TikTok Uji Coba Video Horizontal, Makin Mirip YouTube

TikTok Uji Coba Video Horizontal, Makin Mirip YouTube

ADVERTISEMENT

TikTok Uji Coba Video Horizontal, Makin Mirip YouTube

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 19 Des 2022 14:34 WIB
ilustrasi youtube tiktok
Tiktok Uji Coba Video Horizontal, Makin Mirip YouTube Foto: Internet
Jakarta -

TikTok selama ini dikenal sebagai platform video pendek dengan layar vertikal atau portrait yang membuatnya terlihat unik dibandingkan kompetitor. Kini TikTok justru sedang menguji coba video horizontal yang membuatnya makin mirip seperti YouTube.

Menurut laporan TechCrunch, TikTok mulai menguji coba video layar penuh dalam format horizontal dengan sejumlah pengguna secara global. Beberapa pengguna yang sudah bisa mengakses fitur ini juga membagikan temuannya di media sosial.

Dari beberapa screenshot yang diunggah di Twitter, pengguna TikTok akan melihat tombol 'full screen' di bawah video. Jika diklik, video akan ditampilkan dalam orientasi horizontal atau landscape dan dalam layar penuh.

Tapi pengguna harus mengklik tombol yang ada di layar tersebut jika ingin mengubah orientasi videonya. Berbeda dengan di YouTube di mana pengguna bisa beralih ke mode full-screen hanya dengan memutar ponsel mereka ke samping.

Uji coba ini menandai upaya TikTok untuk merambah teritori YouTube. Meski dikenal sebagai platform video singkat, TikTok belakangan ini terus menambah batas durasi videonya hingga 10 menit.

Langkah ini diyakini sebagai upaya TikTok untuk menarik kreator konten video berdurasi panjang yang biasanya membagikan kontennya di YouTube. Dengan penambahan durasi ini, kreator TikTok bisa semakin kreatif dalam membuat videonya tanpa perlu khawatir soal durasi.

"Tujuannya di sini sepertinya untuk menarik audiens yang lebih dewasa, yang memilih menggunakan YouTube untuk video informasional dan pembelajaran, di mana mode layar penuh lebih diinginkan," kata pakar teknologi dari Albright Stonebridge Group Paul Triolo, seperti dikutip dari BBC, Senin (19/12/2022).

Di sisi lain YouTube juga memiliki fitur Shorts yang fokus pada video singkat dalam formal vertikal ala TikTok. Aplikasi berbagi video milik Google ini juga meluncurkan YouTube Partner Program yang memungkinkan kreator untuk mendapatkan uang dari iklan yang dipasang di Shorts.

Sama seperti uji coba pada umumnya, belum diketahui apakah TikTok akan merilis mode horizontal secara publik untuk semua pengguna. Selain itu, jika TikTok jadi meluncurkan fitur ini produk akhirnya mungkin akan berbeda dari uji coba.

Uji coba ini dilakukan saat data menunjukkan anak-anak dan remaja lebih banyak menghabiskan waktunya di TikTok ketimbang YouTube sejak tahun 2020. Data Qustodio menunjukkan pengguna berusia 4-18 tahun menghabiskan 82 menit sehari di TikTok versus 75 menit di YouTube.



Simak Video "Kreator Bisa Serok Cuan dari YouTube Shorts Mulai Awal 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT