Lagu dari Spotify, Ini Kata Taylor Swift

Tarik Lagu dari Spotify, Ini Kata Taylor Swift

- detikInet
Jumat, 07 Nov 2014 13:18 WIB
Taylor Swift (Getty Images)
Jakarta - Berbicara soal royalti untuk musisi dari layanan online streaming seperti Spotify, ada banyak kritikan datang dari si musisi atau artis itu sendiri. Taylor Swift pun punya alasan saat menarik lagunya dari Spotify.

Dalam sebuah wawancara dengan Yahoo Music, Swift mengatakan bahwa menaruh lagunya di Spotify sama saja seperti sebuah eksperimen dan dia tak ingin menyertakan hasil karyanya di situ.

"Eksperimen ini saya pikir tidak memberikan kompensasi yang adil bagi penulis lagu, artis dan para kreator musik. Dan saya sangat tidak setuju dengan persepsi yang mengatakan musik tidak ada nilainya dan seharusnya digratiskan," tegasnya seperti dilansir Ubergizmo, Jumat (7/11/2014).

Penyanyi cantik ini juga menekankan bahwa semula dia berpikir Spotify akan berlaku adil ketika dirinya merilis single 'Shake It Off'. Namun pada akhirnya, dia menemukan ada banyak hal yang tidak sesuai dengan arahan yang diinginkannya sehingga memutuskan untuk menarik lagunya.

Distribusi musik digital memang kerap menimbulkan pro kontra dari para musisi dan artis itu sendiri. Layanan seperti Spotify sering dituding tidak memberikan royalti dengan nilai yang pantas bagi musisi. Bayaran mereka kerap tidak sesuai jika dibandingkan dengan keuntungan yang bisa didapat oleh layanan online streaming yang menyediakan lagu-lagu mereka.

(rns/rns)