TikTok Uji Coba Fitur Ingatkan Pengguna Agar Tidur, Jangan Bergadang!

TikTok Uji Coba Fitur Ingatkan Pengguna Agar Tidur, Jangan Bergadang!

ADVERTISEMENT

TikTok Uji Coba Fitur Ingatkan Pengguna Agar Tidur, Jangan Bergadang!

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 10 Jan 2023 21:12 WIB
Ilustrasi cara FYP TikTok.
TikTok Uji Coba Fitur untuk Ingatkan Pengguna Tidur Foto: Solen Feyissa/Unsplash
Jakarta -

TikTok sepertinya sedang mengembangkan fitur untuk membantu pengguna yang keasyikan scrolling hingga lupa tidur. Aplikasi besutan Bytedance itu sedang menguji coba fitur baru yang bisa mengingatkan pengguna untuk tidur.

Lewat fitur 'Sleep Reminders', pengguna TikTok akan bisa memasang pengingat yang akan memberi peringatan saat waktu tidur sudah dekat dan mendiamkan notifikasi selama jam tidur.

Dari screenshot yang dibagikan oleh Watchful.ai, fitur Sleep Reminders ini akan muncul di bawah pengaturan 'Screen Time' di aplikasi TikTok. Pengguna yang beruntung dan terpilih mengikuti uji coba ini akan melihat opsi 'Sleep Reminders' di pengaturan.

Setelah memilih opsi itu, pengguna TikTok bisa mengatur waktu tidurnya setiap hari. Kemudian TikTok akan mengingatkan pengguna bahwa waktu tidurnya sudah dekat dan untuk segera menutup aplikasi.

TikTok juga akan membisukan push notification yang masuk selama tujuh jam setelah waktu tidur yang dipilih untuk membantu pengguna menghindari distraksi, seperti dikutip dari TechCrunch, Selasa (10/1/2023).

TikTok uji coba fitur Sleep ReminderTikTok uji coba fitur Sleep Reminders Foto: Watchful.ai

Juru bicara TikTok mengonfirmasi bahwa pihaknya sedang menguji coba fitur tersebut dengan melibatkan beberapa pengguna terpilih secara global. Aplikasi video singkat itu juga mengatakan mereka terus mengembangkan cara baru untuk mendukung kesehatan digital penggunanya.

TikTok sejauh ini sudah memiliki beberapa fitur untuk mendukung digital well-being pengguna dan mengurangi screen-time. Pada Februari 2020, mereka merilis fitur untuk mengatur screen-time pengguna.

Tahun lalu, TikTok turut merilis fitur yang memudahkan pengguna untuk mengontrol berapa lama waktu yang dapat mereka habiskan di TikTok dengan memasang pengingat untuk rehat sejenak. Pengguna bisa memilih pengingat itu muncul setiap 10, 20, atau 30 menit, atau bisa di-custom sesuai keinginan.

TikTok juga membatasi notifikasi malam hari untuk pengguna berusia remaja. Pengguna berusia 13-15 tahun tidak akan menerima notifikasi dari pukul 21.00, sedangkan push notification untuk pengguna berusia 16-17 tahun dimatikan mulai pukul 22.00.



Simak Video "Lansia di Lombok Pilih Live Mandi Lumpur Ketimbang ke Sawah"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT